Z900 adalah motor super sport Kawasaki dengan tampilan agresif yang dikenal dengan sebutan sugomi atau posisi predator saat akan menerkam mangsa. Lalu, bagaimana dengan performanya? Artikel ini akan membahas spesifikasi lengkap dan ulasan test ride Z900 2019.
Spesifikasi dan Test Ride Z900 2019
Banyak orang yang langsung terpikir ke Z900RS ketika mendengar “Z900“. Namun, apakah Anda tahu bahwa Z900 lebih dulu dirilis di Eropa dan negara-negara lainnya dibanding Z900RS?
Selain itu, Z900RS juga berbasis dari Z900. Di Jepang, Z900 ini cukup menarik perhatian kalangan pecinta motor. Salah satu staf Webike Japan yang bernama Ryu memiliki Z900 ini dan berikut adalah ulasan dan test ride-nya.
Bentuknya solid dan tangguh
Berbeda dari Z900RS yang bergaya naked, Z900 adalah motor dengan model street fighter (super naked). Kesan agresif diperlihatkan di bagian tail-nya yang berdesain tinggi khas motor super sport. Walaupun Z900 ini adalah motor yang menjadi basis Z900RS, konsepnya sangatlah berbeda.
Bodi motornya terasa ringan dan mudah dikendalikan, sehingga tidak terasa seperti motor berbodi besar. Joknya tidak terlalu tinggi dan pijakan ke tanahnya terasa mantap, sehingga kestabilan motor ini dapat tetap terjaga ketika dinaiki.
Panjang, Lebar, Tinggi
2.065 mm, 825 mm, 1.065 mm
Berat
210 kg
Ketinggian Jok
795 mm
Terdapat pula emblem huruf Z dengan grafis yang mencolok.
Lampu Kawasaki Z900 2019
Semua lampu pada motor ini memakai bohlam biasa, kecuali lampu belakangnya yang memakai LED. Ada fitur yang memungkinkan Anda untuk melihat huruf Z pada lampu belakang saat menyala.
Lampu Depan
Lampu depannya terlihat seperti ini dan merupakan jenis lampu depan ganda. Saat low beam, satu sisi lampu depannya akan menyala, sedangkan dua-duanya akan menyala ketika diubah ke high beam.
Lampu Belakang
Lampu belakangnya dibekali dengan lampu LED. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, cahaya lampu belakang Z900 ini akan membentuk huruf Z ketika menyala. Terlihat keren.
Panel meter yang mudah dibaca
Panel meter ini full digital dan menampilkan odometer, tripmeter A dan B, indikator posisi gigi, fuelmeter, cruising range, konsumsi bahan bakar rata-rata dan instan, dan economical riding indicator (saat berkendala secara eco-friendly). Desainnya simpel, namun enak dipandang mata. Informasi yang ditampilkan juga lengkap.
Stang dan saklarnya berdesain simpel dan tidak ada tambahan khusus
Kotak saklar di bagian stang memiliki tampilan dan fungsi standar dan tidak ditambahkan dengan perlengkapan khusus. Tidak banyak tombol yang ada, sehingga Anda tidak perlu pusing-pusing dalam mengoperasikannya. Anda dapat langsung terbiasa.
Dilengkapi dengan passing switch. Handle-nya dapat disesuaikan dalam lima langkah, baik untuk handle rem maupun kopling.
Joknya terasa nyaman, tapi mungkin tidak untuk perjalanan jarak jauh
Joknya tergolong tipis, namun cukup nyaman ketika diduduki. Kedua kaki Anda akan berada dalam posisi yang nyaman ketika Anda duduk.
Jika Anda pakai motor ini untuk berkendara di kota atau touring dalam jarak yang tidak terlalu jauh, Anda akan merasa cukup nyaman duduk di atas motor ini tanpa masalah yang berarti. Namun, jika Anda duduk dalam waktu yang lama, Anda akan merasa pegal. Saran kami, Anda dapat membekali jok ini dengan bantalan atau semacamnya ketika Anda ingin touring jarak jauh dengan Z900 ini.
Jok belakangnya sangat kecil dan penumpang tidak dapat mendapat grip yang cukup baik di atas motor ini. Jadi, berhati-hatilah saat Anda membawa penumpang dengan motor ini. Di bawah ini ada gambar jok penumpangnya. Ukurannya mini sekali haha.
Ruang penyimpanannya juga tidak terlalu luas. Alternatifnya bisa pakai pakai tas, tapi… Jika Anda bepergian selama satu hari, mungkin tidak masalah jika membawa seat bag berkapasitas kecil. Namun, jika Anda ingin memasang seat bag berkapasitas sekitar 25L di atas motor ini, sepertinya akan mengganggu keseimbangan motor ini. Pilihan lainnya memasang bracket tas tambahan atau pikirkan solusi lainnya.
