Modifikasi Suzuki GSX-R1000 Jadi Lebih Ringan Japan Custom Culture

  • 08/06/2023
  •  869 views

Suzuki GSX-R1000 suzuki gsxr1000 600x340 - Modifikasi Suzuki GSX-R1000 Jadi Lebih Ringan Japan Custom Culture

GSX-R1000 karya Quarter

Suzuki GSX-R1000 suzuki gsxr1000 - Modifikasi Suzuki GSX-R1000 Jadi Lebih Ringan Japan Custom Culture
Suzuki GSX-R1000 (L8) ini dibawa ke bengkel Quarter untuk membuat knalpot slip-on titanium dan pemasangan sub-controller Bazzaz. Namun, selama proses produksi silencer, pemilik motor meminta knalpot full system titanium yang dibuat khusus. Modifikasi motor berfokus pada peningkatan kualitas dari setiap sparepart seperti pemasangan master silinder depan machined Brembo yang juga dipesan di waktu yang sama.

Suzuki GSX-R1000 Samping Kiri suzuki gsxr1000 samping kiri - Modifikasi Suzuki GSX-R1000 Jadi Lebih Ringan Japan Custom Culture
Knalpot one-off ini dirakit dengan memotong satu lingkaran pipa dan mengelas 70 piecesnya menjadi satu. Pengerjaannya berfokus pada sudut dan lubang, serta jarak di dalam cowl. Knalpot yang sudah jadi memiliki berat sekitar 3,7 kg, 30% lebih ringan dari knalpot standar. Selang rem, bracket knalpot, baut titanium, dan washer juga dirawat selama produksi sparepart one-off. Setelah knalpotnya selesai, heat color-nya dicek, diuji dan disesuaikan melalui test ride. Dengan memasang sparepart carbon, velg ringan, dan shock depan inverted, bobotnya menjadi 181,08 kg, berkurang sebesar 14,18 kg dibandingkan motor standar. Motor custom ini mewujudkan keyakinan bahwa “ringan itu baik” dan performanya sangat dinantikan.

Bodywork

Windshield Suzuki GSX-R1000 windshield suzuki gsxr1000 - Modifikasi Suzuki GSX-R1000 Jadi Lebih Ringan Japan Custom Culture
Eksteriornya terlihat seperti motor standard pabrikan, tapi sebenarnya body motor ini berwarna hitam dengan cover samping, spakbor depan, dan cowl bawah berpola carbon. Selain itu, motor ini dipasang windshield versi trim carbon dari Magical Racing dan spionnya tipe monocoque carbon juga dari Magical Racing, A4/twill weave.

Jok Suzuki GSX-R1000 jok suzuki gsxr1000 - Modifikasi Suzuki GSX-R1000 Jadi Lebih Ringan Japan Custom Culture
Untuk meningkatkan kenyamanan berkendara, jok motor ini juga diganti dengan jok custom dari Style Seat Custom, sebuah perusahaan yang banyak melakukan modifikasi di Quarter. Sisi sampingnya memiliki pola carbon.

Stang

Stang Suzuki GSX-R1000 stang suzuki gsxr1000 - Modifikasi Suzuki GSX-R1000 Jadi Lebih Ringan Japan Custom Culture
Master silinder kanan dan kiri diganti dengan pompa radial CNC Brembo. Selain itu, handlenya menggunakan handle tipe berlubang dapat ditekuk flight perch dari ZETA.

Intake & Knalpot

Pipa Knalpot Suzuki GSX-R1000 pipa knalpot suzuki gsxr1000 - Modifikasi Suzuki GSX-R1000 Jadi Lebih Ringan Japan Custom Culture
Pembuatan knalpot titanium Quarter one-off memerlukan pemotongan bagian-bagian tertentu dalam bentuk melingkar (bukan pipa, tetapi plat datar), membuatnya lebih ringan, membentuknya menjadi pipa, dan menyatukannya untuk menjadi knalpot. Proses ini memerlukan banyak waktu dan tenaga.

