Berita Seputar Motor | Webike Indonesia

Modifikasi Kawasaki ZEPHYR1100 oleh BULL DOCK Japan Custom Culture

Japan Custom Culture

Ini adalah seri artikel JCC atau Japan Custom Culture yang ditulis oleh Webike Japan. Sudah tidak diragukan lagi kalau dunia modifikasi sepeda motor sudah membudaya di Jepang. Melalui artikel-artikel ini, kami memberikan Anda kesempatan untuk mengulik lebih dalam hasil modifikasi keren baik dari penggiat modifikasi atau pabrikan ternama di Jepang yang mungkin dapat menginspirasi Anda untuk berkarya.

ZEPHYR Karya BULL DOCK

Kawasaki Zephyr1100 Karya Bull Dock
Kawasaki ZEPHYR1100 ini sudah ada di bengkel Bull Dock selama bertahun-tahun dan sudah dimodif secara bertahap. Kali ini, motor tersebut dicustom lagi dan diberikan performa terbaik.

Mesin

Mesinnya dibore-up hingga 1135cc untuk menyeimbangkan keawetan mesin dengan tenaga lebih kuat dari spesifikasi sebelumnya.


Selain penyesuaian di bagian dalam mesin, bagian luarnya juga dirombak secara menyeluruh. Body mesin yang sebelumnya berwarna silver, kemudian dicat hitam tahan panas agar keseluruhan warna mesinnya sama. Selain itu, motor ini memasang tutup mesin McCoy dan karburator FCR hitam yang baru.

Intake & Knalpot


Karburator yang dipakai motor ini dari Keihin FCR, tapi diameternya diubah dari 35mm menjadi 37mm. Perubahan ini dilakukan agar cocok dengan spesifikasi mesin dan untuk mengantisipasi keausan karburator 35mm yang digunakan sebelumnya. Kekuatan lebih untuk pengalaman berkendara yang nyaman.


ZEPHYR1100 ini menggunakan knalpot full system 4-2-1. BULL DOCK yang merancang knalpot tersebut bermaksud agar knalpotnya tidak bergesekkan dengan permukaan jalan seperti yang terjadi pada knalpot aftermarket, sehingga sudut tepian maksimumnya dapat dipertahankan tanpa memodifikasi bak oli.


Dibandingkan tipe lurus, oil cooler tipe lengkung dipakai agar mampu mendinginkan suhu tinggi mesin yang sudah dimodif.

Sasis


Untuk sasisnya, shock belakang Ohlins agak dimiringkan dan rangka motor diperkuat di empat titik. Knalpot ditopang oleh ban belakang berukuran 190/55 untuk mencegah knalpot bergesekan dengan permukaan jalan saat berbelok. Selain itu, bracketnya juga diseimbangkan dengan pengaturan offset 30mm.


Swingarm motor ini diganti dengan brand Mccoy untuk menyeimbangkan ukuran dan kekuatannya. Spakbor kolong belakang carbon yang terhubung dengan tutup rantai juga produk dari Mccoy.


Bagian depan motor sudah diupgrade untuk pengalaman sport riding yang lebih aman, nyaman dan gesit.


Rem belakang dipasang kokoh dengan cakram rem Sunstar dan kaliper rem 2-pot Brembo untuk sistem kendalinya. Master rem belakang yang dipakai juga dari Brembo.

Body


Rearsetnya memiliki empat pilihan posisi. Selain posisi, rearset ini dibuat dengan memperhatikan penggunaan pedal, kekuatan rearset saat ada beban tambahan, dan tampilan footstep.


Jok Supreme yang dipakai di motor ini menggunakan urethane yang unik dan awet yang berfungsi untuk mengurangi rasa pegal dan memudahkan rider untuk merasakan kontur permukaan jalan.


Cover speedometernya menggunakan produk bawaan motor, tapi covernya dipadukan dengan speedometer digital multifungsi dari ACE-2853 ACEWELL di sisi kiri dan tachometer Pivot di sisi kanan.


Bracket versi lama merupakan tipe lain dari salah satu bracket untuk Kawasaki Z series. Bracket variabel MCCoy baru yang dirancang untuk Zephyr1100 saat ini dapat menopang speedometer bawaan di posisi yang tepat.

Spesifikasi

Part Detail
Mesin Kapasitas mesin: 1,135cc
Set Piston JE
Noken As Tinggi ST-2 Yoshimura
Karburator Karburator FCR φ37mm KEIHIN
Knalpot Knalpot Full System Win Mccoy BULL DOCK
Oil Cooler Set Oil Cooler Lengkung ACTIVE
Rem Kaliper Rem (Proses CNC) P4 30/34 40mm Brembo
Master Silinder Rem Depan Radial Brembo
Kaliper Rem Belakang 2-pot Brembo
Gir Sunstar Premium Racing
Roda Velg Forged Aluminum M10S Kompe Evo MARCHESINI
Stang Segitiga Stang BULL DOCK
Stang Fanatic Active
Suspensi Shock Depan Ohlins x Mccoy
Shock Belakang Ohlins
Jok Jok Supreme
Rearset Rearset BULL DOCK Mccoy
Alat Ukur Speedometer Digital Multifungsi ACEWELL
Tachometer PIVOT
Kelistrikan AS Uotani SP2
Exit mobile version