Modifikasi Z1000 by POWER BUILDER Japan Custom Culture
- 11/08/2022
590 views
Japan Custom Culture
Z1000 oleh POWER BUILDER
Motornya tampak seperti KZ1000 berpendingin udara, tapi Z1000 berpendingin cairan. Bagian bodynya sangat unik dan merupakan hasil desain sang builder bernama Harigae. Banyak yang mengira motor ini memakai rangka versi yang air-cooled, tapi ini genuine Z1000 2004. Walau banyak menggunakan part sisa, posisinya tidak asal pasang. Tiap bagian motor sudah didesain dan dipertimbangkan dengan matang.
Power builder adalah bike shop di Jepang yang terkenal dalam urusan penyetelan mesin. Jadi, si Z1000 ini bukan hanya sekedar custom tampilan saja. Berikut adalah penjelasan perwakilan dari Power Builder.
“Untuk project Z1000 kami sering menggunakan noken as copotan ZX-9R agar liftnya lebih tinggi, tapi noken as ini punya cam gear yang press fit. Bahkan jika silinder dan kepalanya ada di posisi pas, timing klepnya tidak bisa dioptimalkan. Kami ganti cam gearnya ke tipe slide dan memangkas permukaan silinder/kepala agar timingnya bisa lebih bagus. Dengan timing baru sekarang kecepatan bisa sampai 149ps, sebelumnya kisaran 130-135ps.”
Mesin
Walau bagian mengikis kepala silinder adalah cara yang efektif untuk meningkatkan rasio kompresi piston, efek maksimumnya baru bisa terlihat jika timing klep disetting.
Mereka berhasil menemukan cam gear tipe slide untuk ZX-9R dan mengoptimasi efisiensi pembakaran.
Stang
Tipikal motor racer, instrumennya sangat simpel. Hanya beberapa meteran pengukur seperti tachometer dan digilat multi monitor dari Yoshimura. Bracketnya copotan dari GSX-R1000 dan stang dari Yamaha R1. Bracket di bagian leher knalpot itu untuk tangki.
Kelistrikan
Komponen kelistrikan dipusatkan di atas mesin, di tempat tangki umumnya. Bisa dilihat ada komponen semacam aki lithium Evoltech dan racing igniter untuk ZX-9R. Bracket di sebelah kanan untuk ke tangki. Tangki dummy dipasang dari atas.
Sasis
Shock depannya dari GSX-R600 (inner cartridge Showa). Tentu saja bukan modifikasi gampang, tapi bisa dikerjakan dengan baik. Tingkat kekerasan pernya sudah disetel sesuai dengan spek Z1000.
Shock belakang menggunakan Öhlins TTX yang performa dan kualitasnya sudah tidak diragukan lagi, link suspensi diambil dari ZX-6R agar bisa mencapai rasio yang diincar Power Builder. Mengombinasikan shock Ohlins and part ZX-6R ini hampir mustahil bisa bagus kalau dipasang bersamaan, tapi inilah tantangan yang berhasil mereka pecahkan.
Semua komponen rem spek racing dari Brembo. Kalipernya bertipe monoblock GP4-RR dengan cakram 305mm. Velg racing JB Power JB5 yang dipakai katanya disiapkan Kawasaki untuk balapan.
Tangkinya sendiri dimodifikasi dari rail jok agar pemasangan single seat bisa berpusat di cowl samping. Tangkinya ada di bawah jok.
Z1000 katanya memiliki kelemahan di bawah pivot, dan retakan bisa muncul bahkan ketika motor tidak dipakai racing. Modifikasi untuk membuat bagian ini jadi ekstra kuat pun dikerjakan.
Aksesoris
Rearset buatan Woodstock. Produk mereka sangat bagus dan tahan gempur sehingga menjadi langganan motor-motor balap khususnya dari Kawasaki, terutama RS Itoh Racing Team.
Intake & Exhaust
Head pipenya dari FASAM Pro Titanium yang dipasangkan dengan silencer Engineering Lock-On II dari Nojima. Produk ini dibuat spesial karena spek aslinya tidak ada yang ke Z1000.
Galeri
Spek
Part | Detail |
---|---|
Mesin | Camshaft: ZX-9R OEM Transmisi: ZX-9R OEM Radiator: ZX-10R OEM |
Karburator / Intake | Mikuni TMR Φ40mm |
Knalpot | Knalpot Full System Nojima Lock-On II (Custom) |
Rem | Brembo Monoblock GP4-RR Brembo Racing Rotor 305mm Master Cylinder Rem Radial Racing 19×18 Brembo Kaliper Belakang KOHKEN BREMBO Master rem belakang: YAMAHA OEM |
Velg | Depan: JB Power Magnesium forging JB 3.50-17 Belakang: JB Power Magnesium forging JB 6.00-17 |
Suspensi | Shock depan: GSX-R600 OEM As: SHOWA Per: POWER BUILDER Shock Belakang TTX-GP 2018 OHLINS |
Stang | Bracket: GSX-R1000 OEM Stang: YZF-R1 OEM |
Jok | POWER BUILDER (Custom) |
Body | Cat: BP Nakayama |
Kelistrikan | Ignitor: ZX-9R OEM Racing Kit |
Tentang POWER BUILDER
POWER BUILDER adalah tuner juara Taste of Tsukuba, balap motor lawas keluaran tahun 1980-1990an yang tersohor. Mereka bukan bengkel modifikasi atau restorasi, tapi lebih pada menciptakan produk yang berhubungan dengan mesin.