Selain dibekali dengan mesin motor yang menjuarai Suzuka 8 Hours 2018, YZF-R1 GYTR juga dilengkapi dengan suku cadang berperfoma GYTR (Genuine Yamaha Technology Racing) dan dibalut dalam warna khusus untuk memperingati 20 tahun diluncurkannya YZF-R1. Rencananya, 20 unit YZF-R1 GYTR akan dirilis oleh Yamaha Eropa. Versi prototype, spesifikasi, dan harga motor tersebut sempat diumumkan di ajang Milan Show pada pertengahan Desember lalu dan kini Anda sudah bisa memesannya secara online.
Fairing yang dipertajam meningkatkan performa aerodinamis dan kecepatan maksimum sebesar 8km/jam. YZF-R3 kini hadir dengan fork depan upside down berdiameter 37mm dan stang jepit yang terpasang di bawah segitiga atas untuk tampilan yang lebih sporty. Stangnya pun dipasang 22mm lebih rendah dan tangki bahan bakarnya telah mengalami perubahan bentuk. Selain itu, disematkan pula lampu depan LED dan sebuah panel meter berlayar LCD. Meski saluran udara di bagian tengah fairing tidak didesain untuk ram air, ia tetap berfungsi untuk mengalirkan udara ke radiator. Rencananya, motor ini akan diluncurkan di Amerika Utara mulai Desember 2018 dan di Eropa mulai Januari 2019.
Yamaha YZF-R termuda ini benar-benar mengalami perubahan total yang berkiblat pada YZF-R15 yang dirilis di Indonesia pada 2017 lalu. Selain mesin baru, ditanamkan pula fitur ‘assist & slipper clutch’, lampu depan LED, dan fitur VVA (Variable Valve Action). Motor ini juga dilengkapi dengan rangka delta box, fork upside down berdiameter 41mm, dan swingarm ringan yang membuatnya tampak lebih mewah dibandingkan sang kakak YZF-R3 dan YZF-R25. Bagian rem depan menggunakan kaliper radial 4P sementara meter indicator-nya mengusung layar LCD. Tak ketinggalan pula pelindung handle ram sebagai perlengkapan standar YZF-R125. Untuk Anda ketahui, motor ini memiliki output maksimum sebesar 15ps.
YZF-R25 juga direncanakan akan diluncurkan di Indonesia bersamaan dengan diluncurkannya Yamaha YZF-R3 di Eropa dan Amerika Utara. Seperti R3, R25 juga dibekali dengan lampu depan LED dan fork upside down meski motor ini dikabarkan akan hadir dengan mesin dan rangka tahun 2018 agar sesuai dengan standar emisi Euro 4. Motor ini juga akan dibalut dengan tampilan dan warna yang sama sepert R3 versi Eropa, kecuali bagian logo yang sengaja dibuat berbeda. Di Jepang, motor ini baru akan diperkenalkan pada musim semi tahun 2019. Harga motor ini di Indonesia diperkirakan akan jauh lebih murah 10,000 yen (sekitar Rp1.300.000) dibandingkan dengan yang dijual di Jepang. Meski demikian, hal tersebut juga belum dapat dipastikan.
Motor bersuara unik YZF-R1 direncanakan akan hadir dalam warna baru meski beberapa bagiannya tidak akan mengalami modifikasi. Versi Eropa akan hadir dalam warna biru dengan kombinasi abu-abu sementara versi Amerika Utara akan hadir dalam warna merah. Untuk YZF-R1M, bagian suspensinya akan dibekali dengan smart EC suspension versi 2.0 dengan sistem pengaplikasian secara online sejak Oktober 2018.
YZF-R6 merupakan pendatang baru di deretan YZF seri R yang dibekali dengan kontrol traksi 6 langkah dan fork upside down KYB berdiameter 43mm yang juga dipakai di YZF-R1. Versi Eropa dan versi Amerika Utara dari YZF-R6 2019 akan hadir dengan warna baru, yakni warna dasar biru yang mirip dengan YZF-R1. Untuk membedakannya, versi Eropa akan dikombinasikan dengan warna abu-abu gelap dan garis-garis putih sementara versi Amerika Utara akan dikombinasikan dengan warna matte black dan putih. Di Jepang sendiri, motor ini akan hadir dalam tiga desain warna berbeda—dua warna yang sama dengan versi Eropa dan warna Matte Black (yang juga diluncurkan Australia).
Yamaha seri MT direncanakan akan hadir dengan sasis dan mesin YZF-R1. Pada Yamaha MT-10SP, disematkan teknologi Electronically-Controlled Suspension, yakni suspensi dengan kontrol elektronik dari Ohlins. Sementara itu, pada Yamaha MT-10 Tourer Edition yang hanya diluncurkan di Eropa, disematkan side case dan windshield yang tinggi. Kabarnya, seri MT 2019 bernama Ice Fluo akan menggantikan seri sebelumnya yang bernama Night Fluo. Velgnya pun akan dibuat dengan warna berbeda. Night Fluo menggunakan velg berwarna kuning sementara Ice Fluo akan menggunakan velg berwarna merah.
