Modifikasi VMAX Torsi Mantap Japan Custom Culture

  • 06/05/2023
  •  500 views

Modifikasi VMAX modifikasi vmax 600x340 - Modifikasi VMAX Torsi Mantap Japan Custom Culture

Modifikasi VMAX oleh Esper

VMAX 1200 ini dimodifikasi oleh Esper atas permintaan customernya yang ingin dibuat terkesan dengan konsep motor yang belum ada sebelumnya di dunia menggunakan mesin Yamaha Royalstar.

VMAX ini terinspirasi dari Venture Royal yang merupakan pendahulu XVZ13 Royalstar. Mesin yang digunakan di custom ini diambil dari XVZ13 dan proses modifikasinya cukup menantang agar mesin ini mampu pas dengan rangkanya.

VMAX Custom vmax custom - Modifikasi VMAX Torsi Mantap Japan Custom Culture

Selain itu, karburator bawaan tidak cocok dengan mesin XVZ13 sehingga sang builder memasangkan intake manifold ke karburator twin FCR untuk mengatasinya. Kapasitas tambahan 100cc memungkinkan peningkatan torsi secara signifikan sehingga menghasilkan pengalaman berkendara unik yang berbeda dari modifikasi lainnya. VMAX memiliki tampilan yang khas dengan mesin berpendingin udara tipe fin klasik sehingga membuatnya menjadi masterpiece yang sempurna.

Area Kemudi

Windshield VMAX windshield vmax - Modifikasi VMAX Torsi Mantap Japan Custom Culture

Windshield GIVI ditambahkan agar berkendara lebih nyaman. Master rem depannya merupakan radial pump Brembo.

Speedometer VMAX speedometer vmax - Modifikasi VMAX Torsi Mantap Japan Custom Culture

Speedometer monocular di bagian tengah dan layout tachometer serta indikator di cover tangki merupakan part bawaan VMAX 1200.

Bodywork

Body VMAX body vmax - Modifikasi VMAX Torsi Mantap Japan Custom Culture

Body luarnya memakai body VMAX 1200 2005 spek Amerika Utara warna merah dengan pola api tersembunyi dan emblem VMAX 20th anniversay yang terlihat di cover tangkinya.

Jok VMAX jok vmax - Modifikasi VMAX Torsi Mantap Japan Custom Culture

Jok depan belakangnya merupakan tipe terpisah, dilengkapi dengan behel motor aluminium, air duct dummy di bagian depan dan cover samping semua memakai part bawaan VMAX 1200.

Mesin

Mesin VMAX Custom mesin vmax custom - Modifikasi VMAX Torsi Mantap Japan Custom Culture

Mesinnya memakai mesin V4 berpendingin udara 1294cc milik Royalstar, naik sekitar 100cc dari milik VMAX yang berkapasitas 1199cc. Beberapa bagian pelengkapnya kemudian didesain ulang agar tidak bersinggungan dengan rangka dan bagian lainnya.

Intake & Exhaust

Karburator VMAX karburator vmax - Modifikasi VMAX Torsi Mantap Japan Custom Culture

Jika cover tangki dummy-nya dilepas, akan terlihat karburator FCR twin downdraft dan tabung reservoir radiator. Manifold juga diperlukan untuk melengkapinya.

Sasis

Shock Depan VMAX shock depan vmax - Modifikasi VMAX Torsi Mantap Japan Custom Culture

Shock depan berdiameter 43mm ini menggunakan part bawaan VMAX. Kaliper depannya memakai kaliper 4 piston Brembo dan cakramnya merupakan tipe wave.

Knalpot VMAX knalpot vmax - Modifikasi VMAX Torsi Mantap Japan Custom Culture

Knalpot empat pipanya asli produksi Esper dan sesuai dengan karakter suara dan torsi mesin V4 Royalstar. Kaliper rem belakangnya menggunakan kaliper 4 piston Brembo.

Shock Belakang VMAX shock belakang vmax - Modifikasi VMAX Torsi Mantap Japan Custom Culture

Suspensi, velg depan belakang 2.15-18 dan 3.50-15-inch, shaft drive dan swingarmnya semua berbasis VMAX 1200 tahun lama. Shock belakangnya datang dari Ohlins.

Galeri

Spesifikasi

Part Detail
Karburator/Intake Karburator FCR Φ41mm KEIHIN
Intake Manifold (One-off) ESPER
Knalpot Knalpot Quad Original (One-off) ESPER
Rem Kaliper 4P Brembo (tipe sama seperti depan, belakang)
Cakram Wave STX21D BRAKING
Master Rem Radial Brembo
Cakram Belakang OEM Yamaha
Suspensi Shock Belakang OHLINS
Footstep Footstep VMAX1200 1985-2004 LSL
Bodywork Windshield A123 GIVI

Related post

Return Top