Modifikasi Monkey 125 Bore up ke 162cc Indonesia Custom Culture
- 22/12/2022
127 views
Indonesia Custom Culture
Profil
Honda Monkey 125 adalah motor yang naik daun dalam dua tahun terakhir. Selain karena bodynya yang unik dan mudah dimodifikasi, upgrade cc ke 125 dari model tuanya yang hanya 50cc membuat body motor agak lebih besar sehingga posisi badan tidak terlalu bungkuk dan tentunya mesin lebih bertenaga.
Kali ini Webike akan bahas Monkey 125 keluaran 2020 milik pelanggan setia Webike bernama Soedarto. Tapi, mesinnya sudah tidak 125cc lagi lho, tapi sudah dibore up jadi 162cc! Siap diajak ngebut!
Mesin
Proses bore upnya menggunakan lining cylinder berbahan carbon yang lumrah digunakan untuk motor racing. Untuk menyamai cc mesin yang naik juga turut dipasang fuel injector controller F1 Type Con-e dan filter udara khsusus Monkey 125 dari SP Takegawa.
Selain itu, oil cooler juga diganti ke merk Morin spek ke MSX125 Grom dengan sedikit modifikasi pada pemasangannya karena posisi oil cooler khusus Monkey umumnya berada di depan kepala silinder yang membuat aliran udara kurang oke. Hasil dari kombinasi modifikasi ini adalah top speed yang tercatat bisa tembus 127km/jam, dan kemungkin bisa lebih.
Area mesin dan silinder dihiasi berbagai aksesoris seperti ring crankcase dan kepala silinder dari KITACO.
Knalpot
Karena mesin sudah all in, knalpot pun pakai seri XL Full Titanium dari OVER Racing dan shock belakang YSS Thailand Black Edition khusus Monkey 125.
Bodywork
Cover samping kanan dari SP Takegawa yang dicat merah dengan stiker “Monkey” asli Honda. Cover rangka pakai dari U DOM Karnchang yang ada gambar khas Monkey.
Salah satu fitur yang menonjol dari Monkey 125 bore up ini adalah cowl lampu depan dari Cub House by Honda yang berbentuk lonjong dengan warna merah-hitam yang serasi dengan look keseluruhan.
Fender eliminator dari OVER Racing membuat area tail jadi lebih slim dan rapi. Tak lupa ada bracket box kecil dari Cub House by Honda yang dicat merah menyala. Velgnya juga dicat serupa agar serasi.
Spakbor depan asli Monkey 125 posisinya jauh di atas stang, dan tidak semua orang suka dengan tampilan ini, jadi Down Fender Bracket dari KITACO bisa membuat posisi spakbor lebih turun dan proporsional, serta tidak menghalangi aliran udara ke oil cooler.
Suspensi
Shock belakangnya adalah YSS Thailand Black Series yang tinggi dan nilai reboundnya bisa disetel. Per shock depan diganti ke Ohlins dengan tingkat kekerasan per Hard.