Balapan ketahanan menghadirkan salah satu lingkungan yang paling menantang bagi para rider dan tim di mana setiap komponen motor harus dirancang untuk performa dan keandalan maksimum.
Sejak dimulainya rekanan yang sukses dengan FIM Endurance World Championship dan promotor Warner Bros. Discovery Sports sejak 2016, Dunlop telah menjadi rekan bagi para juara Formula EWC dan pada 2022 menjadi pemasok ban eksklusif untuk FIM Endurance World Cup yang sangat kompetitif dan berbasis Superstock.
Wim Van Achter adalah Manajer Motorsport Dunlop Eropa dan berikut ini adalah pendapatnya tentang keterlibatan Dunlop di EWC.
Dunlop telah menjadi pemasok ban eksklusif untuk kategori Superstock sejak 2022 dan memasok beberapa tim Formula EWC setiap tahunnya. Bagaimana Dunlop mengelola pasokan dan performa ban di kedua kategori tersebut sepanjang musim?
“Kecuali balapan flyaway di Suzuka, Dunlop memasok ban untuk beberapa tim Formula EWC di setiap putaran musim ini, ditambah dengan semua tim di Superstock yang berkisar antara 23 hingga 31 motor. Ini berarti bahwa untuk setiap ronde di Eropa, kami membawa setidaknya 3.000 ban untuk melayani antara 25 hingga 35 motor di grid. Dalam kategori Superstock, sebagai pemasok ban eksklusif, kami dapat menunjukkan konsistensi dan keandalan ban kami di semua kondisi. Kemudian, ketika ada kompetisi ban terbuka di Formula EWC, ini adalah kesempatan untuk membuktikan performa kami dalam lingkungan yang kompetitif. Secara logistik, hal ini bisa sangat rumit, tetapi kami beruntung memiliki tim teknisi pendukung lintasan yang berpengalaman di setiap balapan untuk membantu tim dalam menyusun strategi dan memaksimalkan penggunaan ban mereka.”
Seberapa penting rekanan Dunlop dengan FIM Endurance World Championship, khususnya di kategori Superstock yang eksklusif untuk Dunlop?
“Keterlibatan kami di EWC merupakan bagian penting dari strategi motorsport Dunlop di Eropa yang menyediakan ajang pembuktian yang kuat untuk ban kami. Dalam balap ketahanan, performa, konsistensi dan daya tahan adalah segalanya. Kategori Dunlop Superstock, khususnya, menampilkan yang terbaik dari pengembangan produk kami karena motor-motor ini lebih mirip dengan model produksi. Hal ini memungkinkan kami untuk menunjukkan bagaimana kinerja ban seri KR kami yang telah terbukti di arena balap dalam kondisi yang sesungguhnya. Pelajaran yang kami ambil dari lintasan langsung kami terapkan dalam pengembangan ban hypersport road kami, seperti SportSmart TT dan SportSmart mk4 yang baru. Jadi bisa dikatakan, semua ban kami telah diuji oleh para juara balapan termasuk juara di EWC.”
Apa saja tantangan unik dalam mengembangkan ban untuk balapan 24 jam EWC, 24 Heures Motos di Le Mans dan Bol d’Or?
“Balapan ketahanan adalah salah satu lingkungan yang paling menuntut untuk pengembangan ban. Kami harus memastikan bahan yang kami bawa ke setiap balapan dapat bekerja di berbagai kondisi: siang dan malam, basah dan kering, dan di berbagai suhu lintasan. Tekanan pada ban sangat besar, terutama selama balapan yang berlangsung lama di mana konsistensi sangat penting. Bagi kami, ini adalah tentang menemukan keseimbangan yang sempurna antara daya tahan, cengkeraman, stabilitas dan kecepatan. Mengembangkan ban yang memiliki performa konsisten selama berjam-jam adalah tantangan yang kami hadapi dan itulah yang membedakan Dunlop.”
Ban Dunlop telah memberikan banyak aksi hebat di lintasan balap di EWC akhir-akhir ini. Apakah ada momen tertentu yang paling menonjol bagi Anda dari beberapa musim terakhir ini?
“Ada beberapa momen yang menonjol. Yang terbaru, tim KM99 naik podium di Bol d’Or tahun ini benar-benar istimewa. Dunlop telah membangun hubungan yang kuat dengan tim ini, jadi melihat Randy de Puniet, Jérémy Guarnoni dan Florian Marino naik podium di tahun kedua kompetisi ini sangatlah spesial. Tidak hanya menunjukkan kemampuan dan tekad yang luar biasa dari para rider, namun juga konsistensi dan performa ban Dunlop selama balapan 24 jam yang penuh tantangan. Berbagi podium dengan mereka adalah sesuatu yang tidak akan pernah saya lupakan. BMW Motorrad World Endurance Team juga telah memberikan penampilan luar biasa di Bol d’Or dalam beberapa tahun terakhir dengan meraih posisi terdepan selama tiga tahun berturut-turut pada musim 2024. Kemenangan dramatis tim secara keseluruhan di Spa 2022 adalah momen tak terlupakan lainnya, menggarisbawahi kecepatan dan keandalan Dunlop yang luar biasa di lintasan-lintasan terberat di dunia.”
Apa langkah selanjutnya untuk Dunlop di FIM Endurance World Championship? Apakah ada inovasi atau target untuk musim 2025?
“Setiap tahun, kami terus menyempurnakan proses pengembangan ban kami untuk memenuhi tuntutan balapan ketahanan di level yang lebih tinggi. Kami berdedikasi untuk meningkatkan performa di bawah kondisi ekstrim yang mendefinisikan balapan ketahanan; baik itu waktu balapan yang lebih lama, suhu lintasan yang berfluktuasi, atau kondisi cuaca yang menantang. Pengetahuan yang kami dapatkan dari berkompetisi di EWC, dikombinasikan dengan suplai eksklusif Dunlop untuk semua kelas Campionato Italiano Velocità (CIV), dan kesuksesan kami di kelas SBK Campeonato de España de Superbike (ESBK) – membantu mendorong inovasi ini. Tujuan utama kami adalah meraih kesuksesan yang lebih besar lagi di kategori Formula EWC. Melihat para tim dan rider bisa menjadi juara Formula EWC dan Superstock dengan ban Dunlop akan menjadi pencapaian terbesar kami dan merupakan pengakuan nyata atas dedikasi dan kerja keras yang diberikan Dunlop di setiap balapan.”
Sumber [ FIM EWC ]