Busi adalah salah satu komponen penting di sepeda motor untuk menghasilkan pembakaran secara maksimal yang dipasangkan pada mesin di ujung elektroda ruang pembakaran. Pada dasarnya, busi berfungsi untuk mengubah tegangan listrik yang disalurkan koil pengapian menjadi percikan api yang nantinya membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang mesin yang dikompresi kemudian menggerakkan mesin.

Begitu pentingnya peranan busi sehingga jika busi sudah usang atau rusak, mesin motor dipastikan sudah tidak bisa dihidupkan lagi karena sistem pengapian tidak berjalan secara sempurna. Perlu mengganti busi secara rutin agar motor Anda selalu dalam keadaan prima. Biasanya, penggantian busi dilakukan saat mengganti oli mesin.

Busi NGK

Salah satu brand andalan produk busi adalah NGK yang sudah berkecimpung selama lebih dari 80 tahun di dunia otomotif dan berdedikasi untuk selalu menjaga performa dan kualitas. Busi NGK biasa dipakai sebagai sparepart OEM dan juga aftermarket.

Kode Busi NGK

NGK menamai busi mereka dengan sistem penomoran khusus yang bisa Anda cek di gambar berikut ini.

Sistem penomoran busi standar NGK. Sumber: NGK

Sistem penomoran busi performance NGK. Sumber: NGK

Sistem penomoran busi premium NGK. Sumber: NGK

Busi NGK di Webike Indonesia

Di Webike Indonesia, ada lebih dari 400 jenis busi NGK yang disediakan. Berikut ini kami rekomendasikan 10 busi NGK terbaik 2020.

Rekomendasi 10 Busi NGK Terbaik Webike Indonesia

1) Busi Standar C9E 7499 NGK

Sesuai dengan kodenya, busi C9E memiliki diameter sekrup 10 mm, panjang 19 mm dan heat range 9. Busi C9E sesuai untuk motor Yamaha dengan part number busi 9079E-ND045, 94701-00315, 94703-00307, 94703-00315. Selain itu, busi C9E juga sesuai untuk motor Kawasaki dengan part number OEM busi 92070-1142. Busi C9E bisa untuk motor Yamaha FZ250 FAZER 1986 ke atas dan FZR250 1986-1988.

Untuk mengetahui harga dan spesifikasi busi C9E 7499 NGK, silakan cek link di bawah ini:

2) Busi Standar CR5HSB 6535 NGK

Busi CR5HSB memiliki diameter 10 mm, panjang 12,7 mm dan heat range 5. Busi CR5HSB juga sudah dilengkapi dengan resistor. Busi CR5HSB bersifat universal dan juga sesuai untuk motor Honda dengan part number OEM busi 98056-55757 dan 98056-55777.

Untuk mengetahui harga dan spesifikasi busi CR5HSB 6535 NGK, silakan cek link di bawah ini:

3) Busi Standar BR9HS 4522 NGK

Busi BR9HS memiliki diameter 14 mm, panjang 12,7 mm dan heat range 9. Busi BR9HS sudah dilengkapi dengan resistor dan bersifat universal. Busi BR9HS bisa dipakai untuk motor Honda dengan part number OEM busi 98076-59716 dan motor Yamaha dengan part number OEM busi 9079E-ND015, 90890-78077, 94701-00251 dan 94702-00251.

Untuk mengetahui harga dan spesifikasi busi BR9HS 4522 NGK, silakan cek link di bawah ini:

4) Busi Standar BR8ES 3961 NGK

Busi BR8ES memiliki diameter 14 mm, panjang 19,0 dan heat range 8. Busi BR8ES bisa dipakai untuk:

Motor Honda dengan part number OEM busi 98079-58816, 98079-58846, 98079-58857 dan 98079-58876

Motor Yamaha dengan part number OEM busi 9079E-ND031, 90890-78086, 94701-00204, 94702-00204 dan 94703-00204

Motor Suzuki dengan part number OEM busi 09482-00121, 09482-00247-111 dan 09482-00348

Motor Kawasaki dengan part number OEM busi 92070-1021, 92070-1022, 92070-2078, 92070-3005, 92070-3702 dan J4520-W24ESR-U

Motor KTM dengan part number OEM busi 54331093310

Untuk mengetahui harga dan spesifikasi busi BR9HS 4522 NGK, silakan cek link di bawah ini:

5) Busi Standar DPR8EA-9 4929 NGK

Busi DPR8EA-9 memiliki diameter 12 mm, panjang 19 mm dan heat range 8. Kode -9 menunjukkan adanya gap sebesar 0,9 mm. Busi DPR8EA-9 bisa digunakan untuk berbagai macam pabrikan motor: Honda, Yamaha, Kawasaki, Triumph, KTM, Suzuki, BMW dan lainnya. Sebagai referensi, busi DPR8EA-9 bisa dipakai untuk:

Motor Honda dengan part number OEM busi 98069-58916 dan 98069-58926

Motor Yamaha dengan part number OEM busi 94701-00241 dan 94703-00241

Motor Suzuki dengan part number OEM busi 09482-00334 dan 09482-00335-111

Motor Kawasaki dengan part number OEM busi 92070-1065 dan J4520-X24EPR-U9

Untuk mengetahui harga dan spesifikasi busi DPR8EA-9 4929 NGK, silakan cek link di bawah ini:

6) Busi Standar DR8EA 7162 NGK

Busi DR8EA memiliki diameter 12 mm, panjang 19 mm dan heat range 8 serta dilengkapi dengan resistor. Busi DR8EA bisa digunakan untuk Honda, Yamaha, Kawasaki, Suzuki, KTM, Hyosung dan lainnya. Busi ini sesuai untuk:

