Modifikasi ER6n Cafe Racer oleh Batakastem Indonesia Custom Culture
- 30/04/2023
804 views
Modifikasi ER6n Cafe Racer oleh Batakastem Workshop
ER6n merupakan motor keluaran Kawasaki yang memiliki desain kokoh khas moge pada umumnya dengan kaki-kaki bongsor. Kawasaki ER6n dibekali mesin 2 silinder berkubikasi 650 cc yang menyuguhkan torsi besar. Untuk ukuran moge, perawatan motor ini cukup mudah dan ketersediaan komponennya juga mudah ditemukan. Hal ini membuat ER6n cukup diminati penyuka moge di Indonesia dan merupakan salah satu motor yang asyik dimodifikasi.
Kali ini, Webike berkesempatan untuk membahas mengenai modifikasi ER6n yang digarap oleh Batakastem Workshop. ER6n yang awalnya berupa motor sport naked, disulap menjadi cafe racer yang ciamik dengan ubahan pada body dan rangka yang diproduksi secara handmade oleh Batakastem.
Konsep modifikasi ER6n ini ialah Half Fairing Cafe Racer. Sang owner, Panji, ingin punya motor custom yang memang dibikin dari nol. Pertama kali bertemu dengan Batakastem, mereka membicarakan konsep lalu membahas lebih mendalam mengenai teknisnya. Sang owner memberikan referensi yang sudah komplit mau motor seperti apa, sudah melakukan riset dan sudah tahu apa yang ia mau.
Sang owner juga suka touring. Ia mengaku kalau murni motor sport, kurang mumpuni kalau dibawa touring. Muncullah ide mencampurkan konsep motor adventure dengan sport. Motor sport identik dengan racing, namun ia ingin motor sport yang nyaman untuk dibawa touring. Dalam proses pengerjaan, ada sedikit penambahan part penunjang dari desain awal yang sudah didiskusikan dan disetujui oleh sang owner. Penggarapannya memakan waktu kurang lebih 3-4 bulan.
Mari kita bahas spesifikasinya lebih detail!
Knalpot
Knalpotnya merupakan handmade by Batakastem under tail full system stainless steel yang berkonsep dari knalpot Toce. Kualitas suaranya juga adem di telinga.
Kaki-kaki
Shock depannya memakai copotan dari Ducati Multistrada yang notabene merupakan motor adventure spek dimensi lumayan tinggi dan panjang. Untuk velg dan swingarm, motor ini menggunakan velg dan swingarm dari motor sport Ducati 1098. Bisa dikatakan bahwa ER6n ini memakai kaki-kaki Ducati yang menjadikannya perpaduan antara motor keluaran Jepang dan Italia.
Di bagian pengeraman, cakram dan kaliper pakai brand Brembo dan Rizoma yang dari segi kualitas tidak perlu diragukan lagi. Ban depan belakang Pirelli Diablo Rain yang cocok untuk trek basah dan kering.
Rearsetnya pakai brand Bikers berbahan CNC yang diganti warnanya ke silver agar serasi dengan tampilan motor.
Bodywork
Tim Batakasterm tidak mengubah bagian wing frame. Mereka hanya mengubah bagian tengah, belakang sub frame menjadi lebih pendek agar lebih ergonomis. Bagian selanjutnya yang digarap ialah tangki, fairing, side panel, hornet, inner fender, skid plate, mudguard, spakbor depan dan shroud. Shroud ini merupakan penambahan khusus dari Batakastem agar tampilan motor layaknya motor pabrikan dengan body lengkap.
Ubahan pada tangki sedikit tricky. Tangki asli ER6n berbentuk menyerupai punuk unta yang lonjong ke atas, sedangkan dalam desain konsep customnya, tangkinya ini ramping seperti pada Ninja RR. Tutup tangkinya bertipe quick release dari Rizoma.
