Modifikasi Z900RS oleh Shabondama Japan Custom Culture

  • 12/01/2023
  •  859 views

Z900RS Custom Shabondama z900rs custom shabondama - Modifikasi Z900RS oleh Shabondama Japan Custom Culture

Japan Custom Culture

Ini adalah seri artikel JCC atau Japan Custom Culture yang ditulis oleh Webike Japan. Sudah tidak diragukan lagi kalau dunia modifikasi sepeda motor sudah membudaya di Jepang. Melalui artikel-artikel ini, kami memberikan Anda kesempatan untuk mengulik lebih dalam hasil modifikasi keren baik dari penggiat modifikasi atau pabrikan ternama di Jepang yang mungkin dapat menginspirasi Anda untuk berkarya.

Kawasaki Z900RS Custom oleh Shabondama

Z900RS Custom Shabondama z900rs custom shabondama - Modifikasi Z900RS oleh Shabondama Japan Custom Culture

Inilah hasil modifikasi Kawasaki Z900RS oleh Shabondama, brand custom builder asal Jepang yang mengusung konsep modifikasi “untuk berkendara lebih baik”. Modifikasi dikhususkan pada bagian dalam mesin seperti noken as dan piston kompresi tinggi. Selain itu, ECU-nya juga disetel ala SE tuning yang populer di kalangan para owner Kawasaki ZRX1200 DAEG.

Modifikasi Z900RS Shabondama modifikasi z900rs shabondama - Modifikasi Z900RS oleh Shabondama Japan Custom Culture

Shabondama mengembangkan sendiri radiator besar yang dipasang di Z900RS ini. Selain knalpot dan part-part yang sudah dipasang sebelum Z900RS ini sampai di bengkel Shabondama, part lainnya dipilih dan diusulkan oleh mereka. Salah satunya ialah radiator besar barunya. Radiator ini cocok dengan bracket bawaan dan beberapa tipe knalpot. Radiator bawaan tidak memiliki pengukur suhu cairan, namun radiator ini punya bosh sensor yang dilas dekat tutup radiator sehingga pengukur Yoshimura dapat digunakan untuk mengecek suhu cairan.

Cover mesinnya memakai cover keluaran Weelie dan suspensi serta pengeramannya ialah dari Ohlins dan Brembo yang meningkatkan fungsi dan tampilannya. Part-part yang dipilih seperti shock depan, swingarm dan radiator ini bisa sebagai contoh Anda yang ingin meningkatkan power dan performa motor Z900RS Anda.

Bodywork

Tail Cowl Z900RS tail cowl z900rs - Modifikasi Z900RS oleh Shabondama Japan Custom Culture

Jok Alcantara disertai dengan stang dan footstepnya menjadi bagian yang berfungsi menambah kenyamanan sang rider. Tail cowl-nya memakai tail cowl panjang brand ARCHI.

Mesin

Radiator Besar Z900RS radiator besar z900rs - Modifikasi Z900RS oleh Shabondama Japan Custom Culture

Seperti yang terlihat pada foto, radiator besar original Shabondama untuk Z900RS berukuran dua kali lebih besar dari radiator bawaan agar lebih cepat menghilangkan panas. Sensor pengukur suhu cairan dapat dipasang di belakang tutup radiator untuk mudah mengontrol suhu cairan. Bentuk radiatornya juga dirancang dengan pertimbangan knalpot agar dapat dipasang secara bersamaan.

Mesin Z900RS mesin z900rs - Modifikasi Z900RS oleh Shabondama Japan Custom Culture

Mesin 948cc, injektor bahan bakar dan rangka trelis bajanya memakai bawaan Z900RS. Namun, segitiga dan swingarmnya telah dimodifikasi agar sesuai dengan power motor yang telah ditingkatkan. Hanger mesin dan cover mesinnya memakai buatan Weelie.

Stang

Stang Z900RS stang z900rs - Modifikasi Z900RS oleh Shabondama Japan Custom Culture

Master silinder depannya merupakan seri RCS Brembo dan dudukan koplingnya menggunakan produk dari Kohken. Stangnya ialah dari brand Hardy dengan tambahan stabilizer di tengahnya. Spion carbonnya menggunakan spion carbon NK1 Magical Racing tipe 6. Bracket lampu depannya sudah termasuk dengan set segitiga Weelie.

