JOIN US!

Sign up for emails - We'd love to have you

Best portal to find Japanaese Motorcryle WOWEE

Daily update on the latest HOT news, reviews and trivias

Video of riding impression, Products impression you cant't find any where else

  • Please select your country.
  • Authentication with facebook fail.Please try again.
OR

Wajib Tahu! Inilah Perbedaan Sparepart OEM, Aftermarket dan KW Alias Palsu

Perbedaan OEM, Aftermarket, dan KW

Bagi para Webikers yang pernah berbelanja kebutuhan otomotif roda dua pasti pernah mendengar istilah OEM, aftermarket, bahkan KW.

Tapi, sebagian dari Webikers mungkin masih kurang familiar dengan maksud istilah-istilah tersebut. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, Webike Indonesia akan membahas mengenai apa yang dimaksud sparepart atau suku cadang original dan apa perbedaan antara sparepart original OEM, aftermarket dan KW, sehingga Webikers dapat menentukan produk mana yang sebaiknya Webikers beli.

[Baca Juga]
5 Alasan belanja sparepart & aksesoris motor online, lebih murah dan menguntungkan. Kamu harus tahu!

Sparepart OEM

Bracket Box Jok Belakang OEM Honda Supercub C125

OEM adalah singkatan dari Original Equipment Manufacturer yang berarti suku cadang atau sparepart asli yang diproduksi langsung oleh manufaktur asal maupun produk yang pembuatannya mereka alihkan ke perusahaan lain karena beberapa alasan tertentu.

Mari kita ambil contoh pabrikan Honda. Untuk memproduksi sebuah sepeda motor, Honda tentunya membutuhkan banyak komponen mulai dari mesin, rangka, hingga alat kelistrikan. Tetapi, tidak semua komponen dapat dibuat atau diproduksi sendiri oleh Honda sehingga ada beberapa sparepart yang pembuatannya dialihkan ke pabrikan lain yang ditunjuk langsung oleh Honda.

Walaupun begitu, spesifikasi dan standar kualitas produk sparepart motor yang dibuat tetap mengikuti spesifikasi dan acuan standar kualitas resmi dari Honda. Kemudian, sparepart yang telah dibuat oleh pabrikan lain ini akan tetap dijual atas nama Honda.

Jadi apakah produk OEM itu original?

Ya, produk OEM adalah produk 100% original yang dibuat berdasarkan spesifikasi dan standar kualitas produk dari manufaktur. Dan kita menyebutnya sebagai produk original OEM, contohnya produk OEM Honda.

Contoh produk OEM

Sparepart motor Honda
Sparepart motor Yamaha

Sparepart Aftermarket

Suku Cadang Sparepart Ohlins Aftermarket

Ada beberapa orang yang mengira bahwa sparepart motor aftermarket adalah produk versi murah dari OEM. Padahal tidak semua produk sparepart motor aftermarket itu murah atau murahan. Malah banyak diantaranya memiliki kualitas yang lebih tinggi dibandingkan produk original OEM.

Hal ini dikarenakan sparepart motor aftermarket dibuat untuk memenuhi kebutuhan atau permintaan pasar untuk segmen yang berbeda. Misalnya saja untuk keperluan balap, kustomisasi, hobby dan lain-lain.

Sparepart aftermarket adalah suku cadang yang dibuat oleh pabrikan lain yang sudah mendapatkan izin dan lisensi dari manufaktur asal yang dijual dengan menggunakan merek dagang sendiri. Lalu bagaimana dengan kualitasnya?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, untuk dapat membuat atau memproduksi produk aftermarket kendaraan bermotor, pabrikan aftermarket tetap harus memiliki izin terlebih dahulu dari pabrikan otomotif yang bersangkutan contohnya dari Honda, Yamaha, Kawasaki dan lain-lain.

Kemudian, suku cadang aftermarket juga harus memiliki lisensi Certified Automobile Parts Association (CAPA). CAPA sendiri berisi berbagai pedoman dan regulasi resmi pembuatan produk aftermarket untuk menjamin kualitas dan keamanan produk. Untuk mendapatkan lisensi CAPA, sebuah produk sparepart harus melalui serangkaian tes produksi, material, dan fungsi dengan acuan standar mendekati, setara, atau bahkan lebih tinggi dari produk OEM.

