Cara Memasang USB Charger di Motor, Perlengkapan Wajib Saat Berkendara

Saat ini, USB charger merupakan salah satu kebutuhan mendasar yang wajib hadir di motor Anda. USB charger sangat berguna untuk mengisi daya gadget atau smartphone Anda selama di perjalanan, terutama jika Anda ingin berkendara jarak jauh. Di artikel ini, kami akan membahas bagaimana cara memasang USB charger di motor. Caranya mudah, namun pengetahuan mengenai peralatan dan kelistrikan akan lebih membantu. Yuk, simak bagaimana cara memasangnya.

1. Multi-bar USB Power Charger Daytona dan Skun Tipe Y

Tutorial ini akan membahas pemasangan USB charger multi-bar keluaran Daytona pada motor Yamaha Serow 250. USB charger ini khusus untuk pemasangan pada klem stang tipe pendek dan rendah (lebar 100 mm). Memiliki output 5V/2,1A, USB charger ini bisa dimanfaatkan untuk charge smartphone Anda. Agar tetap menjaga bobot dan keseimbangan motor off-road Serow 250, tempatkanlah USB charger di tengah-tengah klem stang.

 

 

Produk ini memiliki built-in USB terminal yang dikhususkan untuk stang berdiameter 22,2 mm. Karena klem stang untuk menempatkan gadget atau smartphone digabung menjadi satu dengan USB charger tersebut, maka hasilnya akan terlihat rapih dan tidak awut-awutan di area stang.

 

 

 

 

Selain itu, terdapat pula skun tipe y (flat) yang berguna untuk penyambungan kabel. Dengan membuat percabangan menggunakan skun ini, listrik yang mengalir ke bagain kelistrikan lainnya seperti klakson dapat pula disalurkan ke USB charger ketika motor dihidupkan. Anda dapat menggunakan kabel konektor atau skun Anda sendiri, tapi untuk menghemat waktu dan tenaga, disarankan untuk menggunakan skun keluaran Amon ini.

2. Sambungkan bodi USB charger multi-bar dan cek tegangannya

Seperti halnya perangkat lainnya, pertama-tama tempatkan USB charger di lokasi pemasangan yang diinginkan dan sambungkan kabelnya. Bodi utama perangkat USB charger ditempatkan di klem stang dan kabelnya disambungkan melalui klakson di sisi kanan motor. Jika Anda berhasil menyambungkannya, gunakan tester untuk mengetes apakah aliran listrik dapat mengalir dari skun yang terdapat di klakson.

 

 

 

Atur rotary switch pada tester ke angka 12V atau lebih (tester yang digunakan berada di posisi DCV 15), lalu tempelkan kabel merah plus (+) ke skun yang terdapat di klakson dan tempelkan kabel hitam minus (-) ke bodi motor yang berbahan logam. Anda bisa lanjut ke tahap berikutnya jika kunci kontak on dan tegangannya berada di kisaran angka 12V atau lebih.

Kabel USB charger multi-bar ini dilengkapi dengan skun bulat plus (+) dan minus (-). Kabel tersebut harus terhubung ke aki menggunakan sekring yang berguna sebagai pengaman yang akan memutus arus listrik jika terjadi kelebihan beban arus listrik yang melewatinya.

3. Masukkan skun tipe y ke skun klakson dan cek alirannya

Jika tegangan sudah oke, langkah berikutnya adalah penyambungan kabel. Pertama-tama, copot skun minus atau skun gepeng pada aki untuk mencegah terjadinya arus pendek selama pengoperasian. Lalu, masukkan skun tipe y ke dalam skun klakson (gambar kanan). Cubit skun female dengan jari tangan kiri Anda.

 

 

 

Anda harus menyambungkan skun male USB charger multi-bar ke skun female ini. Namun, kabel tidak dapat terhubung karena skun masih berupa tipe bulat sehingga Anda perlu memotongnya dan menggantinya dengan skun gepeng. Pastikan Anda menyiapkan tang. Ada 4 tahapan yang diperlukan untuk memotong dan mengganti skun tersebut. Berikut ini adalah 4 tahapan tersebut.

