Cara Mengganti Oli Sendiri Bagian 3: Tips Memilih Oli dan Cara Tuang Oli yang Tepat

  • 15/05/2020
  •  793 views

Cara Ganti Oli Tuang Oli cara ganti oli tuang oli - Cara Mengganti Oli Sendiri Bagian 3: Tips Memilih Oli dan Cara Tuang Oli yang Tepat

Suhu oli yang meningkat dapat menyebabkan penurunan kualitas sehingga Anda wajib menggantinya secara berkala. Anda dapat melakukan penggantian oli sendiri di rumah. Simak tips berikut ini langsung dari ahlinya.

Di artikel ini, kami akan membahas mengenai tips memilih oli untuk motor Anda dan cara menuangkan oli yang tepat. Ini adalah artikel lanjutan dari artikel sebelumnya yang memperlihatkan cara menguras oli. Masih dengan motor Yamaha SR400 sebagai praktiknya.

[Baca Juga]
Cara Mengganti Oli Mesin yang Benar dari Ahlinya (Bagian 1 – Menguras Oli Mesin)

Oli mesin SR400 2003 memiliki angka viskositas atau kekentalan 10W-40 dan kapasitas 2 liter. Jika Anda mengganti filter oli pada saat yang bersamaan, kapasitasnya akan menjadi 2,1 liter.

Corong dan Dipstick Oli corong dan dipstick oli - Cara Mengganti Oli Sendiri Bagian 3: Tips Memilih Oli dan Cara Tuang Oli yang Tepat

Karena lubang oli SR400 lebih rendah dari bagian atas tangki bahan bakar, lebih baik Anda menggunakan corong agar oli tidak tumpah saat Anda menuangkannya.

Jika Anda tidak punya corong, Anda bisa menggunakan botol plastik yang telah digunting sebagai penggantinya.

Tips Menuang Oli Mesin Motor

Tips Menuang Oli Mesin Motor tips menuang oli mesin motor - Cara Mengganti Oli Sendiri Bagian 3: Tips Memilih Oli dan Cara Tuang Oli yang Tepat

▲ Jika Anda menggunakan botol plastik sebagai pengganti corong saat menuangkan oli, oli tidak akan meluap dan mengotori motor Anda. Langkah sederhana ini sangat membantu efisiensi kerja.

Faktor utama penyebab turunnya kualitas oli mesin adalah karena semakin tingginya suhu oli. Ketika suhu oli meningkat hingga kisaran 40-60℃, kekentalan oli dan zat aditifnya akan menghadirkan performa yang ideal. Namun, jika suhu oli terus meningkat hingga 130-140℃, komponen internal oli akan rusak dan kualitas oli mulai berkurang.

Mesin berpendingin cairan dapat menjaga suhu oli dengan cairan coolant, namun mesin berpendingin udara hanya bergantung pada udara luar yang mengalir ke dalam mesin. Pada kondisi ekstrim seperti lalu lintas yang padat saat udara panas, suhu oli bisa naik hingga suhu 120℃ atau lebih tinggi. Jadi, Anda lebih baik melakukan penggantian oli secara rutin agar memperpanjang umur mesin motor Anda.

Di artikel bagian pertama yang menjelaskan bagaimana cara menguras oli, kami telah menyebutkan bahwa terdapat dua tipe penyimpanan oli mesin motor, yakni wet sump dan dry sump.

Untuk yang berjenis dry sump, tangki oli terpisah dari body mesin. SR400 berjenis dry sump dan menggunakan down tube di bagian rangkanya sebagai tangki oli. Jadi, oli mesin yang baru dituang dari lubang oli yang terletak di bagian belakang segitiga atas.

