Modifikasi ER6n Cafe Racer oleh Batakastem Indonesia Custom Culture

  • 30/04/2023
  •  804 views

Modifikasi ER6n modifikasi er6n 600x340 - Modifikasi ER6n Cafe Racer oleh Batakastem Indonesia Custom Culture

Modifikasi ER6n Cafe Racer oleh Batakastem Workshop

ER6n merupakan motor keluaran Kawasaki yang memiliki desain kokoh khas moge pada umumnya dengan kaki-kaki bongsor. Kawasaki ER6n dibekali mesin 2 silinder berkubikasi 650 cc yang menyuguhkan torsi besar. Untuk ukuran moge, perawatan motor ini cukup mudah dan ketersediaan komponennya juga mudah ditemukan. Hal ini membuat ER6n cukup diminati penyuka moge di Indonesia dan merupakan salah satu motor yang asyik dimodifikasi.

Kali ini, Webike berkesempatan untuk membahas mengenai modifikasi ER6n yang digarap oleh Batakastem Workshop. ER6n yang awalnya berupa motor sport naked, disulap menjadi cafe racer yang ciamik dengan ubahan pada body dan rangka yang diproduksi secara handmade oleh Batakastem.

ER6n Custom er6n custom - Modifikasi ER6n Cafe Racer oleh Batakastem Indonesia Custom Culture

Konsep modifikasi ER6n ini ialah Half Fairing Cafe Racer. Sang owner, Panji, ingin punya motor custom yang memang dibikin dari nol. Pertama kali bertemu dengan Batakastem, mereka membicarakan konsep lalu membahas lebih mendalam mengenai teknisnya. Sang owner memberikan referensi yang sudah komplit mau motor seperti apa, sudah melakukan riset dan sudah tahu apa yang ia mau.

Sang owner juga suka touring. Ia mengaku kalau murni motor sport, kurang mumpuni kalau dibawa touring. Muncullah ide mencampurkan konsep motor adventure dengan sport. Motor sport identik dengan racing, namun ia ingin motor sport yang nyaman untuk dibawa touring. Dalam proses pengerjaan, ada sedikit penambahan part penunjang dari desain awal yang sudah didiskusikan dan disetujui oleh sang owner. Penggarapannya memakan waktu kurang lebih 3-4 bulan.

Mari kita bahas spesifikasinya lebih detail!

Knalpot

Knalpot ER6n knalpot er6n - Modifikasi ER6n Cafe Racer oleh Batakastem Indonesia Custom Culture

Knalpotnya merupakan handmade by Batakastem under tail full system stainless steel yang berkonsep dari knalpot Toce. Kualitas suaranya juga adem di telinga.

Kaki-kaki

Shock Depan ER6n shock depan er6n - Modifikasi ER6n Cafe Racer oleh Batakastem Indonesia Custom Culture

Shock depannya memakai copotan dari Ducati Multistrada yang notabene merupakan motor adventure spek dimensi lumayan tinggi dan panjang. Untuk velg dan swingarm, motor ini menggunakan velg dan swingarm dari motor sport Ducati 1098. Bisa dikatakan bahwa ER6n ini memakai kaki-kaki Ducati yang menjadikannya perpaduan antara motor keluaran Jepang dan Italia.

Ban ER6n ban er6n - Modifikasi ER6n Cafe Racer oleh Batakastem Indonesia Custom Culture

Di bagian pengeraman, cakram dan kaliper pakai brand Brembo dan Rizoma yang dari segi kualitas tidak perlu diragukan lagi. Ban depan belakang Pirelli Diablo Rain yang cocok untuk trek basah dan kering.

Rearset ER6n rearset er6n - Modifikasi ER6n Cafe Racer oleh Batakastem Indonesia Custom Culture

Rearsetnya pakai brand Bikers berbahan CNC yang diganti warnanya ke silver agar serasi dengan tampilan motor.

Bodywork

Shroud ER6n shroud er6n - Modifikasi ER6n Cafe Racer oleh Batakastem Indonesia Custom Culture

Tim Batakasterm tidak mengubah bagian wing frame. Mereka hanya mengubah bagian tengah, belakang sub frame menjadi lebih pendek agar lebih ergonomis. Bagian selanjutnya yang digarap ialah tangki, fairing, side panel, hornet, inner fender, skid plate, mudguard, spakbor depan dan shroud. Shroud ini merupakan penambahan khusus dari Batakastem agar tampilan motor layaknya motor pabrikan dengan body lengkap.

Tangki ER6n tangki er6n - Modifikasi ER6n Cafe Racer oleh Batakastem Indonesia Custom Culture

Ubahan pada tangki sedikit tricky. Tangki asli ER6n berbentuk menyerupai punuk unta yang lonjong ke atas, sedangkan dalam desain konsep customnya, tangkinya ini ramping seperti pada Ninja RR. Tutup tangkinya bertipe quick release dari Rizoma.

