Countdown Suzuka 8 Hours EWC: Konsentrasi Ala MotoGP Diperlukan Honda untuk Menang

  • 03/08/2022
  •  365 views

F.C.C. TSR Honda France f - Countdown Suzuka 8 Hours EWC: Konsentrasi Ala MotoGP Diperlukan Honda untuk Menang

F.C.C. TSR Honda France harus menggunakan konsentrasi tingkat MotoGP jika ingin menang di Suzuka 8 Hours.

Honda belum pernah merayakan kemenangan FIM Endurance World Championship di kandang sendiri sejak 2014, tapi pabrikan asal Jepang ini mengandalkan sejumlah rider lokal dan tim mereka yang tangkas, serta F.C.C. TSR Honda France yang jadi salah satu tim tersohor di EWC ini untuk meraih gelar juara di Coca-Cola Suzuka 8 Hours Endurance Race ke-43 yang berlangsung dari 4-7 Agustus ini.

F.C.C. TSR Honda France yang dipimpin oleh Masakazu Fujii dan menggandeng Mike Di Meglio, Josh Hook dan Gino Rea sebagai rider mereka ini menjadi satu-satunya tim EWC terkemuka yang mendapatkan dua podium di seri tahun ini. Di klasemen sementara, tim ini memulai Suzuka 8 Hours dengan Honda CBR 1000RR-R-nya 15 poin di belakang Yoshimura SERT Motul yang jadi juara bertahan tim FIM EWC. F.C.C. TSR Honda France bertekad untuk merampungkan putaran ketiga di posisi teratas.

“Bersama Josh Hook, Gino Rea dan Mike Di Meglio, kami bertekad untuk menang” kata Fujii-san. “Konsentrasi yang dibutuhkan untuk memenangkan EWC saat ini ada di level MotoGP.”

Hook, rider asal Australia yang berpasangan dengan Di Meglio dan Rea di podium EWC 24 Heures Motos di Le Mans pada April lalu dan 24H SPA EWC Motos pada Juni ini melakukan sesi tes selama dua hari di Suzuka pada bulan lalu.

“Kami berharap agar bisa lebih kompetitif dari sebelumnya [dalam sesi tes] sehingga ada banyak hal yang harus kami lakukan, tapi kami menikmati prosesnya dan itu yang utama,” kata rider berusia 29 tahun ini. “Kami memanfaatkan dua hari uji coba dengan baik untuk berusaha mengembangkan motor sebagus mungkin untuk balapan. Mengembangkan motor di tempat balapan adalah target kami agar motornya bisa melaju kencang tapi bannya juga tetap stabil dalam kondisi panas. Kami senang melakukannya, kami hanya perlu terus berusaha.”

Honda telah menyokong 27 juara Suzuka 8 Hours dan tidak terkalahkan antara tahun 1997 hingga 2006. Saat ini Honda bertekad menjadi juara untuk pertama kalinya dalam delapan tahun terakhir ini ketika mereka juga bisa mengandalkan tim pabrikan HRC yang akan bertanding dengan F.C.C. TSR Honda Frace untuk meraih gelar juara.

Kazuhiko Yamano yang merupakan mantan manajer tim MotoGP ini memimpin HRC dengan menggaet Tetsuta Nagashima, Takumi Takahashi dan Iker Lecuona sebagai jajaran ridernya. “Kami memiliki staf MotoGP berpengalaman dan anggota baru yang akan mempelajari teknologi HRC ke dalam tim,” katanya.

Lecuona, rider asal Spanyol yang jadi bagian dari tim Honda di FIM Superbike World Championship dan sebelumnya berlaga di MotoGP ini baru memulai debutnya di Suzuka 8 Hours, sementara pasangan timnya, yaitu Takahashi sudah menyabet kemenangan pertama dari total tiga kemenangan di Suzuka 8 Hours pada 2010 lalu.

Sumber [ FIM EWC ]

Related post

Return Top