Usai tangki, lalu merambah ke bagian fairing. Inilah bagian tersulitnya. Pertama, mereka harus pastikan bentuk fairing proporsional dengan komstir dan stang. Fairingnya dibuat menjorok ke depan ala motor Eropa. Selanjutnya, harus dipastikan pula ruang gerak stang untuk berbelok sudah pas. Di bagian windshield, biasanya windshield memakai bahan akrilik, namun Batakastem memakai bahan aluminium. Memang tidak lumrah, namun menjadi senada. Selain windshield, juga banyak part aluminium lainnya yang dipasang di motor ini.
Mereka juga menambahkan beberapa aksen agar fairing tidak terkesan kosong, seperti penambahan emblem logo Jordan. Kutipan Michael Jordan “We All Fly” juga disematkan di winglet motor ini.
Ada lagi hal unik di bagian hornetnya. ER6n custom ini dibuat agar bisa berboncengan dengan membuka bagian hornet. Footstep belakangnya juga masih dipertahankan.
Kelistrikan
Lampu depannya memakai daymaker 7″ Stingray dengan lampu sein depan belakang tipe eagle eye yang lumayan terang khususnya di malam hari. Lampu belakangnya handmade by Batakastem.
Stang
Di bagian stangnya, memakai stang jepit aluminium adjustable. Spionnya merupakan spion jalu stang dari Rizoma yang berdesain simpel, kecil, namun visibilitasnya oke. Saklarnya handmade berbahan CNC berwarna silver agar serasi dengan area kemudi. ER6n ini juga dibekali dengan gas spontan CNC dari KTC.
Dari sisi pengereman, amatlah mumpuni dengan penggunaan handle rem RCS 19 Brembo dan selang rem Hel. Handle koplingnya pun diganti ke Accossato. Handgripnya datang dari Motogadget yang enak dan nyaman digenggam.
Finishing Warna Body
Sang owner suka warna elegan, tapi bosan kalau hanya hitam atau abu-abu gelap. Diputuskanlah warna merah, namun bukan merah yang mentereng melainkan merah yang elegan. Agar tidak monoton, ditambahkan warna abu-abu silver. Batakastem memakai brand Belkote untuk finishingnya.
Galeri
Spesifikasi
Part | Detail |
---|---|
Knalpot | Handmade Full System Stainless Steel 2-1-2 setup |
Rangka | Handmade Tubular Diamond Frame |
Bodywork | Handmade by Batakastem – Warna kombinasi Candy Red, Dark Grey dan Champagne Gold Winglet & Windshield Handmade Aluminium by Batakastem |
Tangki | Handmade – Injection Setup Tutup Tangki Rizoma |
Jok | Handmade Double Level + Premium Faux Leather |
Foot Control | Rearset Aluminium CNC Adjustable BIKERS |
Stang | Stang Jepit Aluminium Aftermarket Handgrip Motogadget Saklar Kanan-Kiri Motobox CNC Spion Rizoma |
Kelistrikan | Lampu Depan 7 inch Daymaker Stingray Lampu Belakang Handmade LED dengan casing by Batakastem Lampu Sein Eagle Eye LED |
Radiator | Radiator Volume Besar Aluminium |
Suspensi | Shock Depan Ohlins Ducati Multistrada Upside Down Shock Belakang Hyperpro |
Swingarm | Pro arm Ducati 1098 |
Rem | Handle Rem RCS 19 Brembo Selang Rem Hel |
Kopling | Handle Kopling Accossato |
Steering Damper | Steering Damper Adjustable Ohlins untuk Ducati |
Ban | Pirelli Diablo Rain 120/70-17 & 190/55-17 |
Profil Batakastem Workshop
Mau diskusi seputar modifikasi dan restorasi motor? Bisa langsung kontak Batakastem berikut
Instagram: https://www.instagram.com/batakastem_workshop/
WhatsApp: +6281385342550
Alamat: Jl Semangka 4 Blok L1/11 Pamulang, Tangerang Selatan, Banten 15417