Modifikasi GPZ900R oleh Sanctuary Japan Custom Culture

  • 25/08/2022
  •  677 views

Modifikasi GPZ900R Sanctuary modifikasi gpz900r sanctuary - Modifikasi GPZ900R oleh Sanctuary Japan Custom Culture

Japan Custom Culture

Ini adalah seri artikel JCC atau Japan Custom Culture yang ditulis oleh Webike Japan. Sudah tidak diragukan lagi kalau dunia modifikasi sepeda motor sudah membudaya di Jepang. Melalui artikel-artikel ini, kami memberikan Anda kesempatan untuk mengulik lebih dalam hasil modifikasi keren baik dari penggiat modifikasi atau pabrikan ternama di Jepang yang mungkin dapat menginspirasi Anda untuk berkarya.

GPZ900R Custom oleh Sanctuary

GPZ900R Custom gpz900r custom - Modifikasi GPZ900R oleh Sanctuary Japan Custom Culture

GPZ900R merupakan motor bersiluet unik dengan garis body lurus yang pada saat peluncurannya identik dengan motor terkuat dan tercepat. Sanctuary, builder motor custom spesialis motor jadul, mendapat proyek untuk memodifikasi GPZ900R.

Ada dua opsi modifikasi GPZ900R yang ditawarkan Sanctuary: Sport Package dan Formula Package. Sport Package merupakan modifikasi yang fokus dalam pembaruan sasis tanpa mengubah rangka atau mesin, sementara Formula Package melingkupi modifikasi menyeluruh, termasuk penggantian mesin. Sport Package dilakukan tanpa modifikasi pada mesin kecuali tuning atau overhaul berdasarkan permintaan. Namun, karena GPZ900R ini merupakan motor lama, kualitas mesinnya menurun dari tahun ke tahun. Ada kekhawatiran akan kerusakan pada pengkabelannya sehingga Sanctuary turut memasukkan jasa overhaul mesin dan pembaruan kelistrikan termasuk penggantian kabel body. Inilah layanan modifikasi Sport Package tipe R saat ini oleh Sanctuary. Ada versi Sport Package yang lebih ringan, tipe S, tapi mereka tidak lagi menawarkan opsi ini karena GPZ900R tidak lagi aman dikendarai tanpa modifikasi pada mesinnya.

GPZ900R Custom Sanctuary gpz900r sanctuary - Modifikasi GPZ900R oleh Sanctuary Japan Custom Culture

GPZ900R ini lahir kembali berdasarkan modifikasi Sport Package tipe R. Sasisnya terdiri dari swingarm dan bracket dari brand Sculpture, shock depan belakang Ohlins dan velg aluminium forging oleh O-Z Racing yang semuanya telah dikonstruksi ulang ke ukuran modern, namun tetap mempertahankan postur sasis yang memungkinkan performa tingkat tinggi. Agar mampu memperlihatkan kemampuan pengereman maksimalnya, motor ini mengusung kaliper 4 pot radial Brembo dan piringan cakram rem Sunstar.

Selain itu, GPZ900R custom ini makin bertenaga dengan penggunaan knalpot Nitro Racing dan karburator TMR-MJN Yoshimura. Kabel body sudah diperbarui dengan kabel baru dari motor Kawasaki model lama. Saklar dan perangkat kelistrikan lainnya juga dari model lama untuk mempertahankan kualitas yang hanya bisa dicapai oleh part bawaan.

Body luarnya didominasi oleh warna hitam dan oranye yang tidak dijumpai di motor aslinya. GPZ900R ini merupakan perwujudan dari ideal Sanctuary: Walau motor lama, motor ini memiliki performa riding tingkat tinggi seperti motor-motor flagship generasi terdahulu dan merupakan motor yang bisa dikendarai dengan nyaman dan aman di segala situasi.

Bodywork

Fairing GPZ900R fairing gpz900r - Modifikasi GPZ900R oleh Sanctuary Japan Custom Culture

Fairing atasnya terlihat seperti memakai fairing bawaan, namun area pemasangannya (bosh di sisi rangka) telah diperkuat. Spionnya menggunakan spion dari Magical Racing yang terkenal akan bobotnya yang ringan, stabil dan visibilitas tinggi.

Mesin

Mesin GPZ900R Sanctuary mesin gpz900r sanctuary - Modifikasi GPZ900R oleh Sanctuary Japan Custom Culture

Kapasitas mesinnya telah ditingkatkan ke 985cc menggunakan piston Noblest berdiameter 74,5mm dari Wossner. Part mesin lainnya pada dasarnya memakai bawaan, namun sebagai fitur unik Sport Package tipe R, valve guide-nya diganti dengan tipe sintered alloy dan kruk asnya telah di-overhaul untuk mengoreksi kondisinya dan meningkatkan kualitasnya. Bagian luarnya dipercantik dengan finishing gun coating.

Radiator GPZ900R radiator gpz900r - Modifikasi GPZ900R oleh Sanctuary Japan Custom Culture

Oil cooler dan radiator tipe bulat kapasitas besarnya merupakan produk Nitro Racing. Sanctuary telah lama menggunakan produk ini untuk pendinginan mesin GPZ900R yang efektif karena suhu motor ini lebih sering meningkat dibanding motor-motor keluaran baru.

