Honda CBX1000 Hasil Modifikasi REMOTION Japan Custom Culture
- 09/08/2022
901 views
Japan Custom Culture
CBX1000 Buatan REMOTION
CBX1000 ini menggunakan mesin 6 silinder inline, yaitu jenis mesin langka yang jarang digunakan dalam sejarah motor. Remotion yang dikenal karena motor custom CBX-nya ini, mengembangkan mesin tersebut. Tampilan motor ini terinspirasi dari gaya cafe racer yang ada di kancah motor custom luar negeri. Jok single, shock depan inverted dan swingarm kantilever memberikan sentuhan modern sports, sedangkan velg jari-jarinya memberikan tampilan retro.
Sasis motor ini pada dasarnya adalah transplantasi dari Ducati 1098. Bracket yang menopang shock depan merupakan produk yang dibuat khusus oleh REMOTION. Rangka jok motor ini dibuat kembali, begitu juga dengan mounting shock belakang untuk menopang swingarm kantilever ekstra tebal. Jok single juga dibuat baru.
Velg depan dan belakangnya kompatibel dengan KINEO Ducati, tapi belum ada motor CBX yang menggunakan velg KINEO ini, bahkan pada motor custom buatan REMOTION, sehingga penentuan posisi detailnya dilakukan dengan mencocokkan velg tersebut dengan velg bawaan motor. Knalpot 6-6 khas yang digunakan di motor ini juga produk yang dibuat khusus oleh REMOTION. Karburatornya juga dioverhaul dan diatur ulang untuk mencapai efisiensi pembakaran yang tepat.
Intake & Knalpot
REMOTION menjual knalpot stainless steel 6-6 di pasaran, tapi knalpot yang dipakai di motor ini adalah produk khusus yang seluruhnya terbuat dari titanium.
Sudut knalpot menjadi perhatian khusus pemilik motor ini dan ia sangat ingin sudut knalpotnya tidak dipindah. Namun, ternyata sudut knalpot tersebut terhalangi oleh mounting standar samping. Oleh karena itu, mounting standar samping dan link receiving shock belakang dilepas dan diperhalus. Bracket standar samping khusus dipindahkan ke sisi mesin dan standar samping Ducati 1098 dipasang.
Stang
Stang jepit yang digunakan adalah produk ZETA dan spedoometer digitalnya dari KOSO. Perpaduan keduanya menciptakan sistem kendali yang simple.
Sasis
Shock depan dan bagian depan lain yang digunakan motor ini pada dasarnya adalah sparepart Ducati 1098, tapi bracket yang dipakai di CBX1000 ini dibuat khusus oleh REMOTION untuk mengoptimalkan postur body motor dan menambah panjangnya.
Motor ini menggunakan tangki bawaannya. Awalnya, pemilik CBX1000 ini ingin menghilangkan catnya dan membuat tangki tersebut berwarna base metal polos, tapi karena mudah berkarat, tangkinya dicat dengan warna yang mendekati warna base metal untuk memberikan tekstur logam.
Mounting shock belakang harus dibuat baru dan joknya dibuat khusus agar sesuai dengan rangka joknya untuk memberikan tampilan café racer. Pengkabelan juga dimodifikasi dengan rapi.
Velg KINEO dan swingarm Ducati 1098 dipasang di bagian belakang. Kedua produk tersebut tentu tidak dipasang plug and play ke rantai CBX1000 ini, sehingga REMOTION membuat beberapa modifikasi kecil.
Galeri
Spesifikasi
Part | Detail |
---|---|
Knalpot | Knalpot Full System 6-6 (One-off) Remotion |
Rangka | Swingarm Ducati 1098 |
Pengereman | Kaliper Rem Brembo P4 Piringan Cakram Rem Brembo |
Velg | (Depan) Kineo 3.50-17 (Belakang) Kineo 6.00-17 |
Shock | Shock Depan Ducati 1098 Shock Belakang Ohlins |
Stang | Bracket (One-off) Remotion Stang Pilot ZETA |
Jok | Jok (One-off) Remotion |
Kelistrikan | Regulator Remotion Speedometer Digital KOSO |