Inikah Calon Yamaha MT-10 Bermesin Turbocharger?

  • 10/11/2020
  •  312 views

Inikah Calon Yamaha MT-10 Bermesin Turbocharger? yamaha mt turbocharger - Inikah Calon Yamaha MT-10 Bermesin Turbocharger?

Sebuah versi Yamaha MT yang tertangkap kameran baru-baru ini memiliki mesin triple 847 cc, sasis MT-10, dan forced induction.

Foto motor di atas dikabarkan oleh beberapa sumber bermesin triple 847 cc yang diturunkan dari MT-09 generasi sebelumnya. Walau begitu, mesinnya tidak 100% sama karena Motociclismo berpendapat mesin ini punya bore yang lebih kecil (67.5 mm) dan stroke yang agak lebih panjang (73 mm).

Stroke yang lebih panjang tentunya memberikan keunggulan dalam alokasi tenaga dan torsi maksimum. Mesin ini diklaim mengeluarkan tenaga sebesar 180 bhp pada putaran 8.500 rpm dan 176 Nm torsi dalam 90% rentang putaran mulai dari 3.000 rpm.

[Baca Juga]
Segelintir Upgrade Yamaha untuk MT-07 2021

Mesin Turbocharger Yamaha yamaha mt turbocharger engine - Inikah Calon Yamaha MT-10 Bermesin Turbocharger?

Gambar paten yang mengikuti foto ini juga memberikan kita gambaran seperti apa rancangan dalamnya. Terlihat ada bagian variable valve timing dan direct injection. Variable valve timing ada di bagian klep masuk dan buang dan dibilang membantu menurunkan emisi sebesar 30% dibandingkan mesin non-turbo. Direct injection adalah teknologi yang kini masih dalam tahap pengerjaan. Honda dan Kawasaki juga masih mengembangkan teknologi ini.

Keunggulannya adalah injektor bisa menyemburkan bensin langsung ke ruang bakar sesaat sebelum busi menyala. Bonus lainnya adalah campuran udara dan bensin bisa terbakar dengan lebih efisien dan menyeluruh dan jumlah bensin yang digunakan bisa lebih akurat.

Turbocharger Patent Yamaha yamaha mt turbocharger patent - Inikah Calon Yamaha MT-10 Bermesin Turbocharger?

Selain mesin, tampilan motor secara keseluruhan membuatnya identik dengan MT-10. Sisa petunjuk selain mesin hanyalah cowl besar yang ada di sisi kiri motor yang tampaknya berfungsi untuk menutupi bagian mesin dan membantu mengarahkan udara ke intercooler yang akan meningkatkan power dan torsi.

Walau terlihat jelas motor ini adalah MT-10 naked, namun sepertinya Yamaha tidak berencana untuk menggantikan versi yang ada dengan yang satu ini. Alasan kenapa sasis MT-10 yang terpasang mungkin karena Yamaha sedang mencari rangka dan suspensi yang pas untuk menahan sang bintang, yakni mesinnya.

[Baca Juga]
Kreasi Desain Motor ala Sports Car Lamborghini

Sumber [ Visor Down ]

Related post

Return Top