JOIN US!

Sign up for emails - We'd love to have you

Best portal to find Japanaese Motorcryle WOWEE

Daily update on the latest HOT news, reviews and trivias

Video of riding impression, Products impression you cant't find any where else

  • Please select your country.
  • Authentication with facebook fail.Please try again.
OR

Ulasan Test Ride Kawasaki VERSYS-X 250 Tourer

01CZBR260_11

Motor Kawasaki untuk para rider dengan jiwa petualang ini dirilis pada bulan November tahun lalu untuk model tahun 2018 dan mulai diperkenalkan sejak bulan Maret tahun 2017. Kawasaki VERSYS-X 250 diperuntukkan untuk touring. *Sumber: Young Machine edisi bulan Juli 2018 (rilis pada tanggal 24 Mei).

[o] Performa Windshield yang Mumpuni

Frame diamond steel yang didesain secara eksklusif ini dilengkapi dengan mesin parallel twin serupa dengan Ninja 250. Dikombinasikan dengan velg jari-jari 19 inci pada bagian depan dan 17 inci pada bagian belakang, Versys-X 250 adalah model motor touring bergaya adventure yang siap menerjang semua rintangan di depannya. Pertama kali ditampilkan pada musim semi lalu, memperlihatkan motor “tourer” dengan beragam aksesoris seperti pannier. Saya melakukan test ride dengan Versys-X 250 tahun 2018, hanya warnanya yang berbeda.

Mesinnya didasari dari mesin Ninja 250 dengan tenaga 33ps. Motor ini juga mengusung fuel injection dengan dual throttle valve dan karena terdapat pula balancer, maka pacuannya juga terasa halus. Dengan transmisi 6-speed dan untuk mendapatkan 7.000 rpm, saya memacunya hingga 100 km/h. Mesinnya tidak sekuat mesin model adventure dengan kapasitas yang besar. Ada keuntungan tersendiri pada mesin kapasitas kecil saat melakukan pemilihan gear untuk jalanan menantang sambil mempertahankan high rotation range-nya.

Handling didominasi oleh steering angle halus pada ban depan 19 inci yang dapat Anda ganti menjadi ban dual-purpose. Stabilitasnya kuat pada kecepatan 80 km/h dan juga ketika dipacu pada trek lurus. Itu karena jarak sumbu roda depan dan belakang yang panjang dan frame yang kokoh. Tidak terlalu terasa goncangan yang signifikan dan sangat nyaman dipakai berkendara. Terlebih lagi, motor tourer ini memakai windshield yang tinggi dan hand guard yang tentunya dapat menghalau udara dingin.

[KAWASAKI VERSYS-X 250 TOURER. Harga: Rp 72.700.000 - Rp 73.100.000] Walaupun ini adalah model tourer dengan aksesoris tambahan, peluncurannya satu bulan lebih awal daripada model standar. Model tahun 2018 menawarkan dua warna yang berbeda untuk masing-masing varian.

[KAWASAKI VERSYS-X 250 TOURER. Harga: Rp 72.700.000 – Rp 73.100.000] Walaupun ini adalah model tourer dengan aksesoris tambahan, peluncurannya satu bulan lebih awal daripada model standar. Model tahun 2018 menawarkan dua warna yang berbeda untuk masing-masing varian.

Jarak sumbu roda ditambahkan 130 mm pada bagian depan dan 148 pada bagian belakang dan ban depan 19 inci serta output halus membuat motor ini mudah dikendarai di trek manapun.

Jarak sumbu roda ditambahkan 130 mm pada bagian depan dan 148 pada bagian belakang dan ban depan 19 inci serta output halus membuat motor ini mudah dikendarai di trek manapun.

[o] Pannier yang sangat berguna

Kapasitas pannier-nya kecil, yakni 17 L pada satu sisi. Dengan adanya tutup pada bagian atas, barang-barang yang disimpan di dalamnya tidak akan mudah jatuh dan mudah untuk digunakan. Selain itu, engine guard, standar tengah, power socket, dll, hanya dilengkapi untuk motor tourer yang pastinya sangat berguna ketika touring. Jika Anda membeli komponen-komponen tambahan tersebut secara terpisah, Anda harus menyediakan uang sebesar Rp 12jt-an, sedangkan perbedaan model standard dengan model tourer adalah Rp 5jt-an. Anda akan sangat diuntungkan.

[x] High speed range pada kecepatan tinggi, low-geared?

Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya, pasti akan sering menggunakan high speed range di jalan mulus (namun mungkin tergantung tiap-tiap orang). Selain itu, dikabarkan bahwa tidak mungkin top case atau box motor digunakan. Mungkin karena memberi dampak besar pada handling. Sedikit mengecewakan bagi Anda yang suka touring.

Posisi Berkendara

Ketinggian jok terasa cukup baik pada 815mm. Posisi riding juga terasa nyaman. Hati-hati jangan sampai Anda menendang pannier saat naik atau turun. Rider memiliki tinggi 175 cm dan berat 62 kg.

