Tips Mengganti Seal Oli Shock Depan Langsung dari Ahlinya!

  • 14/01/2021
  •  35,556 views

Cara Mengganti Seal Oli Shock Depan cara mengganti seal oli shock depan - Tips Mengganti Seal Oli Shock Depan Langsung dari Ahlinya!

Waduh, ada oli bocor dari shock depan… Kalau oli shock yang bocor ini mengalir dan menempel ke cakram atau kaliper rem, pasti performa pengereman bakal berkurang.

Jika kamu menemui masalah seperti ini, segeralah ganti seal oli. Namun, kamu jangan sembarangan menggantinya dan harus berhati-hati dalam pemasangannya agar tidak merusak bagian seal dan sekitarnya. Webike punya tips untuk kamu yang ingin mengganti dan memasang seal oli sendiri. Tips ini langsung dari sang profesional lho, yuk simak!

Cara Mengganti Seal Oli Shock Depan

Cara Mudah Mengganti Seal Oli Shock Depan cara mudah ganti seal oli - Tips Mengganti Seal Oli Shock Depan Langsung dari Ahlinya!

Shock depan memiliki tipe shock upright dan upside down. Shock depan yang dibahas di sini adalah tipe upright. Ada beberapa hal yang harus dilakukan terlebih dahulu sebelum melepas shock depan dari body motor.

(1) Pertama-tama, lepas baut yang terletak di atas as shock
(2) Lepas baut yang ada di pipa peredam yang terpasang langsung di bawah casenya.

Saat shock depan masih terpasang di body motor, baut atas dan bawahnya sebenarnya mudah untuk dilepas. Jika kamu tidak mengendurkan klem di sisi bracket bawah yang mengencangkan as shock nya, as shock itu tidak akan berputar sehingga baut atas shock depan dapat dengan mudah dilepas.

Setelah kedua roda depan dilepas, baut yang terletak di pipa peredam juga bisa dilepas dengan mudah. Alasannya ialah sebelum melepas baut atas, per shock depan yang terletak di dalam masih dalam posisi terkompresi sehingga pipa peredam tetap terjaga posisinya sehingga baut mudah dilepaskan.

Lepas baut atas dan baut pemegang shock tipe upright ini lalu lepas klip penahan seal olinya. Pisahkan as shock dari tabungnya agar selanjutnya seal oli dapat dilepas.

Karena tidak ada metal slide di dalam as shock motor model lama, seal oli dapat dilepas dengan mudah. Namun ada kalanya motor keluaran tahun 1980-an ke atas memiliki metal slide itu di dalam as shocknya. Jika demikian, seal shock depan dapat ditarik dengan mengaitkannya dengan metal slide tersebut.

Poin Penting
・Jika kamu cek daftar sparepart sebelum proses pelepasan dan sudah tahu apakah ada metal slide ini atau tidak, kamu tidak akan bingung selama prosesnya.
・Jika memang ada metal slide, seal oli dapat dilepas dengan menggeser as shock depannya.

Hati-hati Saat Memasang Seal Oli!

Oil Seal Original oil seal original - Tips Mengganti Seal Oli Shock Depan Langsung dari Ahlinya!

Seal oli yang lama diganti dengan seal oli original dari pabrikan. Tergantung dari model motornya, tersedia pula jenis seal oli khusus dengan low friction loss. Jadi, saat kamu membeli seal oli, perhatikan juga apakah part yang berjenis khusus tersebut kompatibel dengan motor kamu.

Webike menyediakan seal oli untuk motor kamu. Lengkapnya bisa dicek di link di bawah ini ya. Kalau kamu ingin seal oli OEM alias bawaan dari pabrikan motor kamu, kami juga bisa membantumu untuk menyediakannya.

[Webike Shopping]
Beli Seal Oli di sini

Pakai Rubber Grease agar Pemasangan Lebih Mulus

Oil Seal Rubber Grease oil seal rubber grease - Tips Mengganti Seal Oli Shock Depan Langsung dari Ahlinya!

Ketika memasang seal oli, pastikan kamu gunakan gemuk pelumas berupa gemuk karet sehingga tidak merusak bagian seal tempat as shock dimasukkan.

Rubber grease adalah gemuk yang digunakan untuk mengurangi resistensi part logam dan karet. Kamu juga bisa gunakan silicone grease sebagai penggantinya.

Apakah ada teknik khusus saat memasukkan seal ke as shock?

