Cara Mengganti Oli Mesin yang Benar dari Ahlinya (Bagian 1 – Menguras Oli Mesin)

  • 08/05/2020
  •  1,393 views

Cara Ganti Oli Kuras Oli Motor cara ganti oli kuras oli motor - Cara Mengganti Oli Mesin yang Benar dari Ahlinya (Bagian 1 – Menguras Oli Mesin)

Jika mesin yang memberi tenaga pada motor diibaratkan seperti jantung, maka oli mesin dapat diibaratkan seperti darah yang mengalir di dalamnya.

Penting untuk mengganti oli mesin motor Anda secara rutin karena banyaknya gesekan part logam satu dengan yang lain di dalam mesin dan oli mesin juga memiliki peranan penting dalam menguar panas mesin.

Di artikel ini, sang profesional akan membeberkan prosedur penggantian oli yang baik dan benar. Ia memakai motor Yamaha SR400 dalam praktiknya.

Sebelum menguras oli mesin, ada baiknya jika Anda menyiapkan wadah untuk menampung oli terlebih dahulu.

Ada dua cara penyimpanan oli mesin: wet sump dan dry sump

Oli Mesin SR400 oli mesin sr400 - Cara Mengganti Oli Mesin yang Benar dari Ahlinya (Bagian 1 – Menguras Oli Mesin)

Oli mesin memiliki peranan yang penting, seperti lubrikasi, pendinginan dan penahan tekanan kompresi. Ada beberapa kriteria dalam pengklasifikasian oli, seperti oli mineral dan oli sintetik, viskositas yang menunjukkan kekentalan dan lain sebagainya. Namun, oli dengan performa setinggi apa pun dapat turun kualitasnya seiring bertambahnya jarak tempuh dan durasi penggunaan.

Oli mesin yang turun kualitasnya akan mengurangi kekuatan lapisan film yang selanjutnya akan mengurangi performa perlindungan bagian dalam mesin sehingga menyebabkan aus. Jadi, sangat penting untuk mengganti oli secara rutin.

Ada dua tipe penyimpanan oli di mesin, yakni wet sump dan dry sump. Tipe wet sump menyimpan seluruh oli di crankcase, sementara dry sump dilengkapi dengan tangki oli yang terpisah dari mesinnya.

Keduanya memiliki keunggulan masing-masing, namun sebagian besar mesin saat ini menggunakan tipe wet sump. Untuk Yamaha SR400, motor yang sangat populer sejak dirilis tahun 1978 tanpa pengubahan dari desain aslinya, masih menggunakan tipe dry sump.

Fiturnya adalah down tube dari rangkanya digunakan sebagai tangki oli yang terpisah dari mesin yang merupakan aspek yang penting bagi tipe penyimpanan ini.

Karena drain plug bolt atau baut pembuangan olinya berada di bawah crankcase dan tangki oli, Anda harus melepaskan baut tersebut dari dua titik tersebut ketika mengganti oli.

Poin Penting

・Oli mesin memiliki peranan yang penting, seperti lubrikasi, pendinginan dan penahan tekanan kompresi.
・Oli akan turun kualitasnya seiring waktu dan jauhnya jarak tempuh.
・Ada dua tipe penyimpanan oli di mesin, yakni wet sump dan dry sump.

Ketika hendak menguras oli mesin, panaskan mesin motor sebelum melepas baut pembuangannya

Drain Plug Bolt Baut Pembuangan Oli SR400 drain plug bolt baut pembuangan oli sr400 - Cara Mengganti Oli Mesin yang Benar dari Ahlinya (Bagian 1 – Menguras Oli Mesin)

Baut pembuangan oli SR400 terletak di bawah crankcase dan di tengah pivot standar tengah. Agar lebih praktis, disarankan untuk melepas baut ketika motor di posisi standar tengah.

Untuk meningkatkan fluiditas oli mesin sehingga dapat mengalir dengan lancar, kuras oli ketika suhu mesin tinggi, bukan setelah mesin sudah dingin atau rendah.

Namun, suhu oli dapat mencapai hampir 100 derajat segera setelah mesin berhenti dan ada risiko tinggi Anda terkena luka bakar dari bagian-bagian mesin dengan suhu tinggi, sehingga diperlukan waktu pendinginan yang sesuai.

