Team Moto Ain Rekrut Tamburini dari WSBK

  • 17/03/2023
  •  610 views

Tamburini EWC tamburini ewc 600x340 - Team Moto Ain Rekrut Tamburini dari WSBK

Roberto Tamburini akan membalap dengan Team Moto Ain di FIM Endurance World Championship 2023.

Menganggap EWC sebagai “kejuaraan level top” dan “game yang serius”, sang rider berusia 32 tahun ini bergabung dengan tim bermotor Yamaha yang sebelumnya sudah mendatangkan rekan senegaranya Claudio Corti dan rider muda Prancis Corentin Perolari.

“Walau saya membalap di WSSP, STK1000 dan WSBK selama bertahun-tahun, saya juga terpikir ikut endurance,” kata Tamburini. “Dan seiring berjalannya waktu, saya makin yakin kalau balapan 24 jam itu wajib dicoba oleh pecinta motor racing sejati. EWC adalah kejuaraan level tinggi. Balapan ini serius. Jika Anda lihat pengisi gridnya ada banyak tim pabrikan dan rider kelas dunia. Levelnya luar biasa. Dan olahraga ini juga sangat menantang.

“Dalam satu balapan 24 jam itu setara 8-10 kali balapan WSBK. Pastinya menegangkan dan melelahkan. Saya jadi tahu bahwa kunci untuk menikmati musim EWC adalah dengan cara mencari tim dengan paket terlengkap.

“Saya sudah bertahun-tahun membalap di STK1000 dan WSBK dengan motor Yamaha R1. Sebagai rider Italia saya paham betul ban Pirelli dan kaliper plus kampas rem Brembo yang mereka pakai. Jadi di atas kertas R1 mereka sangat mirip dengan R1 yang saya geber tahun kemarin di World Superbike. Perbedaannya hanya tangki yang lebih besar berkapasitas 24 liter, motornya yang lebih berat, and sisi ergonomisnya yang harus sama untuk ketiga rider. Tapi saya cukup nyaman dengan R1 EWC ini.

“Kami sudah menjalani beberapa tes dan catatan waktunya cukup memuaskan. Data yang diperoleh membuat saya percaya diri. Tapi saya merasa seperti rookie. Le Mans akan jadi balapan 24 jam pertama saya. Saya belum pernah membalap di malam hari, atau di sirkuit Spa dan Paul Ricard. Saya mohon bantuan kepada Claudio, Corentin, dan seluruh anggota tim. Dengan berbagi pengalaman, saya bisa maju lebih cepat, dan bersama kami bisa dapat balapan yang bagus. Mari kita lihat nanti.”

Foto: Facebook.com/RobertoTamburini02

Sumber [ FIM EWC ]

Related post

Return Top