Segitiga Z900RS segitiga z900rs - Modifikasi Z900RS oleh Shabondama Japan Custom Culture

Segitiganya diganti ke segitiga Weelie untuk Z900RS dan Z900RS Cafe yang dilengkapi shock depan Ohlins dengan diameter stang 22,2mm. Pengukur suhu Yoshimura menampilkan suhu cairan. Sensornya dipasang ke radiator besar Shabondama.

Sasis

Rearset Z900RS rearset z900rs - Modifikasi Z900RS oleh Shabondama Japan Custom Culture

Shabondama memasangkan rearset 3D tipe coaxial billet untuk kontrol yang lebih baik. Rangkanya juga dilengkapi dengan cover rangka 3D Weelie.

Shock Depan Z900RS shock depan z900rs - Modifikasi Z900RS oleh Shabondama Japan Custom Culture

Selain itu, Z900RS ini juga dipasangkan shock depan upside down Ohlins dan kaliper rem depan GP4-RX Brembo serta cakram rem depan racing Sunstar.

Footstep Belakang Z900RS footstep belakang z900rs - Modifikasi Z900RS oleh Shabondama Japan Custom Culture

Footstep belakangnya juga diganti dengan foostep belakang 3D Weelie dan dipasang dengan preload adjuster shock belakang Ohlins.

Swingarm Z900RS swingarm z900rs - Modifikasi Z900RS oleh Shabondama Japan Custom Culture

Swingarmnya dibuat dengan tangan oleh Weelie menggunakan bahan aluminium 7N01 kualitas tinggi. Spakbor belakang dan pelindung carbon juga dipasang.

Rem Belakang Z900RS rem belakang z900rs - Modifikasi Z900RS oleh Shabondama Japan Custom Culture

Soal urusan rem belakang, sang builder memilih kaliper P2 34 CNC Brembo dengan coating nikel dan cakram racing premium Sunstar yang menggunakan bahan kualitas tinggi yang sama. Velgnya merupakan Roto Box Carbon Bullet (ukuran 3.50-17/6.00-17) dengan palang tipe slim berbahan carbon.

Galeri

Spesifikasi

Part Detail
Mesin Radiator Besar Shabondama
Hanger Mesin 3D Z900RS/Cafe 3D WEELIE
Cover ATG 3D Z900RS/Cafe WEELIE
Cover Pulser 3D Z900RS/Cafe 3D WEELIE
Cover Gir 3D Z900RS/Cafe WEELIE
Rangka Cover Rangka 3D Z900RS/CAFE WEELIE
Swingarm Z900RS WEELIE
Rem Master Rem Radial RCS BREMBO
Kaliper P4 32 GP4-RX CNC Nickel Coat BREMBO
Cakram Rem Depan Racing Premium SUNSTAR
Kaliper Rem Belakang P2 34 CNC Nickel Coat BREMBO
Cakram Rem Belakang Racing Premium SUNSTAR
Velg Set Velg ROTOBOX BULLET Carbon
Suspensi Shock Depan Upside Down FG R&T OHLINS
Rearset Rearset 3D Coaxial Z900RS/Cafe WEELIE
Footstep Belakang 3D Z900RS/Cafe WEELIE
Bracket Knalpot untuk Footstep Belakang Z900RS/Cafe WEELIE
Stang Dudukan Kopling Mekanis KOHKEN
Stang Road Hardy ROUGH & ROAD
Spion NK-1 Tipe 6 MAGICAL RACING
Segitiga Z900RS/Cafe WEELIE untuk Shock Depan Upside Down Ohlins
Jok Jok Shabondama
Bodywork Cover Rantai Carbon Z900RS/Cafe WEELIE
Spakbor Belakang Carbon Z900RS/Cafe WEELIE
Tail Cowl Panjang Z900RS ARCHI

Tentang Shabondama

Shabondama shabondama - Modifikasi Z900RS oleh Shabondama Japan Custom Culture

Shabondama menawarkan banyak sparepart custom terutama untuk Zephyr, GPZ900 dan masih banyak lagi. Mereka menyedikan produk berdesain original seperti standar samping, knalpot dan body yang populer.

Related post

Return Top