Spesifikasi Yamaha Tricity 300 2020 Terbaru

Yamaha resmi mengumumkan beberapa motor keluaran 2020 terbaru di Eropa tanggal 4 November 2019 lalu. Selain XSR900 yang dibalut kelir baru RZ dan TMAX650 yang mendapat tambahan kapasitas mesin, motor roda tiga Tricity 300 juga patut untuk dipertimbangkan.

Mesin dan output sama seperti XMAX300, berat bertambah 60kg

Tricity 300 sebelumnya pernah diliput oleh Young Machine di Tokyo Motor Show 2019 tanggal 23 Oktober silam (lihat video di bawah ini). Namun, saat itu belum ada detail lebih lanjut mengenai motor ini. Akhirnya, Yamaha mengumumkan detail spesifikasi Tricity 300 saat press release-nya 4 November silam.

Tricity 300 memiliki mesin 292 cc satu silinder sama seperti XMAX300. Output maksimumnya pun sama, yakni 20,6kW (28ps)/7.250rpm dan torsi maksimumnya berada di angka 29Nm (2,9 kg-m)/5.750rpm. Jika membandingkan beratnya dengan XMAX300, Tricity 300 lebih berat 60kg. XMAX300 memiliki berat 179kg, sedangkan Tricity 300 239kg. Kapasitas tangkinya 13L. Pertambahan berat seperti itu wajar karena meningkatnya beban LMW pada bagian depan, seperti halnya Yamaha Niken yang beratnya bertambah 70kg dibandingkan MT-09 dengan mesin yang sama. Namun, ketika Young Machine melakukan test ride Niken, hampir tidak ada perbedaan dalam hal kecepatan dan kelincahan saat berbelok. Malah, Niken dicatat lebih cepat dibanding MT-09.

Tricity 300 didesain untuk memiliki distribusi berat depan dan belakang sebesar 50:50 ketika dikendarai, tekniknya sama seperti Niken. Persamaannya dengan Niken tidak berhenti di situ. Tricity 300 juga menggunakan geometri Ackermann agar mencapai performa dan kestabilan tingkat tinggi. Selain itu, Tricity 300 mengadopsi traction control XMAX300.

Yamaha Tricity 300 2020 spesifikasi Eropa warna Tech Kamo.

Yamaha Tricity 300 2020 spesifikasi Eropa warna Icon Grey.

Yamaha Tricity 300 2020 spesifikasi Eropa warna Gunmetal Grey.

Sumbu roda depan Tricity 300 memiliki lebar 470mm, lebih lebar daripada Niken

Tricity 300 spek Eropa mengantongi lisensi untuk kendaraan roda empat, sehingga dikabarkan bahwa Tricity 300 memiliki lebar sumbu roda 470mm, lebih lebar 60mm daripada Niken yang sama-sama dilengkapi LMW. Dual fork yang dipasang di bagian dalam roda depan membuat pergerakan motor menjadi lebih stabil bahkan di jalanan licin atau tidak rata sekalipun. Motor ini dibekali dengan mekanisme tilt lock assist yang membantu motor agar tetap tegak saat berhenti.

Tricity memiliki tinggi jok 795mm dan Anda tidak perlu khawatir jika joknya terlalu tinggi karena Anda tak perlu menapakkan kaki untuk menahan motor. Kesimpulannya, Tricity 300 muncul sebagai motor yang menjawab semua kebutuhan dengan gaya sporty seperti Niken dan kepraktisan yang setara atau lebih tinggi dari Tricity 155.

Velg depannya memakai ukuran 14 inci, lebih kecil dari Niken dan XMAX yang berukuran 15 inci. Informasi untuk Tricity 300 spek Jepang, sumbu rodanya akan diperkecil untuk memenuhi aturan kendaraan roda dua.

Saklar model geser di handle kiri.

Panel meternya tipe LCD dan terdapat indikator tilt lock di bagian belakang. Zona merah tachometernya dimulai dari 9.000 rpm, sama seperti XMAX300.

Bagasi bawah joknya dapat menyimpan dua helm, sehingga ukurannya kurang lebih sama seperti MAX series. Sepertinya masih tersisa ruang untuk menyimpan tas ukuran kecil.

Tricity 300 berbekal mesin yang sama seperti XMAX300: 292 cc 4-katup SOHC satu silinder 4-tak berpendingin cairan. Karena motor ini harus memenuhi regulasi Euro 4, maka regulasinya akan diterapkan tahun depan bersama dengan XMAX300. Hingga saat ini belum tersedia informasi yang jelas apakah akan diproduksi juga Tricity versi 250 cc untuk pasar domestik.

Sumber [ Young Machine ]

wid_staff

Recent Posts

Performa Meningkat! Honda Monkey Custom Pakai Part SP Takegawa

Modifikasi Monkey 125 Inilah Honda Monkey custom oleh user komunitas Webike bernama Kohanbito. Knalpotnya memakai…

4 days ago

KM99 Makin Semangat Jelang EWC Balapan Kandang

Kerja keras tanpa kenal lelah membuat KM99 makin bersemangat jelang ronda balap FIM Endurance World…

4 days ago

Modifikasi Honda CBR650R dengan Knalpot Termignoni dan Guard STRIKER Japan Custom Culture

Honda CBR650R ini dimodifikasi menggunakan knalpot full system TERMIGNONI dengan silencer titanium yang biasa digunakan…

5 days ago

Simak Jadwal Lengkap 8 Hours of Spa Motos 2024

Jadwal untuk 8 Hours of Spa Motos, ronde FIM Endurance World Championship di Belgia, telah…

5 days ago

Modifikasi Kawasaki Eliminator oleh Daytona – Osaka Motorcycle Show 2024

Eliminator Custom di Booth Daytona Daytona membuka booth di Osaka Motorcycle Show dan menampilkan Kawasaki…

6 days ago

Klasemen EWC 2024 Usai 24 Heures Motos

Berikut ini adalah posisi klasemen sementara usai balapan pembuka FIM Endurance World Championship 2024 yang…

6 days ago