JOIN US!

Sign up for emails - We'd love to have you

Best portal to find Japanaese Motorcryle WOWEE

Daily update on the latest HOT news, reviews and trivias

Video of riding impression, Products impression you cant't find any where else

  • Please select your country.
  • Authentication with facebook fail.Please try again.
OR

Motor Retro Sepuh Kawasaki Z1B oleh PMC Japan Custom Culture

Z1B Custom PMC Japan Webike Indonesia

Japan Custom Culture

Ini adalah seri artikel JCC atau Japan Custom Culture yang ditulis oleh Webike Japan. Sudah tidak diragukan lagi kalau dunia modifikasi sepeda motor sudah membudaya di Jepang. Melalui artikel-artikel ini, kami memberikan Anda kesempatan untuk mengulik lebih dalam hasil modifikasi keren baik dari penggiat modifikasi atau pabrikan ternama di Jepang yang mungkin dapat menginspirasi Anda untuk berkarya.

Kawasaki Z1B Custom by PMC

Artikel kali ini akan membahas si raja motor retro Jepang, yakni Kawasaki Z1 yang sudah disulap oleh pabrikan sparepart dan aksesoris custom ternama di Jepang, yakni PMC.

Kawasaki Z1B 1975

Kawasaki Z1B 1975

Mungkin motor ini lebih dikenal dengan seri Z1, tetapi kode B pada Z1B ini merujuk ke motor yang sama dengan spek berbeda. Perbedaan terbesar adalah perubahan warna mesin dari hitam ke silver aluminium yang dipertahankan PMC dalam modifikasi ini. Di body samping Z1B ada logo besar “900” yang menandai cc motor yang dilepas dan digantikan oleh logo Z1 generasi pertama yang lebih kecil.

Kawasaki Z1B Custom PMC

Hasil custom PMC

Proses custom by PMC

Mesin

Proses pembongkaran

Keadaan original

Bongkar mesin sudah pasti harus dilakukan karena jagoan ini sudah berusia 47 tahun!

Mesin asli

PMC menggunakan kopling Z1000J yang sudah disetel. Klep, guide klep, idle, dan komponen lainnya yang sudah aus diganti baru serta kruk as disetel agar selaras dan seimbang. Transmisi dibongkar semua dan dibersihkan.

Komponen mesin

Z1B ini sudah dibubut sehingga kapasitas mesin kini menjadi 944cc. PMC menggunakan piston kit yang hampir tidak memerlukan setting ulang besar-besaran pada karburator agar praktis. Rasio kompresi dirancang menjadi 8.5:1, sama dengan spek asli Z1. Hasil akhirnya mesin jadul ini bisa tampil prima sambil mempertahankan karakteristik aslinya.

Tampak samping mesin

Karbunya memakai KEIHIN CR29 yang sangat sulit didapatkan, bahkan di Jepang. Karbu ini bisa dipakai untuk racing maupun motor perkotaan biasa.

Karburator CR29

Knalpot

Knalpot S1-Type adalah nenek moyang dari knalpot model megaphone yang beberapa tahun ini mulai dilirik lagi di MotoGP. Pipa knalpot ini berbahan baja 42.7mm yang dibengkokkan manual dengan tangan dan memiliki konfigurasi 4-in-2-in-1 (walau pipa kolektornya sekilas terlihat seperti 4-in-1.)

Leher Knalpot Z1B

Knalpot full system ini didasarkan pada KZ1000S1 yang dipakai oleh rider Eddie Lawson di kejuaraan AMA Superbike Championship di awal tahun 80an. Untuk versi modern, knalpot megaphone ini terlahir kembali dengan presisi dan performa tinggi hasil produksi menggunakan mesin bender 3D serta teknologi terbaru lainnya. Boleh dibilang knalpotnya adalah bagian vital dari proyek modifikasi Z1B ini.

Leher Knalpot Z1B 2

Sasis

Ukuran ban tetap sama 18 inci, tetapi velg diganti dari jari-jari ke racing untuk meningkatkan kekokohan dan riding bisa lebih sporty dalam berbagai medan tanpa mengurangi estetika Z1B.

Sasis Z1B

Tiap pegiat motor custom jadul pasti mengecat ulang rangka agar terlihat lebih segar dan menutup tanda-tanda penuaannya. PMC pun juga demikian, mereka mengaplikasikan proses sand blasting di seluruh frame lalu dicat menggunakan mesin urethane curing oven dan tanpa perubahan apapun.

Segitiga Z1B

Body

Motor dibekali dengan rearset dan joknya dibuat ala KZ1000S1. Kesan uniknya terasa sekali.

Tampak samping Z1b

Mungkin ada bisa lihat bahwa warna body asli motor menggunakan skema yang dipakai di spek Eropa tahun 1972. By the way, motor baru Z900RS SE 2022 juga punya livery klasik baru Yellow Ball yang mengambil dari Z1 Super Four 1972.

Spesifikasi

Part Detail
Mesin Full overhaul
Kopling, klep, guide klep, dan idler Z1000J
Kapasitas mesin 944cc
Piston Casting Oversize 1.5mm
Knalpot Knalpot S1-Type
Karburator KEIHIN CR29
Frame Blasting, cat dengan urethane curing oven (tanpa modifikasi lainnya)
Swingarm Asli bawaan (dimodifikasi untuk ban lebar)
Shock depan Asli bawaan
Shock Belakang Asli bawaan (Z1000MK2 1979~1980-an)
Ban Depan: SWORD Evolution 2.75-18
Belakang: SWORD Evolution 4.00-18
Rem Depan: Piringan Rem Cakram Ganda CP2696 320mm
Belakang: Piringan Rem Cakram Ganda Floating CP2696 250mm
Stang Stang Stainless Steel Tipe Touring Daytona
Footstep Rearset & Rear Master Kit
Cowl Full Body Warna Yellow Ball
Jok Set Jok S1-Type

Galeri

Video

Simak cek sound knalpot S1-Type dengan dB killer besar

Tentang PMC

Kalau urusan sparepart dan aksesoris custom khusus Kawasaki Z series, tidak ada yang lebih profesional dari PMC.

Kantor Pusat PMC Japan

Pada 2019 PMC menggelar Festival West Japan Z Meeting yang ke-10 dan dihadiri oleh 4.000 owner motor Kawasaki Z series. Mereka pun juga sudah ikut serta acara akbar tahunan Tokyo Motorcycle Show sebanyak 7 kali di mana motor-motor keren hasil modifikasinya dipamerkan.

Ajang Kumpul Kawasaki Lawas PMC

Misi mereka adalah untuk mewujudkan mimpi tiap rider pecinta motor. PMC sudah eksis selama 34 tahun berkat dukungan yang tak pernah putus dari para pemilik motor Kawasaki Z series.

Toko PMC 70an

Didirikan pada tahun 1988 dengan nama PRODUCT ‘M’ COMPANY

Related post

Return Top