Perlengkapan standar ETC2.0
Jika Anda lepas jok belakangnya, Anda akan terkejut dengan temuan ruang kosong di bawahnya. Karena ETC2.0 adalah perlengkapan bawaan, maka perlengkapan on-board juga termasuk. Praktis sekali!
Suspensi untuk lari yang lincah
Z900 tidak memiliki sistem kontrol traksi, hanya ABS. Remnya juga bukan bertipe radial mount seperti Z900RS, tetapi dapat berfungsi dengan baik dan sangat mengesankan. Jika Anda masih kurang terkesan dengan performanya, mungkin dapat ditambah atau diganti dengan produk aftermarket sejenis.
Shock depan upside down dan shock belakang mengatur damping force dan pre-load. Anda juga bisa mengubahnya sesuai dengan situasi dan preferensi berkendara Anda.
Ukuran ban
Depan: 120/70ZR17M/C (58W)
Belakang: 180/55ZR17M/C (73W)
Suaranya halus dan lajunya terasa ringan
Anda mungkin sudah mendengar sendiri suara knalpot Z900RS yang menghasilkan suara yang lumayan menggelegar. Sebaliknya, Z900 memiliki suara yang lebih halusS. Ketika motor ini melaju kencang, suaranya juga masih terdengar nyaman di telinga.
Mesinnya sangat bertenaga. Membuat Anda ingin gas pol!
Mesin 4-silinder segaris 948 cc Z900 ini berfungsi dengan mulus ketika motor dijalankan dan menyenangkan saat dipacu pada kecepatan tinggi. Ryu, test rider kami, mencobanya hingga putaran 5.000 dan menurutnya lancar-lancar saja.
Bodinya ringan dan mesinnya sangat bertenaga; kombinasi yang sempurna. Berkat Assist & Slipper Clutch pada motor ini, pergantian giginya sangat mulus dan mudah dioperasikan.
Konsumsi bahan bakarnya juga tidak terlalu boros
Konsumsi bahan bakarnya lebih baik dari yang diperkirakan sebelumnya. Jika dibawa berjalan-jalan berkeliling kota, konsumsinya sekitar 17 km/L. Saat dibawa ke jalan tol, kira-kira menjadi sekitar 24km/L. Untuk urusan konsumsi bahan bakar, motor ini tergolong irit.
Perlengkapan lainnya
Selain hook muatan barang asli Kawasaki, motor ini juga dilengkapi dengan gembok helm sebagai perlengkapan bawaannya. Namun, mustahil menggunakan hook tersebut jika motor mengusung fender elimator kit. Harus pintar-pintar menyiasatinya.
Harganya termasuk murah
Akhir-akhir ini, standar harga motor super sport berada di kisaran 2 juta yen (sekitar 270 juta Rupiah). Namun tenang saja, Z900 lebih murah 1 jutaan Yen, sehingga tidak akan menguras budget Anda begitu banyak.
Dibandingkan dengan Z900RS, Z900 lebih murah 400.000 Yen atau sekitar 50.000.000 lebih murah. Anda bisa menggunakan budget lebih itu untuk custom. Z900 tidak dibekali dengan perlengkapan high-performance apa pun, namun larinya tetap lincah dan cepat. Jadi, motor ini sebanding dengan budget yang Anda keluarkan. Motor super sport semacam ini tergolong murah.
Harga (per September 2019)
950.400 Yen atau sekitar 125 juta Rupiah
Test ride Z900 2019
Test rider kami, Ryu, mencoba Z900 dan saat pertama kali mengendarainya, ia tidak menyangka bahwa motor ini terasa lebih ringan dari perkiraan. Feeling-nya kurang lebih sama seperti ketika mengendarai ZX-9R 900 cc, namun Z900 ini memang terasa lebih ringan.
Selain itu, Z900 sangat lincah di tikungan. Motornya juga mulus saat dijalankan, termasuk ketika masuk putaran 5.000. Motor ini sesuai untuk Anda yang suka berganti gigi ketika memacu motor pada kecepatan tinggi.
Kesimpulan
Z900 memiliki banyak daya tarik. Z900 adalah motor besar yang sangat direkomendasikan untuk Anda baik rider baru yang ingin mencoba motor besar maupun rider berpengalaman yang familiar dengan motor tipe besar.
Seperti yang telah disebutkan di awal, motor ini tidak dibekali dengan perlengkapan high-performance, namun larinya masih kencang. Mungkin Anda perlu menambahkannya dengan custom part atau perlengkapan lainnya. Namun, tidak perlu menambahkan apa pun juga sudah cukup memuaskan.