Modifikasi Ninja H2 oleh TRICK STAR Japan Custom Culture
- 27/10/2022
1,737 views
Ninja H2 TRICK STAR
Modifikasi Ninja H2 ini menunjukkan skill TRICK STAR dalam dunia racing. Sang pemilik ikut berbagai balapan di Sirkuit Suzuka. Ia awalnya lebih senang naik motor di jalanan biasa, tapi sekarang sudah ketagihan adrenalin ngebut di sirkuit. Akselerasi brutal yang dihasilkan mesin supercharger sangatlah menarik hati, tapi harus ekstra hati-hati dengan throttle control ketika keluar dari tikungan. Konsep motor custom ini adalah untuk menjinakkan throttle dan menyempurnakan kendali rider atas motor.
Ketika memodifikasi ECU, sang pemilik berusaha untuk mengatasi masalah throttle yang akselerasinya terlalu kuat di awal dengan menggunakan performance chip, tapi ternyata ECUnya bisa disetel. Akhirnya TRICK STAR memasangkan ECU update program ST-1. Fly-by-wire control dan speed limiter pun bisa dijebol, serta ignition timing bisa diubah agar tidak terlalu ekstrim reaksinya. Selongsong gasnya diganti ke punya Ninja 250 agar bukaan gas lebih lebar, namun tetap terkontrol. Si Ninja H2 ini pun sudah siap diajak balapan. Langkah modif berikutnya, TRICK STAR berencana untuk melakukan upgrade pada sasis.
Intake & Exhaust
Silencer menggunakan seri IKAZUCHI yang dirancangan oleh TRICK STAR. Sembari meredam suara yang dikeluarkan mesin supercharge, ada suara khas yang keluar berkat struktur internal knalpot. Knalpot ini juga memberikan bank angle yang lebih baik serta keunggulan aerodinamis.
Bodywork
Windshieldnya datang dari PUIG. Walau tebal, visual dari belakang windshield tetap jelas. Ketika motor dipacu dalam kecepatan tinggi juga tidak gampang goyang.
Fender eliminatornya dibuat sendiri oleh si yang punya. Dipadukan dengan lampu sein LED Active agar area ekor terlihat lebih rapi dan menonjolkan tail cowl pendeknya.
Zaman sekarang kalau mau ikut racing harus pakai undercowl model bak tadahan oli di bawah mesin. Dipilihlah under cowl A-Tech agar masuk sesuai dengan regulasi.
Spakbor depan diganti juga ke merk A-Tech bahan carbon. Walau bentuknya sama seperti spakbor aslinya, bahan carbon yang lebih ringan punya keunggulan sendiri bagi motor.
Mesin
Radiator dilindungi dengan cover khusus dari RidersPark WITH agar tidak ringsek kena bebatuan kecil.
Sasis
Rearsetnya pakai seri HyperBank dari BEET. Agar posisi footstep lebih nyaman ketika racing, maka ditambahkanlah base plate.
Handle
Pelindung stang dari merk AZ Racing. Modelnya dirancang khusus agar tidak kena motor lain saat mengerem. Produk ini wajib untuk balapan.
Galeri
Spek
Part | Detail |
---|---|
Mesin | Cover radiator RidersPark WITH |
Knalpot | Silencer IKAZUCHI TRICK STAR |
Rem | Pelindung Stang AZ Racing |
Rearset | Rearset Hyper Bank BEET |
Bodywork |
Windshield Racing Puig Under Cowl SPL A-TECH Spakbor Depan SPL2 A-TECH |
Electrical | BLR I-CON III |
Tentang TRICK STAR
IKAZUCHI dalam Bahasa Jepang artinya petir. Knalpot IKAZUCHI TRICK STAR adalah salah satu knalpot racing terbaik di dunia. Dikembangkan dengan data-data hasil racing selama bertahun-tahun, tiap knalpot kualitasnya sudah pasti berkualitas juara. Pada 2020, Webike SRC Kawasaki France TRICKSTAR dibentuk atas kolaborasi antara TRICK STAR Racing dan SRC Kawasaki France, tim EWC ternama.