Modifikasi ZX-25R oleh Striker Japan Custom Culture

  • 12/12/2022
  •  736 views

Modifikasi ZX25R Striker modifikasi zx25r striker - Modifikasi ZX-25R oleh Striker Japan Custom Culture

Japan Custom Culture

Ini adalah seri artikel JCC atau Japan Custom Culture yang ditulis oleh Webike Japan. Sudah tidak diragukan lagi kalau dunia modifikasi sepeda motor sudah membudaya di Jepang. Melalui artikel-artikel ini, kami memberikan Anda kesempatan untuk mengulik lebih dalam hasil modifikasi keren baik dari penggiat modifikasi atau pabrikan ternama di Jepang yang mungkin dapat menginspirasi Anda untuk berkarya.

ZX-25R Custom oleh Striker

Modifikasi ZX25R Striker modifikasi zx25r striker - Modifikasi ZX-25R oleh Striker Japan Custom Culture

ZX-25R bermesin 250 cc 4 silinder yang populer ini dimodifikasi oleh Striker dengan penggantian knalpot yang mantap. Suara knalpot Striker yang jernih meningkatkan karakteristik mesin 4 silinder yang sungguh unik. Sebelumnya, banyak produsen knalpot yang fokus pada output tenaga, namun sekarang ini, dengan sejumah regulasi yang lebih ketat, tujuan utama modifikasi knalpot ialah untuk menikmati suaranya dengan kualitas lebih baik. Selain itu, bahan yang digunakan juga penting dalam hal penampilan dan pengurangan bobot. Aspek-aspek seperti itulah yang memberikan keunikan tersendiri bagi motor.

Knalpot full systemnya memakai knalpot full system SC Off-type B Striker. Pipa knalpotnya dirangkai dalam susunan 4-2-1 sama seperti bawaan ZX-25R, namun dengan penambahan pipa bypass agar torsi lebih meningkat dibanding bawaan. Perubahannya benar-benar terasa di rentang penggunaan sehari-hari dan torsi dari awal gas digeber juga lebih meningkat. Tentu saja, torsinya juga bagus di rpm tinggi dan motor mampu melaju lebih cepat. Soal berat, silencernya sendiri berhasil memangkas bobot motor 250 cc ini sebanyak 5,3 kg.

ZX25R Custom Striker zx25r custom striker - Modifikasi ZX-25R oleh Striker Japan Custom Culture

Silencer titanium kualitas tinggi membuat gaya dan penampilan ZX-25R ini lebih keren. Hanya tersedia bahan titanium untuk silencernya demi memenuhi kebutuhan para pemilik ZX-25R dan semakin mengukuhkan posisi ZX-25R sebagai motor supersport 4 silinder satu-satunya di kelasnya. Pemilihan bahan dan teknik produksinya cocok untuk motor berkualitas tinggi ini. ZX-25R hasil modifikasi Striker ini juga menggunakan rearset spesial mereka yang membantu rider lebih nyaman saat riding. Selain itu, terdapat pula cover radiator dan slider yang melindungi motor. Modifikasi ini cocok untuk semua tipe rider, baik pemula maupun berpengalaman.

Intake & Knalpot

Knalpot ZX25R Striker knalpot zx25r striker - Modifikasi ZX-25R oleh Striker Japan Custom Culture

Pipa header dengan layout 4-2-1 ini bergaya serupa dengan bawaan ZX-25R. Menurut Striker selaku produsennya, proses pengembangan bentuk bagian 4-2/2-1 yang memberi dampak pada karakteristik RPM rendah dan sedang ini banyak melalui trial & error. Pipa knalpotnya juga terbuat dari titanium dan seperti yang bisa Anda lihat dari cowlnya, #1-2 dan #3-4 disambungkan oleh pipa bypass.

Pipa Knalpot ZX25R Striker pipa knalpot zx25r striker - Modifikasi ZX-25R oleh Striker Japan Custom Culture

Knalpot full system SC Striker ini memiliki model standar bersertifikasi JMCA atau pemerintah Jepang. Pemasangannya PNP yang tentu saja sangatlah mudah dikerjakan.

Silencer ZX25R Striker silencer zx25r striker - Modifikasi ZX-25R oleh Striker Japan Custom Culture

Semua bagian knalpot kecuali tutup ujung knalpotnya ialah berbahan titanium. Silencernya tersedia dalam tiga tipe finishing: Titanium Heat (seperti yang terlihat di foto), Titanium Solid dan CK Black (matte black dengan Cerakote). Berat knalpot Striker hanya 3,5 kg, jauh lebih ringan knalpot bawaan yang berbobot 8,8 kg.

Sasis

Rearset ZX25R Striker rearset zx25r striker - Modifikasi ZX-25R oleh Striker Japan Custom Culture

Posisi reatsetnya dapat diatur hingga 6 posisi seperti yang terdapat pada Ninja ZX-25R SE dan cocok dengan quick shifter bawaan motor. Setelan posisi di foto ialah 30mm lebih naik dan 30mm lebih mundur yang cocok untuk sport riding.

Rearset ZX25R Custom rearset zx25r rekomendasi - Modifikasi ZX-25R oleh Striker Japan Custom Culture

Terbuat dari duralumin dengan finishing black hard-anodized dan sesuai untuk pergantian reverse opsional.

Mesin

Engine Slider ZX25R engine slider zx25r - Modifikasi ZX-25R oleh Striker Japan Custom Culture

Slider yang dipasang di kedua sisi motor berfungsi sebagai pelindung ketika motor terjatuh. Dudukannya berbahan duralumin dan bodynya terbuat dari Duracon. Foto menunjukkan versi standar yang tersedia dalam beberapa warna.

Galeri

Spesifikasi

Part Detail
Mesin Cover Radiator Striker
Frame Slider Striker
Knalpot Knalpot Full System Inter Model SC OFF-Type B Striker
Roda Jalu As Roda Striker
Jalu As Roda untuk Diameter As 17″ Striker
Rearset Rearset Spesial Striker
Stang Jalu Stang Tipe 1 Kawasaki Striker

Tentang Striker

Striker merupakan brand asal Jepang yang memproduksi knalpot dan rearset motor berbasis pada teknologi balapan. Produk Striker diproduksi oleh para builder profesional sehingga menghasilkan sparepart performance kualitas tinggi untuk motor Kawasaki dan Honda.

Striker Brand Jepang striker brand jepang - Modifikasi ZX-25R oleh Striker Japan Custom Culture

Sumber [Heritage & Legends]

Related post

Return Top