Tips Mengganti Seal Oli Shock Depan tips mengganti seal oli shock depan - Tips Mengganti Seal Oli Shock Depan Langsung dari Ahlinya!

Memasukkan seal oli ke bagian ujung as shock depan harus dilakukan secara hati-hati karena kalau tidak, akan dapat merusak bagian penting seal itu sendiri. Kamu bisa akali dengan memasukkan seal ke dalam plastik.

Poin Penting

・Beli seal oli yang sesuai dengan model motor kamu, ada baiknya dipastikan terlebih dahulu
・Ketika memasang seal oli, gunakan rubber grease untuk agar meningkatkan pelumasannya.
・Hal yang paling penting ialah jangan sampai kamu merusak bagian sealnya!

Teknik dan Prosedur Cara Mengencangkan Seal Oli

Siapkan alat khusus yang bernama oil seal driver. Atur menjadi tiga bagian yang sama besar (membentuk sudut 120 derajat antar piece-nya) lalu dorong dan kencangkan seal dengan oil seal driver.

[Webike Shopping]
Beli Oil Seal Driver di sini

Oil Seal Puller oil seal puller - Tips Mengganti Seal Oli Shock Depan Langsung dari Ahlinya!

Putar secara terus-menerus sembari menjaga keseimbangan seal oli. Jika seal olinya miring, seimbangkan posisinya dengan cara menekan bagian yang tidak seimbang.

Shock depan untuk motor keluaran di atas 1980an memiliki metal slide yang terpasang di as shock depan. Seal oli untuk tipe ini dapat dilepas ketika as shock ditarik keluar. Namun, untuk motor-motor keluaran tahun lama, tidak ada metal slide seperti itu dan kamu bisa mengeluarkan seal oli dengan alat khusus.

Proses Melepas Seal Oli Shock Depan proses mengeluarkan seal oli shock depan - Tips Mengganti Seal Oli Shock Depan Langsung dari Ahlinya!

Ada banyak tipe alat khusus untuk melepas seal oli, jadi pilihlah alat yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kamu. Jika kamu punya banyak koleksi alat-alat khusus, tentunya ini akan lebih memudahkanmu saat ingin servis motor sendiri. Hati-hati ketika mengeluarkan bagian dalam shock depan, jangan sampai merusaknya.

Bagian Dalam Shock Depan bagian dalam shock depan - Tips Mengganti Seal Oli Shock Depan Langsung dari Ahlinya!

Jika kamu menarik keluar seal oli secara paksa dengan obeng minus atau tire lever, dinding bagian dalam dari shock ini bisa saja tergores. Goresan-goresan itu akan memberi dampak pada seal oli sehingga dapat menyebabkan oli bocor lagi.

Poin Penting

・Jika seal oli terlihat miring saat kamu memasangkannya, segera seimbangkan kembali posisinya.
・Jika kamu tekan dan pasang seal oli pada sudut yang berbeda, seal oli akan rusak dan menyebabkan oli bocor.

Peralatan Khusus Penggantian Seal Shock Depan

Peralatan Khusus Oli Shock Depan peralatan khusus oli shock depan - Tips Mengganti Seal Oli Shock Depan Langsung dari Ahlinya!

Siapkan terlebih dahulu peralatan-peralatan khusus untuk shock depan agar lebih praktis. Banyak produsen yang mengeluarkan berbagai tipe oil seal driver dan oil seal puller.

[Webike Shopping]
Beli Oil Seal Puller di sini

Peralatan khusus ini adalah jenis peralatan yang paling efektif untuk digunakan. Oil seal driver yang digunakan adalah dari merek Hasco. Jadi, kami sarankan kamu mulai mengoleksi peralatan-peralatan khusus sebelum mulai mencoba maintenance motor sendiri.

Sebagai langkah akhir, masukkan oli shock dengan tingkat oli yang sama persis antara bagian kanan dan kiri. Lebih praktis lagi jika kamu menggunakan suntikan oli agar takarannya pas.

[Webike Shopping]
Beli Suntikan Oli di sini

Poin Penting

・Untuk mengeluarkan seal oli, kami sarankan kamu memakai oil seal puller yang merupakan peralatan khusus untuk shock.
・Goresan di dinding bagian dalam shock dapat menyebabkan oli bocor.
・Ketika mengepaskan seal oli menggunakan oil seal driver, pastikan posisi seal oli seimbang dan tidak miring.

[Baca Juga]
Bisakah Maintenance Shock Depan dan Belakang di Rumah?

Related post

Return Top