Motor CB1300SF naked yang besar ini, yang bisa dibilang adalah motor terbaik Honda, akhirnya diluncurkan dalam SP Specification!
Motor ini menjadi lebih bertenaga dan rasanya seperti tidak ada guncangan sama sekali berkat suspensi Ohlins dan kaliper rem Monoblock dari Brembo yang mengisi bagian depan motor.
Dalam edisi ini, kami akan kupas tuntas tentang motor CB1300SF SP ini!
Performa Aslinya yang Mencengangkan Berbanding Terbalik dengan Tampilannya
Motor ini memiliki tenaga 1300cc dengan 4 silinder inline dan saya rasa beratnya agak lebih.
Tetapi ketika dikendarai, bodi motor terasa lebih ringan dan handlingnya juga lebih mudah sehingga saya berpikir, “Ini bukan motor 400cc, kan?!”
[Panjang/Lebar/Tinggi Keseluruhan]
2.200mm/795mm/1.135mm
[Berat]
268kg
Foot Grounding Tidak Terlalu Baik
Tinggi Joknya 790mm, tidak terlalu tinggi untuk jenis motor ini. Tetapi, karena tangki dan joknya sama-sama lebar, foot groundingnya lebih jelek dari yang saya pikir.
Tinggi badan saya 173cm dan ketika saya duduk di jok depan, kaki rasanya agak menggantung, dan ketika salah satu staff dengan tinggi 161cm mencobanya, ia harus berjinjit agar bisa menyentuh tanah.
Ngomong-ngomong, tinggi jok untuk CB1300SF yang biasa adalah 1300mm dan alasan kenapa jok motor ini lebih tinggi adalah karena suspensi Ohlinsnya menaikkan tinggi motor.
Semua Lampu Diubah Menjadi LED
Semua lampu motor termasuk lampu sein diubah jenisnya menjadi LED. Sampai model 2017, untuk lampu depan dan sein kami menggunakan lampu halogen, tetapi dengan LED lampunya menjadi lebih tajam. Lampu belakang juga LED dengan motf khas motor seri CB.
Lampu Depan
Panel Meter Analog Binokular + Liquid Crystal Panel
Panel meternya menggunakan model lama binokular. Dilengkapi dengan jam, shift indicator, dan panel liquid crystal yang turut menampilkan ODO, temperatur udara, dan temperatur air motor serta penghangat stang yang semunya bisa dikontol melalui stator.
Peralatan Penghangat Stang Standar
Switchnya memiliki model khas Honda, tetapi ada heater switch di stang sebelah kiri.
Setiap kali ditekan, penghangat stangnya bisa disesuaikan dalam 5 tingakatan. Riding test ini diadakan di tengah-tengah dinginnya musim dingin Januari lalu jadi saya sangat mengapresiasi adanya komponen ini.
Komponen SP yang Benar-Benar Spesial
Rem
Rem depannya dilengkapi dengan kaliper Brembo 4 piston standar. Piringan remnya juga mengikuti model standar yang ini berukuran Φ 310mm, tetaphi khusus untuk motor ini diameter master silinder dan selangnya diperbesar.
Performa remnya bagus dan lebih mudah dikontrol. Remnya tidak akan bermasalah bahkan jika digunakan di kota yang banyak lampu merahnya. Rem belakangnya dilengkapi dengan piringan single diameter 256mm dan kaliper piston. ABS unit juga dipasang.
Suspensi
Suspensi Ohlins yang dipasang dengan kaliper Brembo membuat performa bagian depan CB1300SF SP ini sangatlah bagus.
Suspensi depannya dilengkapi dengan shock depan upright Ohlins dengan dalaman shock berdiameter 43mm yang didesain khusus untuk motor ini. Shock depannya bisa diatur dan diperpanjang ke kanan dengan kompresi pengatur di sebelah kiri. Ada 20-stage pengaturan shocknya.
Suspensi belakangnya juga menggunakan produk Ohlins. Kapasitas tabung master remnya besar dengan diameter 49mm dan bisa disesuaikan dalam 20 posisi sehingga dapat bekerja dengan baik dengan suspensi depan. Tidak sepeti suspesi Ohlins untuk CB1300SF biasa, untuk model ini suspensinya dibuat secara khusus.
Velg
Velg palang 10 yang digunakan sengaja didesain untuk menyeimbangkan berat per. Velg dan inner disc SP ini sama seperti yang digunakan CB 1100RS berdasarkan komponen kaliper radialnya.
Mesin dan Knalpot yang Gahar
Model mesinnya menggunakan SC54, dan mungkin saya agak berlebihan jika mengatakan bahwa mesin ini hampir sempurna karena penyempurnaan dari model 2003.
Output maksimum dengan transmisi 6 percepatan adalah 110. pengembangan sistem intake dan knalpot memberikan efisiensi dan torsi yang stabil saat mesin berputar pelan. Lebih dari itu, bodinya yang besar membuat saya berharap mesinnya lebih garang daripada penampilannya!
Adanya assist slipper clutch membuat kopling terasa ringan yang juga turut mengurangi guncangan akibat penggunaan kopling tetapi tidak mengurangi performa motor secara keseluruhan.
Suara knalpot yang normal terdengar seperti suara bass yang berat. Tetapi, bagus tidaknya desain knalpot yang sepertinya diperkecil tergantung selera masing-masing.
