Apa yang Baru dari FIM EWC 2019-2020?

  • 09/09/2019
  •  144 views

Regulasi Terbaru FIM EWC Musin 2019-2020 regulasi baru fim ewc 2019 2020 - Apa yang Baru dari FIM EWC 2019-2020?

Kolaborasi antara FIM dan Eurosport Events menghasilkan berbagai perubahan yang mencangkup hal teknis hingga aturan lomba FIM Endurance World Championship. Berikut adalah gambaran beberapa perubahan besar yang akan diimplementasikan di musim balap 2019-2020.

Ada dua jenis kejuaraan yang diperlombakan
Akan ada dua jenis balapan yang akan diperlombakan di musim 2019-2020 ini: Kejuaraan Dunia FIM EWC bagi tim kelas Formula EWC dan FIM Endurance World Cup untuk tim-tim Superstock. Pada akhir musim, klasemen pembalap dari tiap kejuaraan akan dibuat berdasarkan klasemen tim, dengan catatan hanya pembalap yang sudah menyelesaikan lomba sebesar 75% dengan tim yang sama yang akan masuk ke dalam klasemen.

Waktu kualifikasi
Agar dapat lolos tahap kualifikasi, setiap pembalap harus mencetak catatan waktu selambat-lambatnya 108% (tahun lalu sebesar 109%) dari pembalap tercepat di kelasnya. Regulasi ini akan berubah di musim balapan tahun 2020-2021 yang akan menerapkan aturan 107%.

Pembatasan jumlah ban untuk kualifikasi
Jumlah ban yang boleh digunakan untuk sesi kualifikasi akan dibatasi, dan akan dicek melalui jumlah stiker yang diberikan panitia kepada setiap tim. Di kejuaraan Formula EWC dan Superstock akan ada tujuh stiker ban yang diberikan kepada tiap tim (lima stiker bagi tim yang hanya memiliki dua pembalap).

Pemasok tunggal bahan bakar
Meningkatkan keamanan dan keselamatan kerja di seluruh ajang balapan EWC adalah prioritas FIM dan Eurosport Events. Demi memberikan proses pengangkutan, penyimpanan dan penanganan bahan bakar yang lebih aman, serta untuk memastikan tidak ada tim yang menyimpan lebih dari 60 liter bahan bakar di pit box sepanjang berjalannya lomba EWC, FIM menerima keputusan Eurosport Events untuk menunjuk pemasok tunggal bahan bakar untuk musim balap 2019-2020. Pemasok tunggal tersebut adalah Panta Racing Fuel yang sudah dikenal menjadi bagian dari berbagai kejuaraan dunia FIM lainnya. Panta Racing Fuel akan mengatur pengiriman bahan bakar kepada setiap tim dan mengangkut bahan bakar ke sirkuit sehingga tidak ada lagi tim yang membawa bahan bakar sendiri ke area paddock.

Dikarenakan Le Mans sudah memiliki sistem pengantaran bahan bakar permanen sendiri yang mampu menjamin keamanan dan keselamatan di pit lane dan pit box, Panta akan menjadi supplier bahan bakar tunggal di seluruh balapan EWC kecuali 24 Heures Motos.

Eurosport Events akan memberikan bantuan finansial pada tim-tim tetap EWC untuk menutupi pengeluaran yang diakibatkan oleh kenaikan harga bahan bakar.

Homologasi Helm
Per 1 Januari 2020, tiap pembalap harus menggunakan helm yang telah memenuhi standar FIM sebagai bagian dari FIM Racing Homologation Programme yang sudah diterapkan di MotoGP dan WorldSBK sejak 3 Juni lalu.  Daftar helm yang sudah lolos standardisasi dapat dilihat di website www.frhp.org

Homologasi mesin
Tim-tim Formula EWC dapat menggunakan mesin apapun yang sudah masuk homologasi World Superbike. Sebelumnya, Formula EWC dan Superstock harus memilih mesin homologasi untuk Superstock 1000. Homologasi Motor

Sepang 8 Hours
Edisi perdana Sepang 8 Hours akan dihelat pada ronde musim dingin FIM EWC 2019-2020 yang akan diadakan di Malaysia pada Sabtu, 14 Desember. Pada akhir pekan itu, Sirkuit Internasional Sepang akan menjadi dua tuan rumah dua balapan kaliber internasional: balapan ronde kedua FIM Endurance World Championship dan final kejuaraan dunia WTCR/Oscaro.

Sumber [ FIM EWC ]

Related post

Return Top