Yamaha MT-09 2019 akan dibekali dengan mesin paralel tiga silinder yang juga digunakan pada Yamaha Niken. Motor tersebut akan dibuat berbeda dengan pendahulunya, yakni MT-09 2017. Selain dilengkapi dengan lampu LED 4-eye, ia juga akan dibekali dengan fitur assist & slipper clutch dan quick shifter. Sementara itu, Yamaha MT-09SP 2019 akan mempertahankan sejumlah fitur yang dimiliki oleh Yamaha MT-09SP 2018, di antaranya fork depan upside down yang dapat disesuaikan sepenuhnya dan suspensi belakang dari Ohlins. Untuk warna, MT-09SP 2019 akan memiliki warna standar yang sama seperti Ice Fluo MT-10SP 2019.
Yamaha MT-07 2019 akan memiliki suspensi dengan performa yang lebih baik dibandingkan pendahulunya, MT-07 2018. Motor tersebut akan tampil beda dengan mengadopsi lampu depan dan eksterior MT-09. Mesin yang digunakan pun telah sesuai dengan standar emisi Euro 4. Meski demikian, beberapa fitur MT-07 2018 masih akan dipertahankan di MT-07 2019. Sama halnya seperti MT-10 dan MT-09 2019, MT-07 2019 juga rencananya akan hadir dalam varian warna Ice Fluo. Bodinya akan berwarna abu-abu kombinasi putih dan velgnya akan berwarna merah menyala. Untuk versi Eropa, motor ini akan hadir dalam dua warna lain yang juga merupkan kelanjutan dari versi sebelumnya, yakni biru dan abu-abu gelap.
Yamaha MT-03 merupakan motor seri naked yang menggunakan mesin dan sasis yang sama yang digunakan pada YZF-R3, begitu pula Yamaha MT-25 berkapasitas 249cc yang merupakan versi naked dari Yamaha YZF-R25. Seperti YZF-R3 2019 yang tidak akan mengalami banyak modifikasi, MT-03 2019 juga hanya akan mengalami perubahan warna. Motor ini juga akan hadir dalam warna Ice Fluo sebagai warna utama. Tachometer yang digunakan merupakan tipe analog berlayar LCD seperti yang juga digunakan pada YZF-R3.
Yamaha MT-125 2019 dikabarkan akan menjadi yang termuda di seri MT Yamaha. Saat ini, motor ini masih belum dirilis di Jepang. Namun, kabarnya ia akan hadir dengan suku cadang premium, di antaranya rangka delta box, fork upside down, dan panel meter digital. Motor ini juga dipersenjatai dengan mesin satu silinder SOHC dengan spesifikasi 15ps / 9.000rpm, 1,25 kg-m / 8.000rpm seperti yang digunakan pada YZF-R125, namun memiliki bobot 2kg lebih ringan dibandingkan YZF-R125. Meski mengalami sedikit perubahan, beberapa bagian lainnya akan tetap dibuat sama dengan YZF-R125. MT-125 2019 rencananya akan hadir dalam dua warna, yakni Ice Fluo dan Classic Blue.
Sumber: Young Machine (Artikel Asli dalam Bahasa Jepang)
Lihat Laman Indeks Motor Yamaha
Lihat Aksesoris untuk Yamaha MT-03
Lihat Aksesoris untuk Yamaha YZF-R125
Lihat Aksesoris untuk Yamaha YZF-R25
Lihat Aksesoris untuk Yamaha YZF-R1
Lihat Aksesoris untuk Yamaha YZF-R1M
Lihat Aksesoris untuk Yamaha YZF-R6
Lihat Aksesoris untuk Yamaha MT-10
Lihat Aksesoris untuk Yamaha MT-09
Lihat Aksesoris untuk Yamaha MT-07
Lihat Aksesoris untuk Yamaha MT-125
Modifikasi Monkey 125 Inilah Honda Monkey custom oleh user komunitas Webike bernama Kohanbito. Knalpotnya memakai…
Kerja keras tanpa kenal lelah membuat KM99 makin bersemangat jelang ronda balap FIM Endurance World…
Honda CBR650R ini dimodifikasi menggunakan knalpot full system TERMIGNONI dengan silencer titanium yang biasa digunakan…
Jadwal untuk 8 Hours of Spa Motos, ronde FIM Endurance World Championship di Belgia, telah…
Eliminator Custom di Booth Daytona Daytona membuka booth di Osaka Motorcycle Show dan menampilkan Kawasaki…
Berikut ini adalah posisi klasemen sementara usai balapan pembuka FIM Endurance World Championship 2024 yang…