Undercowl Suzuki GSX-R1000 undercowl suzuki gsxr1000 - Modifikasi Suzuki GSX-R1000 Jadi Lebih Ringan Japan Custom Culture
Setelah dipasang, jika knalpotnya dilihat dari sisi kanan undercowl, yang nampak hanya seperti gambar di atas. Namun, bobotnya berkurang dan desainnya berubah, termasuk silencer yang terlihat jelas.

Z AFM pada Suzuki GSX-R1000 z afm pada suzuki gsxr1000 - Modifikasi Suzuki GSX-R1000 Jadi Lebih Ringan Japan Custom Culture
Sub-controller buzzard Z-AFM digunakan untuk knalpot baru ini dan titik pemasangannya sudah dibuat.

Sasis

Rearset Suzuki GSX-R1000 rearset suzuki gsxr1000 - Modifikasi Suzuki GSX-R1000 Jadi Lebih Ringan Japan Custom Culture
Rantainya buatan DID dengan ukuran 520 dan rearsetnya dari Babyface.

Ban Depan Suzuki GSX-R1000 ban depan suzuki gsxr1000 - Modifikasi Suzuki GSX-R1000 Jadi Lebih Ringan Japan Custom Culture
Velg depan dan belakang menggunakan velg forged magnesium alloy MAGTAN JB3 dengan ukuran 3.50-17/6.00-17. As roda juga telah diubah menjadi chromoly untuk performa yang lebih baik di jalan.

Ban Belakang Suzuki GSX-R1000 ban belakang suzuki gsxr1000 - Modifikasi Suzuki GSX-R1000 Jadi Lebih Ringan Japan Custom Culture
Shock depan dan belakangnya (TTX di belakang) menggunakan produk Ohlins + penyetelan Scuderia Okamura ME. Baut collar 64 titanium sering digunakan untuk rem dan bagian linkage.

Knalpot Suzuki GSX-R1000 knalpot suzuki gsxr1000 - Modifikasi Suzuki GSX-R1000 Jadi Lebih Ringan Japan Custom Culture
Kaliper rem belakang radial ini produk dari GALE SPEED. Desain yang ringan dapat terlihat jelas dari setiap bagiannya secara keseluruhan.

Galeri

Spesifikasi

Parts Detail
Mesin Pelindung Radiator & Pendingin Oli YOSHIMURA
Knalpot Knalpot Titanium 4-2-1 QUARTER (One-off)
Rangka Set Baut Titanium Link Shock Belakang BETA TITANIUM
Rem Master Silinder Rem Radial Racing (19×18) Brembo
Set Kaliper Rem Radial Mount CNC P4 30/34 108mm (Kanan dan Kiri) Brembo
Piringan Cakram Depan WORKS EXPAND SUNSTAR
Baut Piringan Cakram Rem Depan (Titanium) BETA TITANIUM
Kaliper Rem Belakang Radial Mount GALE SPEED
Piringan Cakram Belakang WORKS EXPAND SUNSTAR
Velg Velg Forged Magnesium JB3 JB POWER [MAGTAN]
Suspensi Shock Depan Upside Down FG R&T 200 OHLINS
Shock Belakang TTX-GP 2018 OHLINS
Rearset Rearsets BABYFACE (Sato Racing)
Drive System Rantai 520ZVM-X DID
Pelindung Rantai Magical Racing
Stang Handle Rem Pilot ZETA
Handle Kopling Flight ZETA
Spion Replika Racer Tipe 4 Magical Racing
Jok Jok Style Seat Custom
Bodywork Windshield dengan List Bahan Carbon Magical Racing
Spakbor Depan Magical Racing
Spakbor Belakang Magical Racing
Cover Samping Tangki Magical Racing
Tray Under Cowl Magical Racing
Kelistrikan Pengontrol Bahan Bakar BAZZAZ Z-Fi
Mapping Module Bahan Bakar BAZZAZ Z-AFM

Related post

Return Top