GSX-R750 Custom by M-TECH Japan Custom Culture

Japan Custom Culture

Ini adalah seri artikel JCC atau Japan Custom Culture yang ditulis oleh Webike Japan. Sudah tidak diragukan lagi kalau dunia modifikasi sepeda motor sudah membudaya di Jepang. Melalui artikel-artikel ini, kami memberikan Anda kesempatan untuk mengulik lebih dalam hasil modifikasi keren baik dari penggiat modifikasi atau pabrikan ternama di Jepang yang mungkin dapat menginspirasi Anda untuk berkarya.

GSX-R750 custom by M-TECH

Framenya dibersihkan sampai kesudut-sudutnya dan body luar dicat semua sampai ke mesinnya juga dicoating warna gunmetal. Dalam dua tahun terakhir, banyak sparepart original OEM untuk model-model Suzuki GSX-R yang discontinue atau tidak keluar lagi dan harga sparepart yang masih bisa dipesan melambung tinggi. Makanya, yuk buruan kalau ingin modif motor GSX-R bisa sekarang mumpung masih dijual sparepart aslinya.

Ketika stang jepit bawaan dibuat lebih naik, jadi bentrok dengan baut klem atas. Untuk mengatasinya, satu bracket offset dibuat dengan memindahkan bagian split bracket atasnya jadi 45 derajat lebih masuk ke dalam. Part pengukuran seperti speedometer dan tachometer diganti ke tipe elektrik agar sesuai dengan spek baru mesinnya. Komponen-kompenen ini dipindahkan dari bracket atas ke bracket cowl untuk mengurangi bobot dan insersia di sekitar stang dan membuatnya gampang dikendalikan. Agar keseimbangan motor tetap terjaga, swingarmnya tetap pakai yang asli, tapi as roda depan belakang dan pivotnya diganti ke merk M-TECH.

Stang

Spionnya datang dari Magical Racing yang seri Racer Replica Type-2 dan master rem depan Brembo. Speedometernya dipindahkan ke bracket cowl depan dari bracket stang atas untuk mengurangi inersia. Bodynya masih sama seperti aslinya.

Tachometer mesin diganti dengan STACK ST200 elektrik agar lebih responsif ke settingan baru mesin. Tak lupa ditambahkan pula Meter PRO-GRESS YOSHIMURA dan stabilizer stang Ohlins.

Bodywork

Joknya dirancang ulang agar lebih nyaman dan mapan. Single seatnya adalah part OEM.

Mesin

Mesinnya sudah dioverhaul dan diupgrade sampai 815cc berkat piston forging 73mm dari M-TECH original. Finishing WPC dan coating DLC dibalurkan di part dalaman untuk mengurangi resistensi agar mesin lebih awet. Tensioner ketengnya dari M-TECH. Finishing cat gun metalnya juga original dari builder yang sama dengan asli bawaannya.

Karburator TMR-MJN 40mm dari YOSHIMURA.

Rangka

Footstep racingnya pakai dari Woodstock.

Shock depan memakai USD Ohlins. As roda buatan M-TECH. Kaliper depan seri Brembo axial dengan cakram tebal.

Di rem belakang, receiver tiang torsi dibuat khusus dan dilas ke bracket kaliper OEM GSX-R1000 yang seri oil cooler pertama. Cakramnya menggunakan seri floating dan knalpot full system titanium layout 4-2-1 M-TECH.

Swingarm aslinya dipoles, tapi as roda dan pivotnya diganti ke M-TECH. Shock belakang dari Ohlins. Velgnya Gale Speed Type R ukuran depan 3.50-17 dan belakang 5.50-17.

Galeri

Spek

Part Detail
Mesin Piston Forging 73mm M-TECH
Tensioner Keteng M-TECH
Cat Finishing Gun Kote M-TECH
Karburator Karburator TMR-MJN 40mm YOSHIMURA
Knalpot Knalpot Full System M-TECH
Rangka As Pivot Chromoly M-TECH
Rem Master Rem Radial BREMBO
Kaliper Axial CNC 40mm BREMBO
Set Disc Super Sport Brembo
Disc Belakang Advantage M-TECH
Velg As Roda Depan Chromoly M-TECH
As Roda Belakang Chromoly M-TECH
Velg Aluminium Forging TYPE R GALE SPEED
Suspensi Shock Depan USD FG 43R&T Ohlins
Shock Belakang S46HR1C1 Ohlins
Rearset Footstep Racing Woodstock
Stang Spion Replica TYPE-2 Magical Racing
Segitiga Atas One-Off M-TECH
Tachometer ST200 Clubman STACK
Temp / Volt Meter PRO-GRESS1 YOSHIMURA
Stabilizer Stang Ohlins
Jok Jok One-Off M-TECH

wid_staff

Recent Posts

Modifikasi Z900RS dengan Subframe ACTIVE Japan Custom Culture

Kawasaki Z900RS ini dicustom dengan Subframe TYPE-2 dari ACTIVE yang membantu motor menjadi lebih stabil…

13 hours ago

Poin dan Potensi Team Étoile di EWC

Meski gagal menyelesaikan balapan perdananya di FIM Endurance World Championship, tim asal Jepang, Team Étoile,…

13 hours ago

Modifikasi Honda Monkey 50cc Tangki Hijau Japan Custom Culture

Honda Monkey 50cc ini dimodifikasi dengan Set Shock Depan 27mm dari SP Takegawa. Shock depan…

2 days ago

Team Aviobike by M2 Revo Janji Tampil Kuat di Spa

Team Aviobike by M2 Revo akan berusaha untuk menunjukkan potensi utuhnya di 8 Hours of…

2 days ago

Rider Jagoan Lambrechts Absen Karena Cedera, JMA Umumkan Trio Rider untuk Spa EWC

JMA Racing Action Bike telah mengumumkan tiga rider mereka untuk mengikuti 8 Hours of Spa…

2 days ago

Bincang Singkat EWC bersama Randy Krummenacher

Randy Krummenacher telah meraih banyak kesuksesan dalam kariernya, termasuk memenangkan FIM Supersport World Championship. Karir…

2 days ago