Triumph Luncurkan Daytona Moto2 765 Limited Edition

  • 30/08/2019
  •  295 views

Triumph Daytona Moto2 765 Limited Edition triumph daytona moto2 765 limited edition 2019 - Triumph Luncurkan Daytona Moto2 765 Limited Edition

Daytona Moto2 765 Limited Edition dari Triumph memberikan kesempatan ganda bagi para rider untuk mengikuti jejak legenda Buddy Elmore dan merasakan adrenalin tinggi ala Moto2 tahun ini.

Daytona versi modern ini –yang sama legendarisnya dengan motor prototipe juara Triumph T100 Tiger yang membawa Elmore menjuarai Florida Daytona 200 1996 dari posisi ke-46– adalah motor dengan spesifikasi tertinggi dari pabrikan legenda Inggris ini. Motor ini juga cukup langka karena Triumph hanya memproduksi 765 unit untuk Amerika Serikat dan Kanada, serta 765 unit lainnya untuk kawasan Eropa, Asia, dan negara-negara lainnya.

Balapan kelas atas
Daytona Moto2 765 Limited Edition diluncurkan untuk merayakan kembalinya Triumph ke kasta tinggi balapan dunia sebagai supplier mesin Kejuaraan Dunia Moto2 dan menjadi partner eksklusif MotoGP. Motor ini didesain oleh tim yang juga mengembangkan mesin Moto2, sehingga fiturnya cukup unik karena mengadopsi triple engine ala Moto2 di mana tenaga dan torsinya merupakan yang tertinggi dari Triumph.

Dengan puncak power sebesar 130 tenaga kuda pada putaran 12.250rpm dan torsi sebesar 80Nm pada putaran 9.750rpm, mesin ini memberikan kecepatan yang mumpuni untuk digunakan di jalan raya. Upgrade yang luar biasa ini juga dapat dirasakan saat putaran kecil juga, dengan settingan khusus dan ECU canggih dari Street Triple RS.

Saat Launching Daytona Moto2 765 Limited Edition di Silverstone, Inggris launching triumph daytona 765 limited edition silverstone 2019 - Triumph Luncurkan Daytona Moto2 765 Limited Edition

Peluncuran di Silverstone

Ketika matahari mulai terbenam di Silverstone dan sebuah band rock sedang menghibur penonton yang datang lebih awal pada pekan balapan, saat itulah Daytona Moto2 765 Limited Edition diperkenalkan ke khalayak umum.

Acara malam itu dimulai dengan review pertengahan musim dari tim Triumph, Dorna dan Externpro. Mereka juga mengumumkan bahwa Moto2  Street Triple telah mencatatkan rekor baru dengan kecepatan 306km/jam, mengalahkan dua mesin Moto2 sebelumnya.

Selanjutnya, setelah kain hitam penutup motor yang ditunggu-tunggu ini dibuka, para undangan dapat dengan jelas melihat desain khas Daytona pada motor ini. Ada logo Moto2 yang disematkan pada bagian fairing belakang, serta nomor seri unik motor ini dibagian kuk atas. Stuart Wood, sang Kepala Teknisi, berkata, “Motor-motor ini adalah motor spesial. Saat ini hanya mereka dari lini Daytona yang kami buat.”

Moto2… untuk jalanan
Berasal dari lini yang telah melahirkan berbagai Supersport juara, Daytona Moto2 765 Limited Edition terbaru ini dapat dikatakan sangat mirip dengan motor pabrikan Moto2. Bedanya, yang satu ini bisa digunakan di jalan biasa.

“Motor ini memberikan sensasi berbeda bagi yang mengendarainya,” ujar Greg Ross dari The Times. “Para pemilik motor ini akan merasakan hal unik yang spesial saat mengendarainya. Ketika motor ini lewat, orang-orang akan memandangnya, sama seperti ketika Ferrari F40 lewat di depan mata.”

Kaliper Rem Stylema dari Brembo untuk Daytona Moto2 765 2019 kaliper rem brembo stylema triumph daytona moto2 765 limited edition 2019 - Triumph Luncurkan Daytona Moto2 765 Limited Edition

Body full karbon Daytona lebih ringan dari generasi sebelumnya dan menggunakan kaliper Stylema dari Brembo dengan spek terbaru, ban balap Diablo Supercorsa SP dari Pirelli, dan suspensi Ohlins, serta knalpot titanium Arrow.

