BMRT 3D Maxxess Nevers Juara FIM Endurance World Cup

  • 22/09/2021
  •  199 views

BMRT 3D Maxxess Nevers Juara FIM Endurance World Cup BMRT 3D Maxxess Nevers Juara FIM Endurance World Cup - BMRT 3D Maxxess Nevers Juara FIM Endurance World Cup

Nasib tim independen asal Prancis ini berubah dalam sekejap di Bol d’Or. Finish di urutan ketiga keseluruhan dan juara satu dari kelas Superstock, BMRT 3D Maxxess Nevers keluar sebagai juara FIM Endurance World Cup yang khusus untuk kelas Superstock.

Pada jumpa pers hari Minggu siang di sirkuit Paul Ricard, manajer tim BMRT 3D Maxxess Nevers Romain Mangé masih terlihat kaget atas apa yang terjadi. Tim yang dipimpinnya baru saja menjadi juara ke-3 Bol d’Or sekaligus juara dunia di kelas Superstock, bahkan sebelum laga final di Republik Ceko diadakan pada 9 Oktober mendatang.

Rasanya seperti mimpi
“Saya belum percaya betul,” kata Romain Mangé. “Kami sudah cukup lama membidik kemenangan di balapan 24 jam. Kami tidak menyangka bahwa kami akan berdiri di atas podium gabungan. Menjadi juara dunia adalah tujuan utama kami, tetapi rasanya terlalu muluk. Tujuan kami di Bol d’Or adalah untuk memenangkan balapannya. Memenangkan gelar juara dunia sungguh berada di luar dugaan. Sulit untuk percaya podium ini nyata!”

Kesuksesan BMRT 3D Maxxess Nevers adalah berkat trio rider Anthony Loiseau, Jonathan Hardt dan Julien Pilot yang berpengalaman dan kompak. Bergantian memacu motor Kawasaki #24, mereka memimpin balapan di kelas Superstock hampir sepanjang durasi balapan sehari semalam. Satu-satunya kesulitan yang dihadapi adalah ketika mereka mengalami insiden kecil dan penggantian pipa knalpot jelang akhir balapan. Namun, mereka berhasil bangkit dan mengambil alih kembali posisi terdepan dari RAC41 ChromeBurner dan No Limits Motor Team.

BMRT 3D Maxxess Nevers merupakan gabungan dari BMRT, tim baru besutan Romain Mangé, dan 3D Endurance, tim lama yang sudah menuai kesuksesan di kelas Superstock sejak tahun 1999. Mereka resmi bergabung ke FIM Endurance World Championship pada tahun 2018. Mereka sudah menjadi langganan podium kelas Superstock di balapan Bol d’Or, the 24 Heures Motos dan the 8 Hours of Slovakia Ring. Kemenangan pertama mereka memang tinggal menunggu waktu.

Pengalaman dan keseimbangan
Kemenangan pertama BMRT 3D Maxxess Nevers di kelas Superstock adalah 12 Hours of Estoril pada Juli lalu. Dengan menangnya mereka di Bol d’Or, BMRT 3D Maxxess Nevers sekaligus dinobatkan sebagai juara dunia FIM Endurance World Cup untuk pertama kalinya.

“Kekuatan kami saat ini adalah kemenangan dan keseimbangan kinerja tim dengan rider,” jelas Romain Mangé. “Jonathan, Anthony dan Julien telah membalap bersama kami selama beberapa musim. Ketiganya solid, tampil bagus dalam berbagai kondisi, dan saya tahu siapa yang unggul di situasi ini dan itu. Mereka bukan sekedar rider yang cepat, mereka juga teman saja. Kami semua seumuran.”

Pada balapan penutup musim 2021 di Most, posisi runner-up pertama dan kedua masih terbuka lebar. National Motos, yang terpaksa mundur dari Bol d’Or, dan No Limits Motor Team, yang finish ke-3 di Bol d’Or untuk kelas Superstock menjadi kandidat terkuat untuk mengklaim posisi kedua di klasemen akhir. Jika bicara dari segi statistik, ada 6 tim lainnya yang bisa menjadi runner-up juara dunia pada balapan pamungkas yang akan dilaksanakan di Most, Republik Ceko, pada 9 Oktober mendatang.

Ranking FIM World Cup 2021 usai ronde ketiga

Sumber [ FIM EWC ]

Related post

Return Top