F.C.C. TSR Honda France Juara 24 Heures Motos 2020

  • 30/08/2020
  •  237 views

F.C.C. TSR Honda France Juara Le Mans 2020 honda france win 2020 - F.C.C. TSR Honda France Juara 24 Heures Motos 2020

Sang tim Honda Jepang sukses mengunci kemenangan kedua mereka di Le Mans. F.C.C. TSR Honda France raih juara pertama dan disusul oleh SRC Kawasaki France Trickstar dan Suzuki Endurance Racing Team. Saat ini SERT masih duduk di peringkat pertama klasemen.

Tiga tim pabrikan yang menggunakan tiga pabrikan ban berbeda berhasil berdiri di atas podium 24 Heures Motos 2020. F.C.C. TSR Honda France dengan ban Bridgestone sukses membawa pulang piala utama berkat kerja keras ketiga ridernya, yakni Josh Hook, Freddy Foray dan Mike di Meglio.

Webike SRC Kawasaki France Trickstar yang memulai balapan perdananya dengan ban Michelin mampu mengamankan posisi kedua berkat Jérémy Guarnoni, Erwan Nigon dan David Checa. Mereka finish satu lap lebih cepat dari Suzuki Endurance Racing Team (Etienne Masson, Gregg Black dan Xavier Simeon) yang disokong oleh Dunlop.

Akibat terjatuh di awal balapan, YART Yamaha (Bridgestone) tak patah arang dan terus mengejar ketertinggalannya. Karel Hanika, Marvin Fritz dan Niccolò Canepa sanggup mengakhiri balapan di posisi ke-4 dengan jeda lima lap dari sang juara.

BMW Motorrad World Endurance Team menguasai posisi ke-5 sebelum Ilya Mykhalchyk terjatuh jelang akhir balapan. Tim pabrikan BMW ini tidak bisa melewati garis finish sehingga harus pulang dengan tangan kosong. Hal ini memberikan kesempatan bagi F.C.C. TSR Honda France untuk menggantikan posisi mereka di urutan ke-2 dalam klasemen.

Selain itu, tragedi yang menimpa BMW turut memberikan keuntungan bagi VRD Igol Pierret Experiences yang akhirnya finish di posisi ke-5 di hadapan 3ART Best of Bike dan Wójcik Racing Team – pemenang EWC Dunlop Independent Trophy.

Balapan yang luar biasa
Le Mans 2020 adalah balapan yang sangat seru nan menegangkan. Kondisi trek yang terus berubah akibat hujan yang turun sesuka hati membuat seluruh tim berada di bawah tekanan yang luar biasa selama 24 jam non-stop. Gerimis yang turun di jam-jam terakhir balapan memaksa banyak tim untuk mengubah strategi ban. Trek yang licin membuat Suzuki Endurance Racing Team kehilangan posisi ke-2 ketika waktu finish tinggal dua jam lagi. Sebuah insiden membuat mereka harus merelakan posisi kepada Webike SRC Kawasaki France Trickstar.

Hasil balapan ini juga membuat pertarungan di kancah konstruktor FIM Endurance Championship semakin terbuka lebar. Lima dari enam tim pabrikan mendominasi peringkat atas klasemen sebelum balapan terakhir di 12 Hours of Estoril diadakan pada Sabtu, 26 September mendatang. Sayangnya Ducati jadi satu-satunya tim pabrikan yang kurang beruntung walau penampilan mereka sangat menjanjikan di sepanjang akhir pekan ini. Tim yang bermarkas di Jerman ini sudah mengerahkan seluruh tenaganya untuk menembus posisi teratas, namun kemalangan menimpa bertubi-tubi di antaranya kehabisan bahan bakar, terjatuh lebih dari sekali, motor mengalami masalah teknis, hingga akhirnya mereka memutuskan untuk mundur subuh tadi karena masalah pada piranti elektronik.

Kemenangan BMW di kelas Superstock oleh GERT56 by GS Yuasa
GERT56 by GS Yuasa adalah tim BMW pertama yang memenangkan pertandingan di kelas Superstock usai menjalani balapan tanpa halangan dengan rider Stefan Kerschbaumer, Lucy Glöckner dan Toni Finsterbusch. Mereka berhasil menahan gempuran No Limits Motor Team dan Moto Ain sehingga selisih poin dalam klasemen FIM Superstock World Cup kian sempit. Moto Ain, yang mampu meraih podium setelah menghadapi berbagai macam masalah, masih berstatus pimpinan klasemen.

Sayangnya, BMRT 3D Maxxess Nevers dan Wójcik Racing Team harus pulang lebih awal akibat serangkaian insiden.

Anthony Delhalle EWC Spirit Trophy dianugerahkan kepada Aprilia Le Mans 2 Roues
Aprilia Le Mans 2 Roues, tim lokal yang biasa mengikuti 24 Heures Motos dan satu-satunya tim yang bermotor Aprilia, mendapat penghargaan Anthony Delhalle EWC Spirit Trophy. Setelah Nelson Major terjatuh, duo Eddy Dupuy dan Marco Boué mengerahkan segalanya agar tim mereka tetap membalap. Motor Aprilia #15 berhasil melintasi garis finish di urutan ke-27 usai Nelson Major kembali ke lintasan. Kegigihan mereka pun diganjar oleh trofi spesial yang dibuat untuk menghormati almarhum Anthony Delhalle.

Dengan berakhirnya balapan tahun 2020 yang diadakan tanpa penonton, ACO selaku penyelenggara bersama promotor resmi FIM EWC Eurosport Events mengumumkan jadwal balapan Le Mans tahun depan. 24 Heures Motos ke-44 akan diadakan pada 17 dan 18 April 2021.

24 Heures Motos 2020 – Hasil balapan

Sumber [ FIM EWC ]

Related post

Return Top