Baut pembuangan pada body mesin Yamaha SR400 dipasang di bagian bawah crankcase yang menghadap ke belakang. Itu adalah tempat di antara bearing kiri dan kanan standar utama, jadi mungkin sulit untuk melepasnya dengan baik jika Anda tidak berbaring atau terlentang sepenuhnya.

Mungkin ada beberapa orang yang tidak suka memposisikan badan mereka seperti itu, tetapi jika Anda mencoba untuk memutar baut pembuangan dengan posisi meraba-raba atau setengah jalan, ada risiko alat akan terlepas dan melukai Anda. Atau, Anda tidak dapat menjangkau baut dengan sudut yang baik, jadi Anda harus memutarnya dengan tenaga ekstra. Penting untuk melepasnya dalam posisi yang pas.

Selain itu, lebih baik gunakan kunci ring atau kunci sock ketimbang kunci pas atau kunci inggris. Kunci ring dan kunci sock bisa digunakan untuk baut segienam, sehingga gaya memutarnya akan lebih diterapkan secara lebih mantap.

Lepas Baut dengan Kunci Ring lepas baut dengan kunci ring - Cara Mengganti Oli Mesin yang Benar dari Ahlinya (Bagian 1 – Menguras Oli Mesin)

▲ Jika Anda mencoba melonggarkan baut pembuangan 17mm di bagian bawah mesin dengan kunci inggris, alat tersebut dapat tergelincir dan beresiko melukai Anda, jadi gunakan kunci ring atau kunci sock.

Poin Penting

・Keluarkan oli saat suhunya masih panas agar alirannya lebih lancar
・Ketika melepas baut pembuangan, Anda harus memposisikan badan Anda dengan baik
・Jangan gunakan kunci pas atau kunci inggris, namun gunakan kunci ring atau kunci sock agar alat tidak tergelincir dari tangan Anda

[Webike Shopping]
Beli Kunci Sock di sini
[Webike Shopping]
Beli Kunci Ring di sini

Pastikan Anda mengganti gasket oil drain plug

Ganti gasket oil drain plug gasket oil drain plug - Cara Mengganti Oli Mesin yang Benar dari Ahlinya (Bagian 1 – Menguras Oli Mesin)

Gasket tipe crush (crush washer) dipasang dengan mengencangkan baut untuk memastikan kerapatan yang baik. Maka, setelah diperkencang, gasket akan menjadi datar seperti yang ditunjukkan di gasket sebelah kiri pada gambar, sehingga perlu untuk menggantinya setiap kali Anda melakukan penggantian oli.

Gasket tipe crush terbuat bahan logam tipis dengan bentuk yang unik. Posisinya yang terletak di antara baut dan body mesin berguna untuk mencegah kebocoran oli.

Saat Anda melepaskan baut pembuangan, pastikan ada gasket di baut tersebut. Jika gasket tersangkut di crankcase dan jatuh ke tumpahan oli bekas, langsung ambil gasket tersebut.

Tidak seperti ring atau washer pada umumnya, gasket oil drain plug merupakan bagian gasket yang dirancang khusus dan penting untuk menutup sedikit celah antara baut dan crankcase agar mencegah kebocoran oli.

Jika Anda tidak menyadari gasketnya terjatuh ke wadah yang menampung tumpahan oli bekas lalu Anda memasangkan baut pembuangan tanpa gasketnya, maka oli mesin akan menetes keluar dari celah antara permukaan baut dan crankcase.

Ketika baut pembuangan dipasang kembali, gasketnya secara otomatis akan menyesuaikan bentuknya untuk menutupi celah. Maka dari itu, sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan kembali gasket yang sudah berubah bentuk.

Gasket tipe crush yang digunakan pada SR400 berubah bentuk saat baut diputar dan langsung menempel pada baut tersebut sehingga Anda harus menggantinya setiap penggantian oli.

Poin Penting

・Pastikan Anda mengganti gasket oil drain plug
・Gasket oil drain plug adalah bagian yang penting untuk mencegah kebocoran oli

[Webike Shopping]
Beli Gasket di sini

Kuras oli yang ada di dalam tangki setelah Anda menyiapkan perlengkapan penampungnya

Siapkan wadah penampung lalu kuras oli siapkan wadah penampung lalu kuras oli - Cara Mengganti Oli Mesin yang Benar dari Ahlinya (Bagian 1 – Menguras Oli Mesin)

SR400 menggunakan down tube sebagai tangki oli dan ketika baut pembuangan di bagian bawah dilepas, oli akan mengalir keluar ke arah depan dengan deras.