Intake & Knalpot

Knalpot GPZ900R Nitro Racing knalpot gpz900r nitro racing - Modifikasi GPZ900R oleh Sanctuary Japan Custom Culture

GPZ900R ini dipasangkan knalpot dari Nitro Racing. Terdapat pilihan pipa silencer dan silencer tipe tri-oval yang populer saat ini. Silencernya dicat hitam dengan ujung carbon.

Stang

Stang GPZ900R stang gpz900r - Modifikasi GPZ900R oleh Sanctuary Japan Custom Culture

Stang yang dipakai merupakan fitur standar GPZ900R dengan konsep dari Daytona. Produk ini dikembangkan oleh Sanctuary yang diproposalkan oleh Daytona dengan fokus pada gaya dan fungsi yang sesuai motor ini.

Handle GPZ900R handle gpz900r - Modifikasi GPZ900R oleh Sanctuary Japan Custom Culture

Handlenya menggunakan handle Zeta dengan konsep yang sama. Teknisnya, handle ini dibuat oleh Dirt Freak yang menaungi brand Zeta. Selain dilengkapi intake udara yang mencegahnya terdorong oleh tekanan saat kecepatan sangat tinggi, handle ini juga dapat dilipat untuk mencegah kerusakan saat terjatuh sehingga memberikan kesan racing yang menakjubkan.

Sasis

Shock Depan GPZ900R Ohlins shock depan gpz900r ohlins - Modifikasi GPZ900R oleh Sanctuary Japan Custom Culture

Shock depannya dibuat oleh Ohlins, namun shock depannya dijual satu set dengan spakbor depan dan bracketnya sehingga kurang praktis jika ingin mengganti shock depannya saja. Produk tersebut cukup populer.

Rearset GPZ900R Nitro Racing rearset gpz900r nitro racing - Modifikasi GPZ900R oleh Sanctuary Japan Custom Culture

Rearsetnya dibuat oleh Nitro Racing. Sanctuary juga merilis rearset untuk GPZ900R dan rearset ini dirancang untuk tersambung ke pipa bawah dan plat pivot. Posisinya dapat diatur dalam empat posisi.

Shock Belakang GPZ900R Ohlins shock belakang gpz900r ohlins - Modifikasi GPZ900R oleh Sanctuary Japan Custom Culture

Shock belakangnya memakai shock Ohlins. Selain performanya yang tinggi, shock ini juga dapat disetel sesuka hati sesuai preferensi sang pemilik yang membuatnya menjadi pilihan pertama Sanctuary.

Swingarm Velg GPZ900R swingarm velg gpz900r - Modifikasi GPZ900R oleh Sanctuary Japan Custom Culture

Swingarmnya datang dari brand Sculpture yang merupakan produk khusus yang menggunakan setelan rantai eksklusif. Stabilizer dan jalu paddocknya dibuat secara custom. Velg depan dan belakangnya dibuat oleh O-Z Racing untuk ZRX1200.

Kelistrikan

Tachometer GPZ900R tachometer gpz900r - Modifikasi GPZ900R oleh Sanctuary Japan Custom Culture

Tachometer, pengukur suhu air dan bahan bakar semuanya diproduksi oleh brand terpercaya bernama Stack. Sanctuary menempatkan prioritas utama dalam soal pengukuran dan mereka bahkan memakai pengukur dari motor lama Kawasaki.

Galeri

Spesifikasi

Part Detail
Mesin Kapasitas: 958cc
Piston Φ74.5mm Noblest Wossner
Radiator Lebar Nitro Racing
Intake/Karburator Karburator TMR-MJN Yoshimura
Knalpot Silencer Titanium Valiant Nitro Racing
Rangka Swingarm Lebar 17 Inci Silver Sculpture
Rearset Nitro Racing
Rem Kaliper Rem P4 30 / 34 40mm Brembo
Piringan Cakram Depan Premium Sunstar
Brembo Radial Pump
Selang Rem Allegri
Handle Flight RCM Concept
Kaliper 2P P4 30/34 100mm Radial Mount Brembo
Piringan Cakram Belakang Racing Premium Sunstar
Velg Velg Aluminium Forging GASS RS-A OZ Racing
Suspensi Shock Depan Ohlins
Shock Belakang Ohlins
Stang Segitiga Atas Tipe 3 Φ43 Sculpture
Stang RCM Concept Daytona x Sanctuary
Oil Cooler Oil Cooler High Mount Kit Nitro Racing
Bodywork Jok Cozy RCM Concept Daytona [Daytona x AC Sanctuary]
Kelistrikan AS UOTANI SP II

Tentang Sanctuary

Sanctuary ialah builder motor custom yang khusus menangani motor-motor jadul seperti Z1, Ninja dan Katana. Mereka menjual sparepart spesial yang lahir dari proses uji coba menyeluruh oleh mekanik profesional mereka.

Sanctuary sanctuary - Modifikasi GPZ900R oleh Sanctuary Japan Custom Culture

[Webike Indonesia]
Cek produk Sanctuary selengkapnya di sini

Related post

Return Top