Honda Rebel 1100 Bakal Pakai Mesin Africa Twin?

  • 13/03/2020
  •  423 views

Honda Rebel 1100 honda rebel 1100 - Honda Rebel 1100 Bakal Pakai Mesin Africa Twin?

Honda Rebel dikenal sebagai motor untuk pemula. Dengan jok yang rendah, bobot yang ringan, dan mesin yang mudah dikontrol membuat Rebel menjadi andalan bagi rider newbie selama 35 tahun. Motor unggulan yang pamornya tak pernah redup ini masuk dalam beberapa daftar tahunan mulai dari motor street ringan, motor yang terjangkau hingga motor cruiser pemula. Walau begitu, sulit untuk mengembangkan performa Honda Rebel saat bobber kecil ini hanya memiliki kapasitas maksimum 500 cc. Mungkin pendapat ini akan berubah jika Honda dapat memanfaatkan mesin 1.084cc dari Africa Twin 2020 untuk menciptakan Rebel 1100.

Sebuah artikel di majalah Young Machine edisi April 2020 memuat rumor tentang pengembangan Rebel 1100. Walaupun saat ini masih menjadi rumor, jika benar Rebel dengan kapasitas lebih besar benar dibuat tentunya bisa menggemparkan pasar otomotif. Saat ini Sportster dan Scout mendominasi segmen cruiser ukuran sedang, dan kemunculan Honda Rebel berkapasitas lebih besar ini mungkin bisa memberikan persaingan sehat di segmen tersebut. Ditambah lagi dengan tampilan motor, seperti yang terlihat dari gambar 3D di atas, memakai cowl lampu depan dan body berwarna hitam dengan corak kuningan atau gold yang mirip Dyna Low Rider S dan Softail Low Rider S.

[Baca Juga]
Detail dan Spesifikasi Honda Rebel 250 dan Rebel 250 S Edition 2020 Terbaru

Mesin Africa Twin terbaru yang sudah memenuhi regulasi emisi Euro5 mampu menyemburkan tenaga 101 hp dan torsi 104 Nm. Jika Honda mencangkok parallel-twin dari CRF1100L, mungkin motor ini bisa menyaingi motor produksi Harley-Davidson dan Indian Motorcycles. Terlepas dari Honda memodifikasi ulang mesin Africa Twin untuk Rebel atau tidak, tapi jika model ini benar-benar diproduksi, kita bisa memperkirakan motor ini menggunakan DCT (Dual-Clutch Transmission) selain varian MT (Manual Transmission) standar.

Meskipun prospek Rebel berperforma lebih tinggi sangat menarik, namun ini bukan pertama kalinya Honda mengisyaratkan untuk memaksa mesin motor adventure dimasukkan ke dalam rangka trellis Rebel. Majalah Young Machine edisi Juni 2018 lalu pernah berspekulasi tentang kemungkinan munculnya Rebel 1100, tapi mesin dari Africa Twin generasi sebelumnya belum pernah berhasil disematkan pada jajaran motor cruiser Honda.

Kita harus menunggu pengumuman dari Honda tentang daftar motor yang akan keluar pada tahun 2021 nanti sebelum kita menerima konfirmasi tentang Rebel 1100. Untuk saat ini, kita hanya bisa berharap pabrikan berlambang sayap mengepak ini bisa membuat Rebel tumbuh dengan kapasitas yang lebih besar.

[Baca Juga]
3 Motor Honda Sport Naked cc Besar Terbaru Awal Tahun 2020

Sumber [ RideApart ]

Related post

Return Top