Modifikasi Motor Satria Baja Hitam by Enggal Modified
Kembali lagi dengan artikel Webike Indonesia yang khusus membahas motor modifikasi karya builder tanah air. Kali ini, kami berkesempatan berbincang dengan Enggal Modified mengenai salah satu motor garapan mereka yang paling baru sekaligus unik, KLX Kamen Rider!
Enggal Modified mendapat permintaan dari klien mereka untuk memodif motor ala motor Kamen Rider. Sang klien sudah menjadi fans Kamen Rider sejak kecil dan ingin sekali punya motor Kamen Rider. Si pahlawan Satria Baja Hitam ini memang tergolong legend dan menjadi tontonan favorit.
Ini adalah tantangan baru untuk Enggal Modified yang tentunya tidak mereka lewatkan. Proses modifikasi motor ini berlangsung kurang lebih 6 bulan. Mereka memutuskan untuk pakai basis motor KLX 150 karbu. Alasannya ialah frame KLX cukup fleksibel dan enak untuk diubah gayanya sehingga cocok mengusung aliran belalang tempur.
Mereka lalu menbuat konsep pola dari bahan fiber glass sehingga framenya tetap ada perubahan karena tidak mungkin custom seperti ini masih bisa mempertahankan frame originalnya. Kemudian, mereka sesuaikan ke beberapa bagian dan body ke bagian batok kepalanya dan juga pelindung shock depan bawah serta tak luput kaki belalangnya.
Kaki belalangnya ini menempel di bagian footstepnya jadi kuat sekali, tidak ada kekhawatiran bisa tiba-tiba lepas. Di dalamnya juga dipasang besi karena jika hanya fiber saja, ada kemungkinan mudah patah. Kaki belalangnya bisa dibongkar-pasang jika sewaktu-waktu ingin melepas kakinya.
KLX Kamen Rider ini bisa dipakai berboncengan, walau sebenarnya dirancang single seater. Di bagian belakangnya kuat jika diduduki dan juga diangkat ketika motor ingin dipindahkan atau diservis.
Tulang-tulangan body motor ini tidak dibuat asal-asalan oleh Enggal Modified, melainkan dibuat secara rapih dan presisi. Hal ini membuat sang owner mudah jika ingin servis bagian mesin dan lainnya.
Shock depannya masih menggunakan shock depan bawaan. Untuk ban depannya, dipasangkan IRC 275 ring 21 dan ban belakangnya memakai IRC 400 ring 18. Keduanya ban tipe semi trail sehingga saat dipakai di jalanan aspal atau tanah, ban mampu mencengkram dengan baik. Soal velgnya, bagian depan pakai ukuran 185, sedangkan belakangnya ring 18.
Mesinnya semua masih pakai bawaan KLX karbu ini, tidak ada part yang diganti karena mesin masih mulus. Urusan knalpot, Enggal Modified membuatkan knalpot dengan suara yang halus. Swingarmnya pakai tipe monoshock. Footstepnya juga masih pakai bawaan.
Beralih ke bagian stang, stangnya diganti ke stang fat bar dan tampilannya dibuat lebih rendah serta ada tambahan riser. Pemilihan stang yang tidak terlalu tinggi ini disesuaikan dengan batoknya karena jika menggunakan stang tipe tinggi, tampilannya menjadi aneh.
Inilah motor yang diidam-idamkan sang klien sedari kecil. Enggal Modified sukses mewujudkan imajinasi tanpa batas! Pastinya ada kepuasan tersendiri ya punya motor Kamen Rider satu-satunya di Indonesia ini.
Galeri
Spesifikasi
Part | Detail |
---|---|
Knalpot | Knalpot Full System Stainless Steel by Enggal Modified |
Bodywork | Fairing Fiber Glass by Enggal Modified Tangki by Enggal Modified Spakbor Depan & Belakang by Enggal Modified |
Ban & Velg | Ban Depan 275 Ring 21 Tipe Semi Trail IRC Ban Belakang 400 Ring 18 Tipe Semi Trail IRC Velg Depan 185 Velg Belakang Ring 18 |
Suspensi | Shock Depan Bawaan Pelindung Shock Depan Fiber Glass by Enggal Modified |
Mesin | Mesin Bawaan |
Swingarm & Footstep | Swingarm Monoshock Footstep Bawaan |
Kelistrikan | Batok Lampu by Enggal Modified |
Stang | Stang Fat Bar Riser Stang |
Custom by Enggal Modified
Bagaimana, Webikers? Ingin punya motor Kamen Rider seperti ini juga? Bisa kontak Enggal Modified melalui informasi berikut:
Instagram: @enggal_modified