Poin Penting

・Kualitas oli mesin akan turun seiring dengan meningkatnya suhu oli
・Oli mesin mengeluarkan performa paling ideal pada suhu 40-60℃ lalu mulai turun kualitasnya ketika suhunya mencapai 130-140℃
・Penggantian oli secara rutin dapat memperpanjang umur mesin motor Anda

[Baca Juga]
Bagaimana Cara Mengganti Filter Oli Motor Sendiri? – Bagian 1

Lebih baik menggunakan oli dari pabrikan motor

Memilih oli yang tepat untuk motor adalah salah satu hal yang perlu dipertimbangkan ketika mengganti oli mesin. Salah memilih oli akan berbahaya bagi kinerja mesin motor Anda.

Ada banyak faktor ketika memilih, seperti oli sintetik dan oli mineral, perbedaan tingkat kekentalan, kualitas, harga dan lain sebagainya. Amannya, kami sarankan Anda memilih oli asli dari pabrikan.

Contohnya Yamaha yang mengeluarkan brand pelumas mereka sendiri, yakni Yamalube. Mungkin beberapa orang berpendapat kalau oli keluaran pabrikan tidak memiliki performa yang baik, namun oli asli dari pabrikan punya keunggulan tersendiri: mereka paham betul karakteristik motor mereka sendiri, sehingga dapat mengembangkan produk yang berperforma tinggi.

SR400 dapat menggunakan tipe oli Yamalube:
・Oli sintetik berperforma tinggi “Premium Synthetic”
・Oli sintetik yang seimbang “Sport”
・Oli mineral biasa “Standard Plus”

Anda bisa membatasi tipe oli yang dapat digunakan untuk motor Anda menjadi tiga tipe seperti contoh di atas sehingga Anda bisa fokus memilih oli yang tepat. Kekentalan oli adalah hal yang penting untuk dipertimbangkan selain brand.

Kode Kekentalan Oli

Kode Kekentalan Oli kode kekentalan oli - Cara Mengganti Oli Sendiri Bagian 3: Tips Memilih Oli dan Cara Tuang Oli yang Tepat

Kekentalan oli SR400 adalah 10W-40 dan bisa menggunakan oli dari brand Yamalube.

Penjelasan singkat mengenai tingkat kekentalan oli, “10W” pada 10W-40 adalah tingkat kekentalan oli pada suhu rendah. Semakin kecil angka kekentalan, semakin encer olinya.

Sementara, angka “40” pada 10W-40 menunjukkan tingkat kekentalan ketika suhu oli mencapai 60-80℃ atau lebih. Kekentalan adalah salah satu faktor dari kuatnya lapisan oli (oil film). Jadi, lebih aman bagi mesin berpendingin udara untuk memiliki kekentalan yang tinggi saat cuaca panas.

Semakin besar angka kekentalannya maka lapisan yang ditimbulkan menjadi lebih kental dan juga akan memberikan resistensi besar saat oli bergesekan.

Oli asli dari pabrikan telah melalui uji coba pada kondisi-kondisi ekstrim pada saat proses pengembangan motor sehingga dirancang khusus agar tetap menjaga performa oli bahkan saat suhu oli meningkat. Jika Anda tidak yakin saat memilih oli, oli asli dari pabrikan adalah pilihan yang paling aman.

Poin Penting

・Oli asli pabrikan adalah produk berperforma tinggi yang dikembangkan berdasarkan karakteristik mesin motor
・Jika Anda tidak yakin, pilihlah oli asli dari pabrikan

Setelah menuangkan oli hingga ke tingkat yang dianjurkan, takar lagi dengan alat pengukur tingkat oli

Ukur tingkat oli dengan dipstick ukur tingkat oli dengan dipstick - Cara Mengganti Oli Sendiri Bagian 3: Tips Memilih Oli dan Cara Tuang Oli yang Tepat

Cek tingkat oli dengan dipstick ketika jumlah oli yang tertuang nyaris menyentuh jumlah yang dianjurkan untuk mencegah oli luber.

