Modifikasi ZX-25R Knalpot Titanium Suara Mantap Japan Custom Culture

ZX-25R Custom by K-Factory

Kawasaki Ninja ZX-25R, motor supersport bermesin 250cc ini telah menjadi sumber kegembiraan tersendiri di industri roda dua sejak peluncurannya. K-Factory, brand ternama di Jepang, memodifikasi ZX-25R berbasis KRT Edition, model SE yang dilengkapi dengan auto shifter dan fitur lainnya.

Perubahan yang paling menonjol adalah pemasangan knalpot full system titanium 4-1 silencer segienam. Dibandingkan dengan knalpot bawaan, knalpot ini sangatlah mengesankan dengan silencer berwarna emas yang memanjang hingga ke bagian belakang. Suara yang dihasilkan oleh knalpot ini juga sangat mantap. Suaranya mengingatkan Anda pada supercar kelas atas, dan Anda bisa menikmati, bukan hanya nada knalpotnya, tetapi juga suaranya yang berubah seiring dengan pergantian gigi atas bawah serta ketika throttle ditutup sepenuhnya. Ini adalah kombinasi sukses dari FI + auto shifter yang tidak dapat dicapai dengan motor tipe sama sebelumnya. Suaranya berasal dari tutup billet yang dipasang di bagian depan dan belakang silencer.

Tutup tersebut terbuat dari aluminium billet yang merupakan spesialisasi K-Factory, alih-alih press-molding yang umum. Tujuannya adalah untuk memotong suara frekuensi tinggi. Jika semuanya dibuat ringan dan tipis, suara knalpot akan bernada tinggi dan ringan, yang sering terlihat pada motor 250cc 4-tak putaran tinggi. Namun demikian, dengan memadukan berbagai komponen yang memiliki massa, resonansi knalpot dapat dikurangi. Hasilnya adalah suara yang lebih rendah dan lebih kencang. Suara ini memiliki kesan masif yang sebanding dengan suara supersport 600cc dan memiliki kualitas yang lebih baik daripada suara sebelumnya. Selain itu, tampilannya juga sangat memikat dengan tutup billet dan full titanium. Suara bawaan Ninja ZX-25R memang menarik, tetapi apabila dipadukan dengan rearset, stang jepit, dan komponen posisi lainnya, maka akan semakin menambah nilainya. Modifikasi yang mengesankan ini menunjukkan mengapa mereka berani memilih 250cc.

Stang

Stang jepit tipe quick-release yang dirancang untuk penggantian cepat dalam balapan, memungkinkan sudut yang dapat disesuaikan antara 5 derajat atau 10 derajat. Stangnya sendiri terbuat dari Extra Super Duralumin dengan diameter 22,2 mm dan panjang 260 mm. Bagian penjepit, terbuat dari Super Duralumin, tersedia dalam dua pilihan warna, titanium dan gold.

Pelindung handle rem yang dipakai ialah tipe universal yang cocok untuk sisi kopling dan sisi rem, mengakomodasi diameter dalam stang 14/16/19mm. Selain itu, sudut pelindung dapat dipilih dari lima posisi yang berbeda.

Bodywork

Engine slider K-Factory didesain untuk dipasang menggunakan dudukan mesin tanpa perlu memodifikasi cowl. Slider ini kompatibel dengan Ninja ZX-25R SE/SE KRT Edition, meskipun Ninja ZX-25R STD membutuhkan komponen OEM tambahan untuk pemasangannya. Slider terbuat dari bahan duracon dan diproduksi melalui proses CNC, menampilkan desain fungsional yang mengutamakan penyerapan guncangan dengan memasukkan sisipan karet keras di antara slider dan dudukan.

Jalu as roda depannya juga terbuat dari duracon dengan logo K-Factory. Plat dudukannya memiliki lapisan warna emas yang dianodisasi khusus.

Fender eliminator kit stainless steel memungkinkan penggunaan dudukan plat nomor bawaan, lampu sein, dan hook barang. Produk ini dirancang untuk memberikan tampilan yang lebih rapi di bagian belakang dengan sedikit menyudut ke bawah dan memperpendek panjang plat nomor, sekaligus memanjangkannya secara horizontal ke arah tanah. Foto yang ditampilkan adalah prototipe dan versi produksi aktualnya dibuat lebih ringan.

Mesin

Cover radiator ZX-25R ini terbuat dari stainless steel tipe mesh. Bagian tengah memiliki pola jaring halus untuk mencegah benturan bebatuan yang terpental dari ban, sedangkan bagian samping menggunakan desain jaring kasar untuk meningkatkan ventilasi.

Intake & Knalpot

Knalpotnya memakai knalpot full system 4-1 silencer segienam dilengkapi dengan konverter katalitik. Tutup depan dan belakang silencernya terbuat dari aluminium finishing cantik sehingga memberikan konstruksi yang mulus dan menghasilkan output suara berkualitas tinggi.

Sisi kiri foto menunjukkan bagian depan motor. Konverter katalitik dirancang agar pas dengan header. Bagian pipa terbuat dari titanium.

Sasis

ZX-25R custom ini menggunakan rearset yang dapat diatur naik 30mm atau 40mm dan mundur 0mm atau 10mm. Rearset ini kompatibel dengan motor yang dilengkapi dengan quick shifter dan yang tidak serta memungkinkan untuk pemindahan gigi mundur juga.

Footstep rearset K-Factory memiliki pola zig-zag yang memungkinkan rider untuk berpijak dengan mantap bahkan pada ujung footstep. Dudukan as operan giginya membuat perpindahan gigi terasa halus dan mantap.

Galeri

Spesifikasi

Part Detail
Mesin Engine Slider K-FACTORY
Cover Radiator K-FACTORY
Tutup Oli Tipe G K-FACTORY
Knalpot Knalpot Full System Silencer Segienam Tipe SP K-FACTORY
Rangka Jalu Paddock M8 K-FACTORY
Rem Jalu As Roda Depan K-FACTORY
Tutup Tabung Rem M-N K-FACTORY
Footstep Footsetp Riding K-FACTORY
Dudukan As Operan Gigi K-FACTORY
Stang Set Stang K-FACTORY
Pelindung Handle K-FACTORY
Bodywork Fender Eliminator Kit K-FACTORY

wid_staff

Recent Posts

Modifikasi Z900RS dengan Subframe ACTIVE Japan Custom Culture

Kawasaki Z900RS ini dicustom dengan Subframe TYPE-2 dari ACTIVE yang membantu motor menjadi lebih stabil…

7 hours ago

Poin dan Potensi Team Étoile di EWC

Meski gagal menyelesaikan balapan perdananya di FIM Endurance World Championship, tim asal Jepang, Team Étoile,…

7 hours ago

Modifikasi Honda Monkey 50cc Tangki Hijau Japan Custom Culture

Honda Monkey 50cc ini dimodifikasi dengan Set Shock Depan 27mm dari SP Takegawa. Shock depan…

1 day ago

Team Aviobike by M2 Revo Janji Tampil Kuat di Spa

Team Aviobike by M2 Revo akan berusaha untuk menunjukkan potensi utuhnya di 8 Hours of…

1 day ago

Rider Jagoan Lambrechts Absen Karena Cedera, JMA Umumkan Trio Rider untuk Spa EWC

JMA Racing Action Bike telah mengumumkan tiga rider mereka untuk mengikuti 8 Hours of Spa…

1 day ago

Bincang Singkat EWC bersama Randy Krummenacher

Randy Krummenacher telah meraih banyak kesuksesan dalam kariernya, termasuk memenangkan FIM Supersport World Championship. Karir…

1 day ago