Triumph dan Bajaj Akan Produksi Motor Kapasitas Sedang
- 31/01/2020
319 views
Triumph Motorcycles dan Bajaj Auto India telah resmi mengumumkan aliansi strategis jangka panjang mereka untuk memproduksi sepeda motor berkapasitas sedang yang bertujuan untuk memperluas cakupan pasar Triumph di dunia dan kampung halaman mereka di Inggris.
Kali ini bukanlah pertama kalinya kedua pabrikan ini menyatukan kekuatan. Mereka sebelumnya sudah pernah mengadakan kerja sama serupa pada bulan Agustus 2017 di mana Bajaj memberikan ruang bagi Triumph untuk berkembang di India.
CEO Triumph Motorcycles, Nick Bloor, berkata: “Kerja sama ini amatlah penting bagi Triumph dan saya dengan senang hati mengumumkan bahwa kerja sama Triumph dan Bajaj sudah resmi dimulai. Selain membawa brand kami ke negara-negara baru, produk yang dihasilkan dari kerja sama ini ditujukan untuk kalangan muda yang penuh semangat dan merupakan salah satu langkah kami untuk memperluas pasar di kancah global, terutama di Asia Tenggara yang saat ini mengalami perkembangan ekonomi yang cukup signifikan serta negara-negara Eropa yang merupakan pasar terbesar kami.”
Kerja sama ini semakin menguatkan keunggulan Triumph dan Bajaj dalam memproduksi sepeda motor dalam kapasitas besar maupun kecil. Keduanya akan berkolaborasi dalam perancangan dan produksi sepeda motor dalam rentang kapasitas 200 cc hingga 750 cc yang mungkin akan meliputi Street Triple 250 cc dan prototipe Daytona yang mengalami penundaan peluncuran sejak keberadaannya dikonfirmasi oleh Triumph pada EICMA 2013 lalu.
Walaupun kedua motor tersebut sudah berusia tujuh tahun, rancangan keseluruhannya tidak mengalami perubahan drastis dan body motornya saat ini terlihat sama dengan yang sebelumnya. Khusus untuk versi Daytona, sepertinya para pecinta motor sangat menunggu-nunggunya mengingat Daytona 765 Moto2 yang diluncurkan 2019 lalu.
Setelah berbulan-bulan mengambil gambar secara sembunyi-sembunyi, Triumph awalnya menyatakan kepada MCN bahwa mereka memang sedang berencana untuk masuk ke ranah motor berkapasitas rendah sebelum akhirnya memutuskan untuk tutup mulut rapat-rapat dan mengalihkan fokus ke lini sepeda motor besar yang merupakan andalan mereka.
Sekarang proses pengembangan untuk model kecil sudah selesai. Triumph tidak hanya menciptakan motor berkapasitas baru yang berkiblat pada motor-motor yang sudah ada, namun mereka juga mengembangkan motor yang benar-benar baru dengan kualitas, presisi, dan finishing yang luar biasa. Triumph pun sekarang sudah siap untuk terjun ke pasar Asia yang ramai. Sebagai salah satu pabrikan sepeda motor ternama dunia, ruang bagi Triumph untuk berkembang sangatlah besar, terlebih dengan skala kerja sama yang mereka miliki dengan Bajaj di India dan Asia.
Aliansi strategis ini akan menguntungkan kedua belah pihak di mana Bajaj akan menjadi distributor rekanan Triumph dalam rencana ekspansi global mereka. Selain itu, Bajaj juga akan menjadi distributor tunggal Triumph di India yang semakin menguatkan posisi mereka di industri motor Asia.
Bajaj akan mewakili Triumph di negara-negara yang masih belum familiar dengan motor khas Inggris tersebut serta menawarkan sepeda motor berkapasitas sedang yang merupakan bagian dari lini motor utama yang akan dipasarkan. Sedangkan di negara-negara yang sudah menjadi pasar tetap Triumph, motor-motor baru tersebut juga akan dipasarkan bersamaan dengan lini motor utama yang berkapasitas besar.
Aliansi strategis ini akan menghasilkan “sepeda motor dengan kapasitas mesin sedang (200-750cc) yang memiliki berbagai macam opsi”– yang berarti kemungkinan besar kita dapat melihat motor 250 cc dan 500 cc hadir dalam versi naked maupun dengan full fairing (seperti Street Triple dan Daytona). Kemudian, tak menutup kemungkinan mereka juga akan memproduksi ‘baby Bonneville’.
Dari segi harga, untuk model yang akan didistribusikan oleh Bajaj akan dibanderol mulai dari Rp38 jutaan, sedangkan harga di Inggris akan mengikuti harga motor sejenis yang sudah ada di pasaran.
Bajaj menguasai 48% saham KTM dan merakit motor-motor KTM dan Husqvarna yang berkapasitas hingga 390 cc di pabrik mereka di Chakan.
Rajiv Bajaj, Direktur Utama Bajaj Auto India, mengatakan: “Triumph adalah brand yang ikonik dan dikenal di seluruh dunia. Maka dari itu, kami percaya dengan hadirnya sepeda motor dengan kapasitas sedang di sini akan menaikkan minat para pecinta motor India dan negara-negara lain di Asia.
Kami tidak sabar untuk bekerja sama dengan pabrikan sekelas Triumph dan meningkatkan kekuatan kerja sama kami demi kesuksesan bagi kedua belah pihak.”
Walau kedua pabrikan belum mengumumkan tanggal peluncuran, sepertinya akhir tahun ini mereka siap untuk mempertunjukkan prototipe motor dalam berbagai kapasitas.
Triumph Umumkan Motor Baru Tiger 900
Sumber [ MCN ]