SR400 menggunakan down tube pada rangka sebagai tangki oli dan memiliki lubang oli di bagian belakang segitiga atas, tepatnya di antara segitiga atas dan tangki bahan bakar. Sebaiknya Anda menuangkan oli dengan botol plastik yang sudah dipotong atau corong agar oli tidak tumpah. Jika Anda punya corong khusus, itu lebih baik lagi. Namun, pemanfaatan limbah botol plastik seperti ini sangatlah berguna.

Kapasitas oli SR400 adalah 2 liter ketika hanya mengganti oli dan 2,1 liter ketika mengganti filter oli pada saat yang bersamaan. Tambahan 0,1 liter ini untuk sirkulasi di bagian case filter oli.

[Baca Juga]
Bagaimana Cara Mengganti Filter Oli Motor Sendiri? – Bagian 2

Ketika menuangkan oli menggunakan botol plastik sebagai corongnya, jangan langsung tuangkan semua. Tuangkan perlahan-lahan.

Jika Anda menuangkan dari botol oli 1 liter, tuang oli tersebut hingga habis, tapi jangan langsung menuangkan botol oli yang kedua. Lepas corong lalu masukkan dipstick dan cek apakah oli menempel. Jika belum, Anda bisa menambahkan oli lagi.

Ketika mengecek tingkat oli dengan dipstick, sangat dianjurkan untuk menempatkan motor di permukaan yang rata. Kapasitas ketika mengganti oli bersamaan dengan filter oli untuk SR400 adalah 2,1 liter dan mungkin Anda berpikiran untuk menuangkan semua isi botol kedua. Namun, untuk amannya cek lagi tingkat oli dengan dipstick dari ujung botol kedua.

Setelah tingkat oli hampir mencapai bagian tengah dipstick, kencangkan tutup oli lalu hidupkan mesin. Biarkan menyala selama beberapa menit lalu cek tingkat oli lagi dengan dipstick. Karena tingkat oli cenderung berkurang saat mesin dihidupkan dan oli bersirkulasi, Anda bisa tambahkan lagi kekurangan olinya.

Dipstick memiliki batas bawah dan batas atas. Jangan sampai oli mencapai atau melebihi batas atas dan jangan pula kurang oli di batas bawah.

Untuk tipe wet sump di mana oli mesin disimpan di crankcase, berhati-hatilah karena jika tingkat oli mencapai batas atas, dapat terjadi peningkatan tekanan di crankcase yang menyebabkan oli menyembur keluar dari selang hawa.

Poin Penting

・Cek jumlah oli dengan hati-hati sehingga oli tidak luber keluar saat Anda menambahkan oli
・Jika jumlahnya masih kurang pada takaran tersebut, tambahkan lagi olinya
・Usahakan tingkat oli berada di atas batas bawah, namun jangan sampai melebihi batas atas

Ganti oli mesin secara rutin sesuai jarak tempuh agar berkendara lebih nyaman

Dengan mengganti oli yang diibaratkan seperti darahnya mesin secara berkala, perputaran mesin akan menjadi lebih halus, pergantian gigi akan semakin enak dan motor Anda juga akan lebih awet. Jadi, ganti oli secara rutin sesuai jarak tempuh.

Kesimpulan

・Mengganti oli adalah perawatan motor yang paling mendasar
・Kenyamanan berkendara dapat diperoleh dengan mengganti oli secara rutin sesuai jarak tempuh
・Jika Anda tidak yakin saat memilih oli, pilih oli asli dari pabrikan

Kami juga memiliki beberapa artikel mengenai penggantian oli dan filter oli yang dapat dijadikan referensi bagi Anda yang ingin menggantinya sendiri di rumah.

[Baca Juga]
Cara Mengganti Oli Mesin yang Benar dari Ahlinya (Bagian 1 – Menguras Oli Mesin)
[Baca Juga]
Bagaimana Cara Mengganti Filter Oli Motor Sendiri? – Bagian 1
[Baca Juga]
Bagaimana Cara Mengganti Filter Oli Motor Sendiri? – Bagian 2

Klik di sini untuk membeli oli motor

[Webike Shopping]
Beli Oli Motor di sini

Related post

Return Top