Xavier Simeon Gabung SERT

  • 10/01/2020
  •  125 views

Xavier Simeon Gabung SERT FIM EWC xavier simeon gabung sert - Xavier Simeon Gabung SERT

Mantan pembalap MotoGP asal Belgia tersebut akan mulai membalap untuk Suzuki Endurance Racing Team di 24 Heures Motos, ronde FIM EWC berikutnya yang akan diadakan pada 18 dan 19 April di Le Mans. Simeon akan bergabung dengan Etienne Masson dan Gregg Black di tim pabrikan Suzuki tersebut yang saat ini berada di peringkat pertama klasemen kejuaraan.

Pengumuman pensiunnya Vincent Philippe beberapa bulan lalu menyisakan satu kursi kosong di SERT. Suzuki France dan Damien Saulnier, manajer tim baru Suzuki Endurance Racing Team, telah menunjuk rider Belgia Xavier Simeon untuk menjadi rekan Etienne Masson asal Prancis dan Gregg Black dalam memacu Suzuki #2.

Kemenangan mereka di Bol d’Or 2019 dan perolehan posisi ke-5 di 8 Hours of Sepang pada Desember lalu menempatkan Suzuki Endurance Racing Team di posisi puncak klasemen sementara FIM EWC 2019-2020. Tim pabrikan Suzuki tersebut sejauh ini telah meraih 15 gelar juara dunia, dan titel terakhir mereka dapatkan pada tahun 2016.

Xavier Simeon sudah siap untuk merebut gelar juara dunia untuk Suzuki. Ia sudah terbukti memiliki kecepatan di atas rata-rata saat memacu motor Yamaha tim VRD Igol Pierret Experiences tahun lalu dan menjadi salah satu dari sepuluh pembalap tercepat di paddock.

Setelah menjuarai Superstock 1000 World Cup di tahun 2009, Xavier Simeon menjadi pembalap top Moto2 dari tahun 2010 hingga 2017. Ia kemudian naik kelas ke MotoGP tahun 2018. Simeon sebelumnya juga sempat bergabung dengan Suzuki Endurance Racing Team sebagai pembalap cadangan di 24 Heures Motos 2008.

Xavier Simeon, rider SERT
“Pada 2008 saya belum kepikiran untuk masuk ke balapan ketahanan. Waktu itu saya adalah seorang pembalap Superstock untuk Suzuki Alstare. Kemudian, Dominique Méliand menawarkan saya posisi pembalap keempat di Le Mans dan Bol d’Or. Saya terima tawarannya karena saya penggemar SERT dan menurut saya mereka adalah tim yang sangat sukses — ayah saya dulu membalap untuk mereka. SERT telah mencatatkan sejarahnya dalam dunia balapan ketahanan, tetapi komitmen saya kepada tim saat ini sangatlah berbeda. Ketika Damien dan Suzuki France menawari saya posisi tersebut, saya langsung mengiyakan tanpa berpikir dua kali. SERT adalah tim nomor satu di FIM EWC dan bisa bergabung dengan mereka adalah kesempatan yang fantastis buat saya. Saya bisa berkontribusi dengan melaju secepat mungkin, tetapi kedua rekan tim saya sama cepatnya dan lebih berpengalaman. Jadi saya akan belajar terlebih dahulu dari mereka tentang dunia balapan ketahanan dan semoga setelahnya saya bisa mempersembahkan kemenangan bagi tim.”

Damien Saulnier, manajer tim Suzuki Endurance Racing Team
“Pengalaman Xavier di ajang Moto2 dan MotoGP membawa angin segar bagi kami. Kehebatannya dalam menganalisa motor serta pengalamannya sebagai test rider Dunlop juga menjadi dua poin tambahan. Ia kenal dekat Etienne dan Gregg, jadi petualangan ini akan sangat mengasyikkan.”

Ketiga pembalap Suzuki Endurance Racing Team akan melakukan tes pertama untuk musim 2020 pada pertengahan Februari di Spanyol.

Sumber [ FIM EWC ]

Related post

Return Top