Contoh dari produk aftermarket adalah suspensi dari produsen aftermarket Ohlins. Pabrikan asal Swedia ini dikenal dengan suspensi buatannya yang memiliki kualitas lebih baik dari OEM, sehingga banyak penggemar sepeda motor yang memutuskan untuk mengganti suku cadang bawaan OEM dengan produk Ohlins untuk mendapatkan tampilan dan performa motor yang lebih baik walaupun harus merogoh kocek yang cukup dalam.

Jadi apakah produk aftermarket ini original? Ya, produk aftermarket ini adalah produk original, yakni original dari merek pabrikan aftermarket tersebut. Sedangkan kualitasnya adalah standar atau lebih tinggi dari produk OEM.

Contoh produk aftermarket

Sparepart motor Ohlins
Sparepart motor Yoshimura
Sparepart motor SP Takegawa

Sparepart KW

Suku Cadang Sparepart Toyota Asli vs Palsu

KW sebenarnya merupakan singkatan dari kualitas. Dan yang pasti produk sparepart motor KW bukanlah produk OEM ataupun aftermarket. Jadi sebenarnya KW adalah produk palsu, imitasi, replika atau tiruan yang dibuat seolah-olah asli OEM/aftermarket dengan menggunakan berbagai trik manipulasi mulai dari klaim bahan, tampilan, hingga strategi pemasaran.

Lalu bagaimana dengan KW 1, 2 dan 3?

Sama saja, baik KW 1, KW 2, maupun KW 3, produk tersebut tetaplah produk palsu yang hanya memiliki kemiripan bentuk dengan produk OEM ataupun aftermarket.

Produk KW atau palsu diproduksi tanpa memiliki izin dari manufaktur atau pabrikan resmi manapun. Produk KW juga dibuat tanpa standar kualitas bahan yang seharusnya. Lebih parahnya, produk KW juga tidak melewati proses standarisasi keamanan produk sehingga lebih berbahaya bagi keselamatan pengguna kendaraan bermotor.

Contohnya seperti foto dua produk filter oli Toyota di atas. Keduanya sekilas memang mirip, tetapi jika diperhatikan, pada foto sebelah kanan tampilan produk palsu memiliki skema warna kardus dan botol yang berbeda. Filter oli yang asli memiliki warna yang cenderung dopp, tetapi versi palsunya agak sedikit lebih terang yang memang sengaja dibuat untuk mengecoh pembeli dan dijual dengan harga relatif sama atau lebih murah dari versi originalnya.

[Baca Juga]
7 Cara Cek Motor Bekas Banjir, Yang Belum Kamu Tahu!

Kesimpulan

Berdasarkan paparan dari Webike Indonesia di atas, dapat disimpulkan bahwa:

1. Sparepart OEM adalah suku cadang 100% original yang dibuat oleh manufaktur asal atau pabrikan rekanan resmi yang diberikan izin langsung untuk memproduksi sparepart yang sesuai dengan spesifikasi dan standar yang ada, lalu dikemas dan dilabeli dengan merek dagang resmi manufaktur tersebut.

2. Aftermarket adalah suku cadang original non-OEM yang dibuat perusahaan dengan izin resmi lain dengan acuan standar dari manufaktur asli.

3. Sparepart KW adalah suku cadang yang secara fisik dibuat seolah-olah keluaran OEM maupun aftermarket yang kualitas dan keamanannya tidak dapat diukur karena dibuat tanpa acuan atau standarisasi produk manapun.

Jadi, bagaimana Webikers, apakah sudah paham di mana perbedaannya? Lalu bagaimana sih, cara membedakan produk original OEM/aftermarket dengan produk KW?

Agar para Webikers tidak salah memilih sparepart motor, artikel selanjutnya akan membahas cara membedakan suku cadang yang OEM maupun aftermarket yang asli dan palsu. Ditunggu ya!

Related post

Return Top