Ketinggian jok terasa cukup baik pada 815mm. Posisi riding juga terasa nyaman. Hati-hati jangan sampai Anda menendang pannier saat naik atau turun. Rider memiliki tinggi 175 cm dan berat 62 kg.

Windshield aman yang tinggi dan dilengkapi side cowl

Saya cukup puas dengan ukurannya yang full-size. Selain itu, display pada panel indikatornya memperlihatkan gear position indicator, konsumsi bahan bakar, jarak tempuh, dan lain-lain. Handle-nya rubber mount dengan cutting angle kanan dan kiri sebesar 40 derajat.

Saya cukup puas dengan ukurannya yang full-size. Selain itu, display pada panel indikatornya memperlihatkan gear position indicator, konsumsi bahan bakar, jarak tempuh, dan lain-lain. Handle-nya rubber mount dengan cutting angle kanan dan kiri sebesar 40 derajat.

Output maksimum 33ps berbasis Ninja 250 model lama

Mesin 248cc berpendingin cairan 2 silinder ini memakai crank 180 derajat, sleeveless aluminum cylinder, dan assist serta slipper clutch.

Mesin 248cc berpendingin cairan 2 silinder ini memakai crank 180 derajat, sleeveless aluminum cylinder, dan assist serta slipper clutch.

Menjanjikan perjalanan yang nyaman dengan jok landai

Jok double bahan urethane yang elastis. Terdapat ruang penyimpanan untuk barang-barang kecil di bawahnya. Bracket box terbuat dari bahan aluminium.

Jok double bahan urethane yang elastis. Terdapat ruang penyimpanan untuk barang-barang kecil di bawahnya. Bracket box terbuat dari bahan aluminium.

Perlengkapan khusus “tourer”

[Atas kiri] Pannier 17 L satu sisi dengan maksimum kapasitas muatan 3 kg yang dapat dibuka dan dikunci dengan kunci utama. Agak kecil, namun mudah digunakan karena ada tutup di bagian atasnya. [Kiri tengah] Hand guard untuk melindungi dari efek angin pada tangan. Total harga aksesoris tambahan adalah sebesar Rp 12 jt-an. [Kanan tengah] Engine guard juga dilengkapi pada model standard. Lampu kabut LED keluaran PIAA dijual terpisah (Rp 4 jt-an). [Kiri bawah] Power socket di bagian kiri panel indikator juga dilengkapi khusus pada motor tourer. Dapat diaplikasikan secara multifungsi. [Kanan bawah] Standar tengah yang sangat berguna untuk keperluan maintenance dan menstabilkan bodi motor ketika memuat barang yang besar.

[Atas kiri] Pannier 17 L satu sisi dengan maksimum kapasitas muatan 3 kg yang dapat dibuka dan dikunci dengan kunci utama. Agak kecil, namun mudah digunakan karena ada tutup di bagian atasnya. [Kiri tengah] Hand guard untuk melindungi dari efek angin pada tangan. Total harga aksesoris tambahan adalah sebesar Rp 2 jt-an. [Kanan tengah] Engine guard juga dilengkapi pada model standard. Lampu kabut LED keluaran PIAA dijual terpisah (Rp 4 jt-an). [Kiri bawah] Power socket di bagian kiri panel indikator juga dilengkapi khusus pada motor tourer. Dapat diaplikasikan secara multifungsi. [Kanan bawah] Standar tengah yang sangat berguna untuk keperluan maintenance dan menstabilkan bodi motor ketika memuat barang yang besar.

[Kesimpulan] Untuk Anda yang berjiwa petualang
Saya dapat merasakan atmosfer petualangan yang ada pada motor 250cc ini dan saya juga sangat menyukai perlengkapan-perlengkapan tambahannya. Motor ini akan jadi saingan berat Suzuki Strom 250, namun menurut saya Kawasaki jauh lebih powerful dan memiliki performa off-road yang lebih baik.

Spesifikasi utama: Panjang total 2170 mm, lebar 940 [860] mm, tinggi 1390 mm, jarak sumbu roda 1450 mm, ketinggian jok 815 mm; berat 183 [175] kg. Mesin berpendingin cairan 4-stroke parallel twin DOHC 4-valve 248 cc, 33 ps/11.500 rpm 2,1 kg-m/10.000 rpm, transmisi 6-speed return. Kapasitas tangki 17 L. Rem depan = cakram, rem belakang = cakram. Ban depan = 100/90-19, ban belakang = 130/80-17

Spesifikasi utama: Panjang total 2170 mm, lebar 940 [860] mm, tinggi 1390 mm, jarak sumbu roda 1450 mm, ketinggian jok 815 mm; berat 183 [175] kg. Mesin berpendingin cairan 4-stroke parallel twin DOHC 4-valve 248 cc, 33 ps/11.500 rpm 2,1 kg-m/10.000 rpm, transmisi 6-speed return. Kapasitas tangki 17 L. Rem depan = cakram, rem belakang = cakram. Ban depan = 100/90-19, ban belakang = 130/80-17

Sumber [ Young Machine ]

Lihat Laman Indeks Motor KAWASAKI

Lihat Aksesoris untuk Versys-X 250 Tourer

Related post

Return Top