Modifikasi Yamaha V-MAX dengan Teknologi Turbo Japan Custom Culture

  • 09/06/2023
  •  1,149 views

Yamaha VMAX yamaha vmax 600x340 - Modifikasi Yamaha V-MAX dengan Teknologi Turbo Japan Custom Culture

V-MAX karya ESPER

Yamaha VMAX yamaha vmax - Modifikasi Yamaha V-MAX dengan Teknologi Turbo Japan Custom Culture
Dengan pipa yang mengelilingi sisi kiri dan kanan mesin, turbocharger, dan intercooler yang mendinginkan supercharger, jelas terlihat bahwa motor ini adalah motor custom turbocharged. Motor ini didasarkan pada VMAX yang dirilis pada tahun 1985 dengan mesin 1197cc 70 derajat V4 dan tersedia hingga tahun 2007 (tersedia di pasar Jepang dari tahun 1990 hingga 1998, sedangkan versi FI 1700cc tersedia dari tahun 2009 hingga 2017). Bengkel motor custom ESPER telah mengerjakan model VMAX dan sistem supercharging beberapa kali. Sistem turbocharging mereka dikembangkan menggunakan teknologi yang sama dengan sistem yang digunakan pada mobil dan dapat digunakan setiap hari. Mereka juga mencapai penyetelan hingga 300 hingga 400 hp.

Yamaha VMAX Samping Kiri yamaha vmax samping kiri - Modifikasi Yamaha V-MAX dengan Teknologi Turbo Japan Custom Culture
Motor ini memiliki connecting rod sekitar 170 hp. Perpipaan, knalpot, dan kopling lock-up merupakan produk original ESPER. Turbin dan intercooler untuk Nissan Z32 dan dorongannya 0,4 hingga 0,5 kg/mm2. Saat ini, sistem supercharging sudah jadi lebih umum di dunia motor dengan Ninja H2 dan Z H2 dilengkapi dengan supercharger sebagai bawaan motor, tapi ESPER sudah menggeluti turbocharger selama hampir 30 tahun, jadi supercharging adalah hal yang biasa bagi mereka dan turbocharging motor ini telah menunjukkan beberapa hasil yang mengejutkan. Shock depan dan belakang dari XVZ1300 Royal Star (generasi penerus cruiser Venture Royal, asal mesin yang dipakai VMAX). Karena bagian depan motor ini menggunakan cover dan shock depan upright, jadi terlihat sedikit lebih rendah sehingga volume bagian belakang menonjol, tapi pipa turbo dan bagian lain bisa memperkuat volume sisi depan, sehingga hasilnya seimbang. Jika Anda ingin jadi pusat perhatian di keramaian, ide ini cocok untuk Anda.

Stang

Stang Yamaha VMAX stang yamaha vmax - Modifikasi Yamaha V-MAX dengan Teknologi Turbo Japan Custom Culture
Bagian depan terdiri dari shock depan upright dengan cover dan velg 16 inci, keduanya diambil dari motor Royal Star. Stang motor ini dilengkapi dengan flat bar.

Bodywork

Tangki Yamaha VMAX tangki yamaha vmax - Modifikasi Yamaha V-MAX dengan Teknologi Turbo Japan Custom Culture
Cover tangki yang lebih lebar dan lebih bersudut daripada cover tangki bawaan motor ini adalah buatan OVER Racing, sedangkan air duct “dummy” samping dan tutup aki tetap menggunakan produk original motor.

Box Filter Udara Yamaha VMAX box filter udara yamaha vmax - Modifikasi Yamaha V-MAX dengan Teknologi Turbo Japan Custom Culture
Saat cover tangki dilepas, tonjolan tangki dan pompa bahan bakar yang menahan intake air supercharged dapat terlihat sebagai pengganti box filter udara OEM.

Jok Yamaha VMAX jok yamaha vmax - Modifikasi Yamaha V-MAX dengan Teknologi Turbo Japan Custom Culture
Tangki bahan bakar yang ditempatkan di bawah jok merupakan produk OEM VMAX 1200 dan tail cowl dari ACTIVE. Eksteriornya dihias dengan garis strobo Yamaha klasik.

Mesin

Mesin Yamaha VMAX mesin yamaha vmax - Modifikasi Yamaha V-MAX dengan Teknologi Turbo Japan Custom Culture
Mesin V4 1197cc 70 derajat memiliki controlling rod OEM, turbocharged hingga 170 hp. Katup turbin dan blow-off merupakan sparepart OEM motor, tapi perpipaannya dibuat oleh ESPER. Daya tahan dan handling mesin juga menjadi pertimbangan.

Intercooler Yamaha VMAX intercooler yamaha vmax - Modifikasi Yamaha V-MAX dengan Teknologi Turbo Japan Custom Culture
Knalpot dari empat silinder memutar turbo (sisi depan unit) di sisi kanan mesin dan menekan udara yang dihisap dari belakang (supercharging). Karena panas dihasilkan oleh kompresi, maka didinginkan oleh intercooler di sisi kiri dan dikirim ke tangki gelombang, tempat udara supercharged dikirim ke mesin melalui karburator.

Intake & Knalpot

Knalpot Yamaha VMAX knalpot yamaha vmax - Modifikasi Yamaha V-MAX dengan Teknologi Turbo Japan Custom Culture
Knalpot dibuat oleh ESPER yang juga memproduksi dan menjual slip-on 4 pieces untuk OEM VMAX.

Sasis

Ban Depan Yamaha VMAX ban depan yamaha vmax - Modifikasi Yamaha V-MAX dengan Teknologi Turbo Japan Custom Culture
Bagian ujung depan yang diambil dari Royal Star (dengan kaliper rem 4P Sumitomo yang dibuat untuk model Yamaha lainnya) dipasang setelah beberapa modifikasi kecil dilakukan pada stang untuk membuat sudut kemudi aman.

Bagian Belakang Yamaha VMAX bagian belakang yamaha vmax - Modifikasi Yamaha V-MAX dengan Teknologi Turbo Japan Custom Culture
Velg 15 inci, cover as roda dan bagian belakang lainnya juga dari Royal Star. Rearset merupakan sparepart asli yang dibuat oleh ESPER.

Galeri

Spesifikasi

Parts Detail
Mesin Kopling Lock-up Original ESPER
Tutup Kopling Clear Original ESPER
Skid Pad Engine Slider MORIWAKI untuk V-MAX
Knalpot Knalpot Stainless Original ESPER
Rem Master Rem [Handle Standar] (Model Horizontal 5/8 Inci – Tabung Terpisah) NISSIN
Suspensi Shock Belakang YA427 OHLINS
Stang Grip Stang Tipe Street Domino
Set Master Silinder Kopling (Horizontal/Tabung Terpisah) NISSIN
Speedometer BLITZ BOOST
Bodywork Cover Tangki Carbon OVER Racing V-MAX1200
Drag Tail Kit ACTIVE

Related post

Return Top