Yoshimura SERT Motul Mulai Bersiap Jelang Laga Le Mans

  • 10/03/2021
  •  168 views

Yoshimura SERT Motul Le Mans yoshimura sert motul le mans - Yoshimura SERT Motul Mulai Bersiap Jelang Laga Le Mans

Tim pabrikan terbaru Yoshimura SERT Motul mulai bersiap untuk menghadapi laga Le Mans. Serangkaian tes privat pertama mereka gunakan untuk memikirkan strategi agar dapat merengkuh kembali titel juara dunia tahun 2021.

Tes musim dingin di sirkuit Bugatti dimanfaatkan beberapa tim FIM Endurance World Championship 2021 untuk kembali membiasakan diri mereka dengan lintasan yang akan menjamu laga 24 Heures Motos pada 17 dan 18 April mendatang. Tim-tim yang difavoritkan juara 2021 nampak hadir, salah satunya adalah tim yang tengah disorot: Yoshimura SERT Motul, sang juara bertahan yang mendapat ubahan baru.

Tim duo Prancis-Jepang ini menggabungkan keahlian masing-masing spesialis mereka. Staf teknis Yoshimura dan Suzuki Endurance Racing Team tengah mengotak-atik setup motor Suzuki yang akan dipakai untuk balapan 2021 dengan perlengkapan Yoshimura dan ban Bridgestone. Dua rider yang turun di outing pertama adalah Gregg Black dan Kazuki Watanabe yang pertama kalinya mencoba sirkuit Bugatti.

Di pit, staf mereka sangat fokus mereview tiap sesi di lintasan. Dengan waktu satu bulan sebelum dimulainya musim 2021, Yoshimura SERT Motul yakin bahwa mereka dapat mengoptimalkan GSX-R1000R.

“Motor 2021 kami sangatlah berbeda,” ujar Damien Saulnier selaku sang manajer tim Prancis. “Mesinnya dipersiapkan di Jepang lalu Suzuki dan Yoshimura juga telah meluangkan banyak waktu untuk pengembangan motornya.” Rider Gregg Black mengonfirmasi hal ini usai sesi pertamanya. “Motornya memang masih GSX-R, tapi ada banyak perubahan kecil. Kelistrikannya telah diubah dan sangat sesuai dengan ban Bridgestone. Motornya juga mudah dikontrol dan terasa lebih nyaman berkat posisi footstep yang berubah.”

Bagi Yohei Kato, sang manajer tim Jepang Yoshimura SERT Motul, ini adalah hasil dari kolaborasi bertahun-tahun. “Suzuki dan Yoshimura telah mengembangkan motor untuk memenangkan Suzuka 8 Hours. Motor ini berbasis pada spesifikasi yang dipakai motor Yoshimura untuk laga Suzuka. Sejak tahun lalu, kami bekerja sama dengan SERT untuk mengadaptasi dan mengembangkan motor untuk balapan 24 jam.”

Kato percaya bahwa performa dan kenyamananlah yang menentukan segalanya. “Rider harus fokus pada balapan, sehingga kami membuatkan motor yang membuatnya tetap berkonsentrasi,.Target kami masih sama, yakni meraih catatan waktu lebih baik.”

Sumber [ FIM EWC ]

Related post

Return Top