Daytona yang satu ini juga mempunyai fitur teknologi yang lebih unggul seperti instrumen TFT full-color dengan lima mode berkendara – Rain, Road, Rider Configurable, Sport, dan Track – yang semuanya dapat menyesuaikan throttle map, settingan kontrol traksi dan ABS dengan kondisi berkendara yang dapat digunakan dengan ride-by-wire. Ada pula lap timer bagi rider yang senang balapan.

Daytona telah lama populer di kalangan rider dengan passion balap yang tinggi. Namun, menurut Imre Paulovits dari Motorrad, “Motor ini lebih dari sekedar motor biasa. Daytona punya fitur yang jauh lebih canggih dengan performa tinggi.”

Panel Indikator Daytona Moto2 765 Limited Edition panel indikator triumph daytona moto2 765 limited edition 2019 - Triumph Luncurkan Daytona Moto2 765 Limited Edition

Raungan mesin Moto2 yang tidak dapat diragukan lagi
Daytona Moto2 765 memiliki komponen mesin dan upgrade performa teknologi Moto2 seperti katup masuk titanium, piston yang lebih kuat, wrist pin coating DLC spek MotoGP, profile camshaft baru, air horn, connecting rod, intake manifold, crank & barrel, serta rasio kompresi yang sudah disempurnakan.

Knalpot Titanium Arrow knalpot titanium arrow - Triumph Luncurkan Daytona Moto2 765 Limited Edition

Knalpot full systemnya menggunakan knalpot titanium Arrow yang dibuat dengan TIG-weld yang memberikan suara khas motor Moto2. Silencernya dibuat side-mounted dengan model upswept sehingga dapat bekerja lebih maksimal serta efisien.

Para jurnalis diberitahu bahwa mereka harus menunggu sampai hari Minggu untuk melihat (dan mendengar) Daytona Moto2 765 ini beraksi saat Parade. Namun, Triumph memberikan sedikit bocoran suara mesin motor ini yang diputar lewat speaker. Ketika diputar dapat terlihat jelas decak kagum dari para hadirin yang hadir di ruangan itu.

Rasio gear balapan yang optimal
Daytona Moto2 765 Limited Edition memiliki gearbox dengan rasio gear mirip dengan miliki motor Moto2. Gear satunya bahkan dibuat dalam pengembangan mesin Moto2.

“Gear satunya cukup tinggi,” ujar Dan Sutherland dari MCN. “Hal tersebut akan menghasilkan kecepatan maksimum yang merupakan daya tarik tersendiri dari motor ini. Dan, walaupun merupakan edisi terbatas, beberapa motor ini hanya akan ditaruh di ruang tamu si pemilik untuk dipamerkan, bukan untuk dikendarai di atas trek.”

“Motor ini memiliki tampilan oke, yang membuat kita teringat akan motor lama dengan kemampuan luar biasa,” lanjut Dan. “Beratnya akan meningkatkan kemudahan handling, walaupun handlingnya sendiri sudah cukup bagus.”

Logo Triumph dan Tampilan Ignition Daytona Moto2 765 logo triumph ignition daytona moto2 765 limited edition 2019 - Triumph Luncurkan Daytona Moto2 765 Limited Edition

Performa, tampilan, dan gaya
Rangka utama dan swingarmnya dibuat lebih ringan dengan finishing proses anodized. Lampu depan model twin, standar paddock belakang dengan pin dan indikator LED semakin menonjolkan Daytona Moto2 765 untuk trek dan jalanan.

Body Daytona Moto2 765 Limited Edition tampilan daytona moto2 765 limited edition 2019 - Triumph Luncurkan Daytona Moto2 765 Limited Edition

35 aksesoris terbaru Triumph
Triumph juga menyediakan 35 aksesoris original untuk Daytona Moto2 765 yang akan membuat motor ini terlihat semakin eksklusif dan gaya. Selain untuk kepentingan tampilan, beberapa aksesoris yang tersedia memiliki fitur keamanan. Aksesoris-aksesoris barunya meliputi indikator dengan lampu LED dengan bracket aluminium warna hitam, tabung master rem belakang yang memiliki ukiran Triumph di tutupnya. Kemudian, para rider dapat menyelipkan pelindung mesin dan shock, tail tidy, TPMS, dan tas tangki.

Motor ini adalah yang paling mirip dengan motor Moto2 yang Anda bisa gunakan di jalanan. Keunikannya membuat motor Daytona Moto2 765 Limited Edition ini menjadi yang pertama yang mendapatkan lisensi Moto2 Dorna Sports.

Sumber [ FOR THE RIDE ]

Related post

Return Top