Motor Retro Sepuh Kawasaki Z1B oleh PMC Japan Custom Culture
- 23/06/2022
635 views
Japan Custom Culture
Kawasaki Z1B Custom by PMC
Artikel kali ini akan membahas si raja motor retro Jepang, yakni Kawasaki Z1 yang sudah disulap oleh pabrikan sparepart dan aksesoris custom ternama di Jepang, yakni PMC.
Mungkin motor ini lebih dikenal dengan seri Z1, tetapi kode B pada Z1B ini merujuk ke motor yang sama dengan spek berbeda. Perbedaan terbesar adalah perubahan warna mesin dari hitam ke silver aluminium yang dipertahankan PMC dalam modifikasi ini. Di body samping Z1B ada logo besar “900” yang menandai cc motor yang dilepas dan digantikan oleh logo Z1 generasi pertama yang lebih kecil.
Proses custom by PMC
Mesin
Bongkar mesin sudah pasti harus dilakukan karena jagoan ini sudah berusia 47 tahun!
PMC menggunakan kopling Z1000J yang sudah disetel. Klep, guide klep, idle, dan komponen lainnya yang sudah aus diganti baru serta kruk as disetel agar selaras dan seimbang. Transmisi dibongkar semua dan dibersihkan.
Z1B ini sudah dibubut sehingga kapasitas mesin kini menjadi 944cc. PMC menggunakan piston kit yang hampir tidak memerlukan setting ulang besar-besaran pada karburator agar praktis. Rasio kompresi dirancang menjadi 8.5:1, sama dengan spek asli Z1. Hasil akhirnya mesin jadul ini bisa tampil prima sambil mempertahankan karakteristik aslinya.
Karbunya memakai KEIHIN CR29 yang sangat sulit didapatkan, bahkan di Jepang. Karbu ini bisa dipakai untuk racing maupun motor perkotaan biasa.
Knalpot
Knalpot S1-Type adalah nenek moyang dari knalpot model megaphone yang beberapa tahun ini mulai dilirik lagi di MotoGP. Pipa knalpot ini berbahan baja 42.7mm yang dibengkokkan manual dengan tangan dan memiliki konfigurasi 4-in-2-in-1 (walau pipa kolektornya sekilas terlihat seperti 4-in-1.)
Knalpot full system ini didasarkan pada KZ1000S1 yang dipakai oleh rider Eddie Lawson di kejuaraan AMA Superbike Championship di awal tahun 80an. Untuk versi modern, knalpot megaphone ini terlahir kembali dengan presisi dan performa tinggi hasil produksi menggunakan mesin bender 3D serta teknologi terbaru lainnya. Boleh dibilang knalpotnya adalah bagian vital dari proyek modifikasi Z1B ini.
Sasis
Ukuran ban tetap sama 18 inci, tetapi velg diganti dari jari-jari ke racing untuk meningkatkan kekokohan dan riding bisa lebih sporty dalam berbagai medan tanpa mengurangi estetika Z1B.
Tiap pegiat motor custom jadul pasti mengecat ulang rangka agar terlihat lebih segar dan menutup tanda-tanda penuaannya. PMC pun juga demikian, mereka mengaplikasikan proses sand blasting di seluruh frame lalu dicat menggunakan mesin urethane curing oven dan tanpa perubahan apapun.
Body
Motor dibekali dengan rearset dan joknya dibuat ala KZ1000S1. Kesan uniknya terasa sekali.
Mungkin ada bisa lihat bahwa warna body asli motor menggunakan skema yang dipakai di spek Eropa tahun 1972. By the way, motor baru Z900RS SE 2022 juga punya livery klasik baru Yellow Ball yang mengambil dari Z1 Super Four 1972.
Spesifikasi
Part | Detail |
---|---|
Mesin | Full overhaul Kopling, klep, guide klep, dan idler Z1000J |
Kapasitas mesin | 944cc Piston Casting Oversize 1.5mm |
Knalpot | Knalpot S1-Type |
Karburator | KEIHIN CR29 |
Frame | Blasting, cat dengan urethane curing oven (tanpa modifikasi lainnya) |
Swingarm | Asli bawaan (dimodifikasi untuk ban lebar) |
Shock depan | Asli bawaan |
Shock Belakang | Asli bawaan (Z1000MK2 1979~1980-an) |
Ban | Depan: SWORD Evolution 2.75-18 Belakang: SWORD Evolution 4.00-18 |
Rem | Depan: Piringan Rem Cakram Ganda CP2696 320mm Belakang: Piringan Rem Cakram Ganda Floating CP2696 250mm |
Stang | Stang Stainless Steel Tipe Touring Daytona |
Footstep | Rearset & Rear Master Kit |
Cowl | Full Body Warna Yellow Ball |
Jok | Set Jok S1-Type |
Galeri
Video
Simak cek sound knalpot S1-Type dengan dB killer besar
Tentang PMC
Kalau urusan sparepart dan aksesoris custom khusus Kawasaki Z series, tidak ada yang lebih profesional dari PMC.
Pada 2019 PMC menggelar Festival West Japan Z Meeting yang ke-10 dan dihadiri oleh 4.000 owner motor Kawasaki Z series. Mereka pun juga sudah ikut serta acara akbar tahunan Tokyo Motorcycle Show sebanyak 7 kali di mana motor-motor keren hasil modifikasinya dipamerkan.
Misi mereka adalah untuk mewujudkan mimpi tiap rider pecinta motor. PMC sudah eksis selama 34 tahun berkat dukungan yang tak pernah putus dari para pemilik motor Kawasaki Z series.