Tangki Kapasitas Besar
Kapasitas tangki motor ini cukup besar, yakni 21 L full tank. Walaupun begitu, besaran tangki tidak mengganggu posisi lutut karena sudah diberikan bantalan di area samping. Saya senang kapasitasnya besar, tetapi bensinnya tidak seirit yang saya kira.
※ Kira-kira 13km/L
Jok dan Posisi Berkendara yang Nyaman
Joknya tebal dan empuk! Joknya juga cukup lebar dengan tinggi yang cukup sehingga stabilisasi motornya lebih mudah.
Di bawah joknya juga ada bagasi 11L yang dilengkapi dengan peralatan standar sepert cigar socket, dll. Dudukan helm juga ada di samping jok.
Daftar Harga CB 1300 Terbaru
Harga Retail dari Pabrik (termasuk pajak 8%)
CB1300 SUPER FOUR
1.483.920 Yen (Harga sebelum pajak 1.374.000 Yen)
CB1300 SUPER FOUR SP
1.851.120 Yen (Harga sebelum pajak 1.714.000 Yen)
CB1300 SUPER BOL D’OR
1.591.920 Yen (Harga sebelum pajak 1.474.000 Yen)
CB1300 SUPER BOL D’OR SP
1.959.120 Yen (Harga sebelum pajak 1.814.000 Yen)
Harga untuk CB1300 SP ini kemungkinan lebih mahal 340,000 Yen jika dilihat dari berbagai tambahannya seperti suspensi Ohlins dan kaliper Brembo.
Kalau buat saya pribadi tidak begitu sepadan karena harganya menyentuh 2 juta Yen, tapi…
Bagi Anda yang memang ingin mengendarai CB1300SF custom, motor ini adalah motor yang pas!
Kesimpulan
CB1300SF SP ini adalah motor seri CB1300 yang pertama kali saya naiki dan motor ini sangat sangat bagus. Mesin yang mudah dikendalikan yang mudah melesat dari torsi rendah, medium, dan tinggi.
Bodinya yang kokoh dan ringan membuatnya nyaman dikendarai. Kalau mau lebih mantap lagi, pasang beberapa produk Ohlins lagi lalu gas!
SP ini memang sangat bagus jika dilihat aslinya, makanya buruan tengok! Pasti langsung ingin menaikinya.
Spesifikasi
Ini adalah tabel spesifikasi CB1300 dan tanda [] menunjukkan spesifikasi CB1300 SP.
Nama Motor | CB1300 SUPER FOUR | CB1300 SUPER BOL D’OR | ||
---|---|---|---|---|
Nama dan Tipe Motor | HONDA・2BL-SC54 | |||
Panjang (mm) | 2.200 | |||
Ukuran (mm) | 795 | 825 | ||
Tinggi (mm) | 1.125 [1.135] | 1.205 [1.215] | ||
Velg (mm) | 1.520 | |||
Jarak Terendah dari Tanah (mm)★ | 125 | |||
Tinggi Jok (mm)★ | 780 [790] | |||
Rut Weight (kg) | 268 | 274 | ||
Kapasitas Penumpang (orang) | 2 | |||
Konsumsi Bahan Bakar Rate*1 (km/L) |
Nilai Kementerian Lahan, Infrastruktur, dan Transport: Nilai Konsumsi Bahan Bakar Reguler*2 (km/L) |
26,8 (60) | ||
WMTC Mode Value★ (Kelas)*3 |
16,8 (Kelas 3-2) | |||
Minimum Turning Radius (m) | 2,7 | |||
Model Mesin | SC54E | |||
Tipe Mesin | DOHC 4 silinder 4 katup berpendingin udara 4 tak | |||
Total Engine Displacement(cm³) | 1.284 | |||
Diameter Dalam × Stroke (mm) | 78,0 × 67,2 | |||
Compression Ratio★ | 9,6 | |||
Output Maksimum (kW [PS] / rpm) | 81[110]/7.250 | |||
Torsi Maksimum (N-m [kgf-m] / rpm) | 118[12,0]/5.500 | |||
Bentuk Fuel Device | Elektronik | |||
Starting Method★ | Self Type | |||
Model Ignition★ | Tipe Full Transistor Battery Ignition | |||
Lubrication Method★ | Combined Cascade Pumping | |||
Kapasitas Tangki (L) | 21 | |||
Tipe Kopling★ | Kopling Basah Plat Ganda dengan Per Coil | |||
Tipe Transmisi | Constant Mesh Type 6-speed Return | |||
Gear Ratio | 1-percepatan | 3,083 | ||
2-percepatan | 1,941 | |||
3-percepatan | 1,478 | |||
4-percepatan | 1,240 | |||
5-percepatan | 1,074 | |||
6-percepatan | 0,964 | |||
Reduction Ratio (1 time ★ 2 times) | 1,652/2,222 | |||
Sudut Caster (Derajat) ★ | 25゜00′ | |||
Trail Amount (mm) ★ | 99 | |||
Ban | Depan | 120/70ZR17M/C(58W) | ||
Belakang | 180/55ZR17M/C(73W) | |||
Tipe Rem | Depan | Hydraulic Double Disc | ||
Belakang | Hydraulic Disc | |||
Suspensi | Depan | Tipe Telescopic | ||
Belakang | Swingarm | |||
Tipe Frame | Double Cradle |