Unik! Nembo 32, Model Motor dengan Mesin Terbalik

  • 20/02/2019
  •  325 views

Nembo32 2 - Unik! Nembo 32, Model Motor dengan Mesin Terbalik

Sebuah perusahaan Italia tengah bersiap untuk memproduksi sepeda motor fashion yang unik. Bukan hanya suspensinya yang menganut model upside-down, bahkan mesinnya pun dipasang secara upside-down alias terbalik.

Nembo sendiri adalah sebuah perusahaan kecil di Italia yang dijalankan oleh keluarga Sabatini. Seluruh pembuatan sepeda motor dikerjakan dengan keterampilan tangan dalam mengoperasikan peralatan-peralatan manufaktur. Mulai dari pengecoran mesin, proses CNC serta pembubutan bagian-bagian mesin.

Sepeda motor yang diberi nama Nembo 32 merupakan motor sport naked bermesin 2.000 cc tiga silinder bertenaga 200 hp. Nomor 32 merupakan kode bahwa sepeda motor ini memiliki 3 silinder dengan kapasitas mesin 2,0 liter.

Nembo32-3 Nembo32 3 - Unik! Nembo 32, Model Motor dengan Mesin Terbalik

Menurut para perancangnya, Nembo 32 terinspirasi mesin pesawat terbang generasi lawas. Bagi Nembo merendahkan titik pusat gravitasi tidak terlalu penting pada sebuah sepeda motor. Saat pengendara berada di atas motor, cara terbaik untuk menjaga berat dalam lingkaran sekecil mungkin adalah dengan membalik mesin dan memposisikan poros engkol di atas, sementara bagian silinder yang lebih ringan berada di bagian bawah.

Dan hasilnya memang beda untungnya hal itu bukan sesuatu yang buruk dalam dunia persepedamotoran. Hal itu juga didukung sebagian besar sifat para pengendara motor yang suka menjadi pusat perhatian di manapun mereka memarkirkan kendaraannya.

Foto yang dirilis di sini adalah versi 1.814 cc. Namun, Nembo mengatakan seluruh produknya nanti akan mengusung mesin versi 2.000 cc. Tenaganya sengaja dibatasi sampai 200 hp, sedangkan torsi maksimal mencapai 210 Nm pada 5.500 rpm. Bobotnya sendiri tergantung pada spesifikasinya dan diperkirakan tidak akan kurang dari 160 kg.

Nembo32_1 Nembo32 1 - Unik! Nembo 32, Model Motor dengan Mesin Terbalik

Untuk menjaga bobot tetap ringan maka mesin menjadi bagian dari rangka utama ditambah dengan beberapa batang pipa untuk menopang komponen lain dari sepeda motor. Bagian bodi dapat diungkit dengan bagian engsel di bagian ekor. Saat bodinya terangkat, nampak tangki dan rumah saringan udara yang terletak persis di atas mesin.

Upaya pemangkasan bobot juga ditemui pada bagian swing arm yang terbuat dari serat karbon. Material ringan dan kuat itu juga diandalkan sebagai bahan pembuat velek. Tampilannya semakin menarik berkat terpancangnya peredam guncangan tunggal. Suspensi udara fully adjustable ini dipercayakan pada produk Bellapradona.

Nembo32 Nembo32 - Unik! Nembo 32, Model Motor dengan Mesin Terbalik

Sepeda motor ciptaan Daniele Sabatini bersama timnya itu memiliki roda bagian belakang berukuran lebar 200 mm untuk menyalurkan daya dan putaran mesin langsung ke lantai aspal. Garpu depan mengandalkan buatan Marzocchi yang dapat disetel baik rebound maupun damper-nya, dikombinasi perangkat rem lansiran Brembo.

Menurut Sabatini, ini adalah sepeda motor 2.000 cc dengan bobot yang menyamai sepeda motor 1.000 cc. Soal harga, situs indiegogo.com menyebutkan bahwa belum ada kepastian karena hal itu tergantung dari berapa banyak Nembo akan memproduksi sepeda motor buatan tangan tersebut.

Disebutkan juga untuk tahap pertama akan dibangun sebanyak 11 unit di mana para peminatnya mendapat bonus pencantuman namanya pada bagian sasis. Semakin banyak motor ini terjual maka akan semakin terjangkau harganya, demikian harapan orang-orang yang ada di belakang perusahaan Nembo Motociclette.

Jadi penasaran seperti apa rasanya mengendarai motor nembo 32 ini…

Sumber [ Motomaxx ]

Related post

Return Top