Dengan memasang kardus di bawah spakbor depan akan mencegah aliran oli mengenai ban dan spakbor.

Gunakan selotip agar aliran oli tidak mengenai rangka gunakan selotip agar aliran oli tidak mengotori rangka - Cara Mengganti Oli Mesin yang Benar dari Ahlinya (Bagian 1 – Menguras Oli Mesin)

Ketika jumlah oli di dalam tangki oli sudah berkurang, aliran oli akan kehilangan momentum dan selanjutnya oli akan menetes ke bawah mengenai rangka.

Jika Anda menempelkan selotip di bagian yang dialiri oli, rangka dan mesin akan aman dari tetesan tersebut. Setelah menguras oli yang ada di crankcase, kuras oli di tangki dari baut pembuangan yang terletak di bagian bawah down tube.

Baut ini mudah diputar karena menghadap ke depan body motor, tetapi jika Anda melepasnya tanpa hati-hati, oli akan mengucur keluar ke arah ban depan dan akan sangat sulit untuk dibersihkan. Karena itu, sebelum melepas baut, letakkan wadah di bawah spakbor depan untuk menampung oli yang tumpah. Oli yang mengalir keluar dari tangki oli akan dapat ditampung tanpa mengenai velg depan atau mengotori area sekitarnya.

Lalu, ketika jumlah oli yang dikeluarkan dari tangki berkurang, sisa oli akan mengalir di area rangka, jadi dengan menempelkan selotip di bawah lubang pembuangan, Anda dapat menguras oli tanpa mengotori rangka atau mesin.

Gasket juga dipasangkan pada baut pembuangan tangki oli, tetapi ini bukan tipe crush melainkan tipe ring plat tembaga (copper washer). Ring plat tembaga adalah bahan yang lebih lunak dari tangki oli dan baut pembuangan yang terbuat dari besi, meskipun tidak sebesar gasket tipe crush.

Ring Plat Tembaga Baut Pembuangan Oli ring plat tembaga baut pembuangan oli - Cara Mengganti Oli Mesin yang Benar dari Ahlinya (Bagian 1 – Menguras Oli Mesin)

Gasket oil drain plug tangki oli terbuat dari tembaga (ring plat tembaga). Gasket tipe ini berbeda dari tipe crush karena lebih lunak. Gasket ini juga dapat berubah bentuknya untuk memastikan kerapatan yang baik, sehingga harus diganti tiap kali Anda mengganti oli.

Poin Penting

・Hati-hati karena olinya bisa keluar dalam jumlah banyak
・Untuk motor dengan tipe dry sump, pastikan Anda juga mengganti paking baut pembuangan oli dengan gasket oil drain plug di tangki oli.

Cek posisi dan jumlah baut pembuangan oli dan siapkan gasket sebelum menguras oli

Penggantian oli adalah salah satu aspek dasar pemeliharaan motor. Namun, sebelum Anda mulai melakukannya, ada baiknya jika Anda melakukan persiapan dengan matang agar menghindari hal yang tidak diinginkan.

Dengan mengetahui posisi drain bolt dan bagaimana oli akan menetes sebelum mengganti oli, Anda akan melakukannya dengan lebih ringkas tanpa harus membuang waktu Anda untuk membersihkan tetesan oli yang berceceran.

SR400 yang disukai banyak penggemarnya adalah motor yang menggunakan tipe dry sump yang unik. Para pemilik yang ingin mengganti oli sendiri harus bekerja dengan teliti dan menyiapkan segala sesuatunya dengan baik.

Poin Penting

・Penting untuk melakukan persiapan dengan matang sebelum mulai mengganti oli.
・Cek posisi baut pembuangan oli dan perkirakan arah tetesannya sehingga Anda dapat mengerjakannya tanpa mengotori motor Anda
・Pastikan Anda juga mengganti gasketnya

[Webike Shopping]
Beli Oli Motor di sini

Related post

Return Top