 

 

 

① Kupas kabel dan pilin sehingga kabel tidak berantakan. Masukkan juga cover pelindung berbahan plastik transparan.
② Pastikan kabel sudah terpilin dengan rapih dan masukkan ke dalam skun gepeng male.
③ Gunakan tang crimping pada skun tersebut
④ Posisikan cover pelindung di atas skun yang sudah terpasang

Masukkan skun gepeng male pada USB charger yang sudah diganti tersebut ke skun gepeng female. Pastikan cover pelindung melekat dengan pas di atas kedua skun tersebut untuk melindunginya dari debu dan hujan.

 

 

 

 

 

 

Berikutnya, pasang skun bulat minus USB charger multi-bar. Mari kita pasang dekat klakson.
① Pasang kembali skun bulat minus aki yang tadi dilepaskan
② Sambungkan piranti yang ingin Anda gunakan, seperti smartphone, ke USB charger multi-bar
③ Nyalakan kontak, tempelkan skun minus USB charger multi-bar ke beberapa baut motor dan cek apakah piranti tersebut terisi dayanya. Rekatkan baut tersebut dengan skun minus USB charger multi-bar

 

Tidak semua baut pada motor dialiri listrik. Pastikan Anda memilih baut yang terus menerus dialiri oleh listrik.

 

Kami menempelkan skun bulat minus USB charger multi-bar dengan baut 8mm yang digunakan untuk mengencangkan document case pada Serow 250. Aliran listriknya bagus dan tidak menghalangi apapun karena letaknya yang jauh di belakang.

 

 

 

 

 

Kabel USB charger biasanya berukuran panjang dan kadang-kadang perlu dipotong agar tidak mengganggu. Kali ini, kami mencermatinya dengan menggulung dan menyimpannya di document case. Atau, Anda dapat mengikat kabel USB charger dengan kabel ties atau semacamnya agar tidak mengganggu saat Anda berkendara.

Selesai. Bagaimana menurut Anda? Pada dasarnya, tahapan-tahapan tersebut sama seperti jika Anda ingin memasang piranti listrik lainnya, seperti grip heater. Anda juga perlu menyiapkan tang dan tester. Kini, Anda tak perlu khawatir baterai smartphone Anda habis di tengah jalan. Langsung saja charge dengan USB charger ini dan nikmati perjalanan Anda!

 

Sumber [ Bike Life Lab (Artikel Asli dalam Bahasa Jepang) ]

wid_staff

Share
Published by
wid_staff

Recent Posts

Moriwaki Luncurkan Knalpot Performa Tertinggi Blade di Tokyo Motorcycle Show 2024

Moriwaki, salah satu produsen ternama asal Jepang, telah mengembangkan knalpot seri terbaru yang dinamakan Blade.…

9 hours ago

Vietti-Ramus Ingin Kembali ke EWC Walau Jalani Le Mans Penuh Drama

Doriano Vietti-Ramus membuka diri untuk kembali mengikuti ajang FIM Endurance World Championship walau membalap di…

10 hours ago

Modifikasi Honda CBR250RR dengan Knalpot AKRAPOVIC Japan Custom Culture

Honda CBR250RR yang satu ini dimodifikasi dengan Knalpot Slip-on Line dari AKRAPOVIC yang memiliki suara…

1 day ago

Pérez Tak Sabar Kembali Berlaga di EWC Pasca Jalani Balapan Terberat di Dunia

Mika Pérez tidak ingin perjalanannya di FIM Endurance World Championship bersama Team Players hanya berlangsung…

2 days ago

Modifikasi Honda Grom Riding Nyaman Pakai Part Premium

Modifikasi Honda Grom (MSX125) ini dilakukan oleh salah satu anggota komunitas Webike bernama Seaside106. Honda…

2 days ago

Wójcik Siap Hadapi Spa Setelah Aksi Heroiknya di Le Mans EWC

Wójcik Racing Team akan memulai balapan perdana 8 Hours of Spa Motos di Belgia bulan…

2 days ago