Fairing ER6n fairing er6n - Modifikasi ER6n Cafe Racer oleh Batakastem Indonesia Custom Culture

Usai tangki, lalu merambah ke bagian fairing. Inilah bagian tersulitnya. Pertama, mereka harus pastikan bentuk fairing proporsional dengan komstir dan stang. Fairingnya dibuat menjorok ke depan ala motor Eropa. Selanjutnya, harus dipastikan pula ruang gerak stang untuk berbelok sudah pas. Di bagian windshield, biasanya windshield memakai bahan akrilik, namun Batakastem memakai bahan aluminium. Memang tidak lumrah, namun menjadi senada. Selain windshield, juga banyak part aluminium lainnya yang dipasang di motor ini.

Winglet ER6n winglet er6n - Modifikasi ER6n Cafe Racer oleh Batakastem Indonesia Custom Culture

Mereka juga menambahkan beberapa aksen agar fairing tidak terkesan kosong, seperti penambahan emblem logo Jordan. Kutipan Michael Jordan “We All Fly” juga disematkan di winglet motor ini.

Tail Cowl ER6n tail cowl er6n - Modifikasi ER6n Cafe Racer oleh Batakastem Indonesia Custom Culture

Ada lagi hal unik di bagian hornetnya. ER6n custom ini dibuat agar bisa berboncengan dengan membuka bagian hornet. Footstep belakangnya juga masih dipertahankan.

Kelistrikan

Lampu ER6n lampu er6n - Modifikasi ER6n Cafe Racer oleh Batakastem Indonesia Custom Culture

Lampu depannya memakai daymaker 7″ Stingray dengan lampu sein depan belakang tipe eagle eye yang lumayan terang khususnya di malam hari. Lampu belakangnya handmade by Batakastem.

Stang

Stang ER6n stang er6n - Modifikasi ER6n Cafe Racer oleh Batakastem Indonesia Custom Culture

Di bagian stangnya, memakai stang jepit aluminium adjustable. Spionnya merupakan spion jalu stang dari Rizoma yang berdesain simpel, kecil, namun visibilitasnya oke. Saklarnya handmade berbahan CNC berwarna silver agar serasi dengan area kemudi. ER6n ini juga dibekali dengan gas spontan CNC dari KTC.

Handle ER6n handle er6n - Modifikasi ER6n Cafe Racer oleh Batakastem Indonesia Custom Culture

Dari sisi pengereman, amatlah mumpuni dengan penggunaan handle rem RCS 19 Brembo dan selang rem Hel. Handle koplingnya pun diganti ke Accossato. Handgripnya datang dari Motogadget yang enak dan nyaman digenggam.

Finishing Warna Body

Bodywork ER6n bodywork er6n - Modifikasi ER6n Cafe Racer oleh Batakastem Indonesia Custom Culture

Sang owner suka warna elegan, tapi bosan kalau hanya hitam atau abu-abu gelap. Diputuskanlah warna merah, namun bukan merah yang mentereng melainkan merah yang elegan. Agar tidak monoton, ditambahkan warna abu-abu silver. Batakastem memakai brand Belkote untuk finishingnya.

Galeri

Spesifikasi

Part Detail
Knalpot Handmade Full System Stainless Steel 2-1-2 setup
Rangka Handmade Tubular Diamond Frame
Bodywork Handmade by Batakastem – Warna kombinasi Candy Red, Dark Grey dan Champagne Gold
Winglet & Windshield Handmade Aluminium by Batakastem
Tangki Handmade – Injection Setup
Tutup Tangki Rizoma
Jok Handmade Double Level + Premium Faux Leather
Foot Control Rearset Aluminium CNC Adjustable BIKERS
Stang Stang Jepit Aluminium Aftermarket
Handgrip Motogadget
Saklar Kanan-Kiri Motobox CNC
Spion Rizoma
Kelistrikan Lampu Depan 7 inch Daymaker Stingray
Lampu Belakang Handmade LED dengan casing by Batakastem
Lampu Sein Eagle Eye LED
Radiator Radiator Volume Besar Aluminium
Suspensi Shock Depan Ohlins Ducati Multistrada Upside Down
Shock Belakang Hyperpro
Swingarm Pro arm Ducati 1098
Rem Handle Rem RCS 19 Brembo
Selang Rem Hel
Kopling Handle Kopling Accossato
Steering Damper Steering Damper Adjustable Ohlins untuk Ducati
Ban Pirelli Diablo Rain 120/70-17 & 190/55-17

Profil Batakastem Workshop

Mau diskusi seputar modifikasi dan restorasi motor? Bisa langsung kontak Batakastem berikut

Instagram: https://www.instagram.com/batakastem_workshop/

WhatsApp: +6281385342550

Alamat: Jl Semangka 4 Blok L1/11 Pamulang, Tangerang Selatan, Banten 15417

Related post

Return Top