4 pabrikan utama serentak mengeluarkan motor spek Jepang untuk pertama kalinya dalam waktu 6 tahun
Yamaha mengumumkan perbahan model pada YZF-R1 pertengahan 2019 lalu sekaligus menginformasikan bahwa R1 akan mulai dipasarkan kembali di Jepang mulai Agustus ini.
YZF-R1 menjadi daya tarik di kategori ini dengan perombakan total dari model 2015-nya yang menyuguhkan tampilan racing. Ini adalah perombakan R1 pertama yang dilakukan dalam kurun waktu 6 tahun. Perombakan ini mengikuti regulasi lingkungan yang mulai diberlakukan di Eropa dan Jepang sejak tahun 2017. Sebagai hasilnya, 4 pabrikan utama asal Jepang mengeluarkan motor super sport mereka untuk pasar domestik sebagai motor dengan full power.
YZF-R1 yang kini merayakan hari jadi ke-20 tahun sejak awal peluncurannya ini mengikuti model sebelumnya dalam aspek rangka bodynya. Namun, mesin, eksterior dan sistem kontrol elektroniknya telah diperbarui. Throttle-nya yang dikendalikan secara elektronik dilengkapi dengan sensor di bagian grip-nya dan juga ada penambahan engine brake management dan brake control di mekanismenya. Kruk asnya bertipe cross-plane yang dibuat dengan riset menyeluruh untuk menghasilkan output maksimum 200 hp sekaligus mengikuti regulasi emisi paling baru. R1 tampil lebih agresif dan terdapat peningkatan sekitar 5% pada aerodynamic drag-nya.
YZF-R1M juga dikeluarkan sebagai versi high-end dari YZF-R1. Tersedia R1 standar dan R1M. Kedua motor “Yamaha Motorcycle Exclusive Model” spek Jepang dengan pembaruan model 2020 ini hanya dijual di YSP dan dealer tertentu.
Seperti keluaran 2015-2019, model 2020 juga dirancang dengan penekanan pada performa sirkuitnya. Bannya menggunakan Battlax Racing Street RS11 dari Bridgestone.
Yamaha YZF-R1 2020: Model baru dengan beribu potensi
Gayanya masih mengikuti R1 2019, namun kesan motor balap MotoGP YZR-M1 terasa lebih kental. Lampu depan dual LED dan lampu kabutnya juga baru.
Mesinnya menggunakan kepala silinder terbaru agar posisi throttle valve dan combustion chamber lebih didekatkan serta dilengkapi pula dengan mixed-flow injector di bagian belakang klep. Bentuk rocker arm-nya juga direvisi. Sistem lubrikasi dan pendinginnya juga telah ditingkatkan.
Susunan bodynya terdiri dari rangka delta box aluminium, rangka belakang magnesium, swingarm aluminium dan velg racing magnesium. Semuanya diwariskan dari model 2019.
Suspensi standarnya menggunakan suspensi depan belakang KYB (full adjustable) untuk R1 2020 dengan penyetelan optimal.
Fairing depan barunya didesain khusus untuk meningkatkan aerodinamisnya sehingga rider dapat berada sepenuhnya di balik fairing ketika membungkukkan badan. Rentang pencahayaan lampu depan saat low beam juga telah ditambah.
Panel meternya memakai layar LCD TFT 4,2 inci sama seperti model 2019, namun displaynya telah diubah dengan penambahan mekanisme kontrol elektronik untuk engine brake management dan brake control.
Yamaha YZF-R25M, Saingan Baru Kawasaki ZX-25R!
R1M dengan spek lebih tinggi dari R1
YZF-R1M versi high-end dari R1 ini memiliki body carbon, suspensi Ohlins, velg belakang ukuran khusus, tangki bahan bakar dan swingarm aluminium, dan fungsi data logger.
Suspensi Ohlins R1M dapat dikendalikan secara elektronik dan telah di-update. Shock depannya merupakan model baru dengan tabung gas berada di dekat bracket kaliper rem. Tekanan oleh gas mengurangi cavitation (terciptanya gelembung udara pada di dalam oli suspensi) dan berkontribusi pada gaya redaman yang stabil.
Fairing depan dan sampingnya menggunakan desain terbaru. Carbon pada R1M terbaru lebih mendominasi ketimbang model 2019.
Model 2020 dipasang dengan emblem bertuliskan nomor seri yang terletak di atas cover tangki bahan bakar. Terlihat sangat mewah.
Spesifikasi Yamaha YZF-R1 dan YZF-R1M 2020
Spesifikasi Yamaha YZF-R1 dan YZF-R1M 2020 ■ Panjang 2.055 mm, lebar 690 mm, tinggi 1.165 mm, jarak sumbu roda 1.405 mm, tinggi jok 855mm (tinggi jok R1M 860 mm). Berat 201 kg (R1M 202 kg). Sudut caster 24 derajat, trail 102 mm ■ Mesin 997 cc 4 katup DOHC 4 silinder segaris 4-tak berpendingin cairan. Bore x stroke: 79,0 x 50,9 mm, output maksimum 200 ps/13.500 rpm, torsi maksimum 11,5 kg-m/11.500 rpm, transmisi 6 percepatan tipe return, kapasitas tangki 17L ■ Rem depan = Cakram ganda, rem belakang = cakram ■ Ban depan = 120/70ZR17, ban belakang = 190/55ZR17 (R1M memakai ban belakang 200/55ZR17) ■ Harga: R1 2.365.000 Yen (sekitar 331 juta Rupiah) dan R1M 3.190.000 Yen (sekitar 446 juta Rupiah) ■ Warna: Blue Black (R1), Carbon (R1M) ■ Tanggal rilis di Jepang: 20 Agustus
◆Cek sparepart YZF-R1 di sini
◆Cek sparepart YZF-R1M di sini
Sumber [ Young Machine ]