Rombak Total! Modif Motor Fairing Jadi Bosozoku

  • 28/11/2024
  •  151 views

Rombak Total! Modif Motor Fairing Jadi Bosozoku

Kalian yang dulu sering nonton the Great Teacher Onizuka pasti udah nggak asing sama model motor ini. Yak! Motor seperti inilah yang dikendarai Eikichi Onizuka bersama geng motor bosozoku-nya. Selain ngefans dengan budaya dan segala sesuatu bernuansa Jepang, kesukaannya pada anime dan manga tersebutlah yang membuat Barry Williem (Instagram: @barry.williem) memutuskan untuk menciptakan motor custom yang unik dan jarang ditemukan di Indonesia.

Untuk merealisasikan idenya itu, Barry akhirnya merombak total motor sport half fairing Buell XB12R Firebolt menjadi motor bosozoku. Untuk rangka dan leher depannya, ia menggunakan donor dari Harley Davidson Ironhead, sementara rangka belakangnya menggunakan rangka custom buatan Daeng Custom Mastery (Instagram: @daengcustom).


Di bagian depan, ada fairing rocket cowl dan lampu depan model pop up yang unik banget. Barry mengatakan awalnya ia ingin meniru lampu depan GSX750 Katana 1983 atau Spacy125 1987, namun hasil akhirnya bisa dibilang lebih mirip Chevrolet Corvette C4.


Berpindah ke area kaki-kaki, shock depan, velg, swingarm, disc brake, dan pengereman, semuanya diambil dari Kawasaki ZX-4R, itu sebabnya motor ini diberi nama Ameri-chan, karena merupakan gabungan antara mesin motor Amerika dengan spare part motor Jepang.


Di area kokpit, ada speedometer aftermarket dan stang custom hasil kolaborasi antara Daeng Custom Mastery dan @disiniadasetang.

Nggak ketinggalan ada jok dengan sandaran tinggi khas motor bosozoku bertuliskan ‘yoroshiku’ di bagian belakangnya, yang diambil dari frasa ‘yoroshiku onegaishimasu’ yang berarti ‘mohon bantuan / kerjasamanya’ atau ‘senang bertemu denganmu / kalian’.

Hampir semua part motor ini dibuat dan dikerjakan oleh Daeng Custom Mastery, termasuk rangka belakang, knalpot, tangki, bodywork, hingga visualnya! Gambar ombak biru pada motor ini terinspirasi dari lukisan the Great Wave off Kanagawa buatan Katsushika Hokusai (1830), dan pengecatan dilakukan dengan teknik air brush dan hand drawing oleh Daeng Custom sendiri.

Butuh waktu sekitar satu tahun bagi Barry dan Daeng Custom untuk menyelesaikan proses modif motor itu, namun Barry sendiri mengatakan sangat puas dengan hasilnya.

Spesifikasi

Part Detail
Knalpot Knalpot Custom by Daeng Custom Mastery
Rangka Rangka & Leher Depan Harley-Davidson Ironhead
Rangka Belakang Custom by Daeng Custom Mastery
Bodywork Jok Custom by Daeng Custom Mastery
Kelistrikan Lampu Depan LED Daymaker Model Pop-up by Daeng Custom Mastery
Mesin V-Twin Buell XB12R Firebolt
Suspensi Shock Depan ZX-4R
Velg Depan ZX-4R
Velg Belakang ZX-4R
Swingarm ZX-4R
Stang Stang Custom by Daeng Custom Mastery x @disiniadasetang
Saklar Stang Yamaha MT-25
Rem Cakram Rem ZX-4R

Related post

Hot news

  1. EWC 10 of the Best
  2. Techer Beri Sinyal Stay di Honda untuk EWC Musim Depan
  3. EWC Expert View: Informasi Para Pemenang
  4. EWC Expert View: Pakar Media EWC Pilih Canepa dan Linfoot Sebagai Hero of the Year

New Products

Return Top