Berita Seputar Motor | Webike Indonesia

Kawasaki Z1 Cafe Style by PMC Japan Custom Culture

Japan Custom Culture

Ini adalah seri artikel JCC atau Japan Custom Culture yang ditulis oleh Webike Japan. Sudah tidak diragukan lagi kalau dunia modifikasi sepeda motor sudah membudaya di Jepang. Melalui artikel-artikel ini, kami memberikan Anda kesempatan untuk mengulik lebih dalam hasil modifikasi keren baik dari penggiat modifikasi atau pabrikan ternama di Jepang yang mungkin dapat menginspirasi Anda untuk berkarya.

Kawasaki Z1 Custom by PMC

Di acara Tokyo Motorcycle Show 2022 bulan April lalu Webike datang berkunjung, dan kebetulan brand PMC, si spesialis Kawasaki jadul, sedang memamerkan hasil kreasi terbaru mereka yang berupa modifikasi Z1 Cafe Style.

Z1 menggunakan berbagai macam part yang dibuat khusus dengan spek superior sehingga bisa dengan mudah beradaptasi di medan jalanan, mulai dari jalanan perkotaan biasa hingga yang berangin dahsyat seperti dekat laut. Walau rangkanya tidak dibuat heavy duty, tapi tetap mumpuni.

Sebelumnya kami sudah pernah merilis artikel tentang modifikasi Z1B dari PMC di seri artikel JCC, tapi mungkin modifikasinya terlalu biasa bagi sebagian orang, jadi artikel ini cocok bagi yang memerlukan angin segar.

Mesin

Mesin sudah sepenuhnya dioverhaul oleh PMC, plus rumah kopling baru yang dibuat khusus. Silinder sudah dibubut ke kapasitas 930cc. PMC menggunakan set piston pengganti yang lebih praktis dan setting karburator yang tidak terlalu rumit.


Rasio kompresi dirancang menjadi 8.5:1, sama seperti bawaan asli Z. Mesin aslinya sudah diset ulang dengan mempertahankan karakteristiknya.

Intake & Exhaust


Knalpot megaphone high performance dikombinasikan dengan header knalpot second memperkuat tampilan ala superbike tahun 80-an.

Silencer megaphone diameter 120mm dengan bagian ujung tail cut memberikan kesan laras senapan yang powerful.

Karburatornya menggunakan CR31 spek racing yang terbuat dari aluminium CNC. Terkenal awet dan mudah dirawat, karbu ini juga memiliki potensi besar dalam meningkatkan akselerasi dan output mesin.

Rangka


Keseluruhan rangkanya diproses amplas sand blasting lalu dicat ulang sebelum dipanaskan di curing oven.


Lowering kit dipasang untuk memaksimalkan performa dinamis suspensi.


Shock depan spesial KYB36KZ biasa digunakan pada motor superbike tahun 70-an. Lebih kaku dari standar, tapi juga lebih ringan. Bagian as dan cover luarnya memiliki metal sliding untuk mengurangi gesekan.


Shock belakang YSS ini memiliki 2 sistem kompresi dalam kecepatan tinggi dan rendah, 1 sistem rebound, preload, dan setelan tinggi. Kapasitas tangki reservoir yang besar membuat proses pelepasan panas lebih baik.


Swingarm racing bulat berbahan besi dilengkapi dengan stabilizer agar lebih kokoh.


Velgnya menggunakan tipe cross jadul.


Velg dicat khusus dan ada logo PMC-nya.


Stangnya agak di luar dugaan, menurut kami lebih bagus kalau pakai tipe stang jepit seperti model cafe racer.


Stang berbahan stainless steel dengan finishing chrome mirror. Desainnya yang lebar sangat cocok untuk motor berkapasitas 750cc ke atas.


Dilengkapi dengan bosh billet PMC. Posisi footstep dibuat lebih mundur sekitar 135 mm dan lebih naik 65 mm dari bagian tengah permukaan karet footstep bawaan.

Body


Jok ini menggunakan bahan kulit sintetis berkualitas tinggi yang digunakan khusus untuk jok motor yang awet dan tahan terhadap cuaca. Plat joknya berbahan baja sama seperti bawaannya.


Keseluruhan motor dicat dengan pola dan bahan yang sama.


Walaupun bergaya Z1 Cafe, banyak elemen-elemen khas Asia yang ada di motor ini. Contohnya motif naga dan bagian aksen emasnya (emasnya murni lho! Kami tidak berani bayangkan semahal apa biaya catnya saja!).


Aura motor ini sangat kuat walau di foto tidak terlihat sangat wah. Jujur, motor ini adalah yang paling menarik perhatian kami di booth PMC hari itu.


Lampu belakang menggunakan model Kawasaki Z2.

Galeri

Spesifikasi

Part Detail
Mesin Full overhaul
Convertor kopling, klep, bosh klep, dan idler Z1000J
Kapasitas/Piston 930cc
Piston Kit Casting Z1 (67.0φ/1.0mm overize)
Knalpot PMC Knalpot full system LOUDEX
Karburator Karburator CR31 JB-POWER KEIHIN
Float Chamber Clear untuk Karbu CR PMC
High Throttle Kit TYPE-2 PMC
Ignition System DYNATEK DYNA2000 Extra Package
Selang Silikon untuk Pendingin Udara TAYLOR (135 derajat)
Rantai & Gear Set Rantai 110L dan Gear 530 Standar PMC
Frame Blasting, dicat dan diproses di urethane curing oven
Lowering Kit Z/KZ PMC
Swingarm Swingarm PMC
Shock Depan KYB36KZ PMC
Shock Belakang YSS S-II362 350mm (Per dicat powder coat khusus)
Roda Depan: SWORD MATRIX 2.75-18PMC
Belakang: PMC SWORD MATRIX
Rem Depan: Set Cakram 320mm dan CP2696 PMC
Radial Brake Master Cylinder Φ17.5
Belakang: Set Cakram Belakang 250mm dan CP2696 PMC
Stang Stang GP-Touring Stainless Steel PMC
Saklar Stang Kiri Tipe DRAFT OW PMC
Saklar Stang Kanan Tipe DRAFT OW PMC
Footstep Rearset Billet PMC
Set Master Belakang PMC
Jok Jok Tuck Roll PMC
Kelistrikan Set Kabel Body Z1/Z2 PMCt
IC Regulator MF Battery PMC
Lampu Sein Tipe Z2 PMC
Lampu Belakang Smoke Tipe Z2 PMC

Tentang PMC

Kalau urusan sparepart dan aksesoris custom khusus Kawasaki Z series, tidak ada yang lebih profesional dari PMC.

Pada 2019 PMC menggelar Festival West Japan Z Meeting yang ke-10 dan dihadiri oleh 4.000 owner motor Kawasaki Z series. Mereka pun juga sudah ikut serta acara akbar tahunan Tokyo Motorcycle Show sebanyak 7 kali di mana motor-motor keren hasil modifikasinya dipamerkan.

Misi mereka adalah untuk mewujudkan mimpi tiap rider pecinta motor. PMC sudah eksis selama 34 tahun berkat dukungan yang tak pernah putus dari para pemilik motor Kawasaki Z series.

Didirikan pada tahun 1988 dengan nama PRODUCT ‘M’ COMPANY

Exit mobile version