Motor Honda dengan part number OEM busi 98069-38719, 98069-5871P dan 98069-58726

Motor Yamaha dengan part number OEM busi 9079E-ND044, 94701-00203, 94701-00333, 94703-00203, 94703-00222 dan 94703-00333

Motor Suzuki dengan part number OEM busi 09482-00149, 09482-00223, 09482-00399

Motor Kawasaki dengan part number OEM busi 92070-1116, 92070-1199, 92070-1226, J4520-X24ESR-U

Untuk mengetahui harga dan spesifikasi busi DR8EA 7162 NGK, silakan cek link di bawah ini:

7) Busi Standar LMAR6A-9 5946 NGK

Busi LMAR6A-9 memiliki diameter 10.0, panjang 26,5mm dan heat range 6. Busi ini bisa digunakan untuk motor Yamaha Grizzly atau Yamaha dengan part number busi 94701-00423.

Untuk mengetahui harga dan spesifikasi busi LMAR6A-9 5946 NGK, silakan cek link di bawah ini:

8) Busi Standar D8EA 2120 NGK

Busi D8EA memiliki diameter 12 mm, panjang 19 mm dan heat range 8. Busi D8EA bisa digunakan untuk Honda, Yamaha, Kawasaki, Suzuki, KTM, Moto Guzzi, Aprilia dan lainnya. Busi ini sesuai untuk:

Motor Honda dengan part number OEM busi 98069-58717

Motor Yamaha dengan part number OEM busi 9079E-ND039, 94700-00827, 94701-00157, 94703-00157 dan 94703-00181

Motor Suzuki dengan part number OEM busi 09482-00144 dan 09482-00145

Motor Kawasaki dengan part number OEM busi92070-1011, 92070-1225 dan J4520-X24ES-U

Untuk mengetahui harga dan spesifikasi busi D8EA 2120 NGK, silakan cek link di bawah ini:

9) Busi Iridium BR10EIX 2294 NGK

Busi iridium NGK adalah jenis busi performa tinggi yang menghasilkan pembakaran lebih cepat dari busi standar. Busi iridium BR10EIX bisa digunakan untuk berbagai tipe motor Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, Husqvarna, Aprilia dan lainnya. Busi ini sesuai untuk:

Motor Honda dengan part number OEM busi 98079-60616, 98079-60646 dan 98079-60676

Motor Yamaha dengan part number OEM busi 90793-20004, 90793-20018, 90793-20115, 90793-20165, 90793-22091, 90890-78111, 90890-78112 dan 94703-00337

Motor Suzuki dengan part number OEM busi 09482-00181, 99000-69835-BR1, 99000-69837-BR1, 99000-79A37-29E, 99000-79A37-31E, 99000-79A45-B0E, 99000-79K24-W31 dan 99000-79S19-BR1

Motor Kawasaki dengan part number OEM busi 92070-1069, 92070-1070, 92070-1186, 92070-1272 dan J4520-IW31

Untuk mengetahui harga dan spesifikasi busi Iridium BR10EIX 2294 NGK, silakan cek link di bawah ini:

10) Busi Iridium BKR7EIX-11 5002 NGK

Busi iridium BKR7EIX-11 memiliki diameter 14 mm, panjang 19 mm dan heat range 7. Busi ini bisa digunakan untuk motor Honda XR650R 2001 ke atas.

Untuk mengetahui harga dan spesifikasi busi Iridium BKR7EIX-11 5002 NGK, silakan cek link di bawah ini:

Keunggulan busi NGK tidak perlu diragukan lagi. Jika Anda ingin lebih meningkatkan performa motor, disarankan untuk memilih busi iridium. Tenaga ekstra dari busi ini jelas terlihat ketika Anda berkendara di kondisi medan berat dan memberikan kenyamanan saat berkendara santai dan touring.

Masih banyak koleksi busi NGK yang tersedia di Webike Indonesia. Selain busi, kami juga menjual kabel busi (plug cord) dari NGK. Untuk lebih lengkapnya, klik link berikut ini ya, Webikers!

[Webike Indonesia]
Cek produk NGK lengkap di sini

Artikel selanjutnya, kami akan membahas mengenai cara membedakan busi NGK asli dengan yang palsu. Jangan lewatkan juga, ya!

wid_staff

Recent Posts

Monkey 125 Disulap Jadi CB750F Pakai Body Terbaru, Debut di Tokyo Motorcycle Show 2024!

Tim Webike berkesempatan untuk meliput motor-motor menarik yang dipamerkan di Tokyo Motorcycle Show 2024. Kami…

2 days ago

ADSS97 Ingin Bangkit di Spa Pasca Kegagalan Le Mans

ADSS97 menanggapi tidak finisnya mereka di 24 Heures Motos dengan mengeluarkan janji "terus maju dan…

2 days ago

Modifikasi Z900RS dengan Subframe ACTIVE Japan Custom Culture

Kawasaki Z900RS ini dicustom dengan Subframe TYPE-2 dari ACTIVE yang membantu motor menjadi lebih stabil…

3 days ago

Poin dan Potensi Team Étoile di EWC

Meski gagal menyelesaikan balapan perdananya di FIM Endurance World Championship, tim asal Jepang, Team Étoile,…

3 days ago

Modifikasi Honda Monkey 50cc Tangki Hijau Japan Custom Culture

Honda Monkey 50cc ini dimodifikasi dengan Set Shock Depan 27mm dari SP Takegawa. Shock depan…

4 days ago

Team Aviobike by M2 Revo Janji Tampil Kuat di Spa

Team Aviobike by M2 Revo akan berusaha untuk menunjukkan potensi utuhnya di 8 Hours of…

4 days ago