Pedoman dan Rekomendasi Bore Up Kit Terbaik untuk Monkey dan Cub Series

  • 08/02/2021
  •  1,010 views

Rekomendasi Bore Up Kit Monkey Cub rekomendasi bore up kit monkey cub - Pedoman dan Rekomendasi Bore Up Kit Terbaik untuk Monkey dan Cub Series

Di artikel ini, Webike akan membahas mengenai bore up kit terbaik dan paling laris untuk motor mini seperti Monkey 50, Monkey 125, Super Cub, Cub Series, Cross Cub 110, Ape, XR50 dan CT125 Hunter Cub. Sebelum itu, ada baiknya kita mengenal lebih jauh mengenai bore up itu sendiri. Simak selengkapnya!

Apa Itu Bore Up?

Definisi Bore Up definisi bore up - Pedoman dan Rekomendasi Bore Up Kit Terbaik untuk Monkey dan Cub Series

Singkatnya, bore up merupakan cara untuk meningkatkan kapasitas mesin dengan mengganti silinder atau memperlebar bore dan juga mengganti piston. Ide dasarnya adalah untuk memperlebar silinder karena kapasitas mesin erat kaitannya dengan diameter dalam silinder x tinggi piston ke atas dan ke bawah. Dengan meningkatkan kapasitas, kamu bisa menambah tenaga dan torsi motor. Cara paling umum untuk bore up ialah membeli kit atau perlengkapan yang berisi semua part yang kamu butuhkan, termasuk silinder dan piston.

Keuntungan dan Kerugian Bore Up

Keuntungan Bore Up

Keuntungan dari bore up ialah dapat membuat motor kamu lebih cepat dengan meningkatkan tenaga dan torsi. Selain itu, di beberapa negara seperti Jepang, cc motor sangat berpengaruh pada peraturan berkendara di jalan. Di Jepang, untuk motor 50 cc ke atas, tidak dikenakan lagi peraturan batas kecepatan 30 km/jam. Sedangkan untuk motor 125 cc ke atas, motor dapat dibawa masuk ke jalanan bebas hambatan dan lainnya.

Kerugian Bore Up

Kerugian bore up ialah umur motor dan mesin akan lebih singkat karena beban yang bertambah di tiap bagian motor dibandingkan dengan desain bawaan. Selain itu, kamu kemungkinan harus siap menyediakan sparepart lain yang diperlukan sebagai sparepart pendukung bore up kit yang kamu pakai.

Pedoman Bore Up Kit

Jika kamu adalah seorang pemula di dunia bore up dan belum paham betul bagaimana cara bore up motor kamu, Kitaco punya pedomannya.

Pedoman ini memuat penjelasan mendetail disertai dengan ilustrasi bagaimana cara memasang bore up kit untuk motor 6V dan 12V dan mengenai model kopling sentrifugal dan juga kopling manual. Selain itu, tersedia penjelasan untuk dua tipe mesin: tipe horizontal untuk Cub dan Monkey serta tipe vertikal untuk Ape dan XR. Bahkan jika pabrikan dan tahunnya berbeda, struktur dasar mesin tetaplah sama, jadi kamu bisa menjadikan manual ini sebagai buku referensi.

KITACO: Katalog Mesin Seri Monkey Vol. 4 untuk Mesin Horizontal Seri Monkey dan Super Cub

Panduan Servis Manual Cylinder Head Piston Mesin Monkey service manual cylinder head piston mesin monkey - Pedoman dan Rekomendasi Bore Up Kit Terbaik untuk Monkey dan Cub Series

[Webike Shopping]
Beli Katalog Mesin Seri Monkey Vol. 4 untuk Mesin Horizontal Seri Monkey dan Super Cub di sini

KITACO: Katalog Kepala Silinder, Silinder dan Piston untuk Mesin Vertikal Seri Ape

Panduan Servis Manual Cylinder Head Piston Mesin Ape service manual cylinder head piston mesin ape - Pedoman dan Rekomendasi Bore Up Kit Terbaik untuk Monkey dan Cub Series

[Webike Shopping]
Beli Katalog Kepala Silinder, Silinder dan Piston untuk Mesin Vertikal Seri Ape di sini

Rekomendasi Bore Up Kit Berdasarkan Model Motor

Bore up umumnya dilakukan untuk mesin vertikal dan horizontal motor mini Honda. Ada begitu banyak tipe bore up kit yang tersedia dari berbagai produsen. Berikut ini kami buat list bore up kit terbaik dan terlaris di Webike!

Bore Up Kit Tipe Mesin Horizontal Cub dan Monkey

KITACO: 75 cc Light Bore Up Kit

Kitaco Light Bore Up Kit Monkey Cub kitaco light bore up kit monkey cub - Pedoman dan Rekomendasi Bore Up Kit Terbaik untuk Monkey dan Cub Series

Bore up kit yang menghasilkan performa luar biasa dengan harga cukup terjangkau! Kamu bisa gunakan kepala silinder bawaan motor, jadi tidak perlu merogoh kocek lebih dalam. Dan, silindernya terbuat dari bahan baja yang langka ditemukan di bore up kit sehingga lebih awet dan tahan lama! Bore up kit ini juga bisa digunakan dengan karburator bawaan. Semua aspek tersebut membuat bore up kit ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang baru mencoba bore up motor.

[Webike Shopping]
Beli Light Bore Up Kit 75 cc Kitaco di sini

SHIFT UP: Monkey 88cc High Revolution Bore Up Kit (dengan High Range Camshaft) untuk 12V

Bore Up Kit Monkey 88 cc bore up kit monkey 88cc - Pedoman dan Rekomendasi Bore Up Kit Terbaik untuk Monkey dan Cub Series

Bore up standar untuk mesin horizontal adalah 88 cc. Perlengkapan ini termasuk kepala silinder high camshaft (Noken as) spesial. Mengupgrade motor memang menyenangkan, namun memang jauh lebih murah jika membangun motor dari awal!

[Webike Shopping]
Beli Monkey 88cc High Revolution Bore Up Kit Shift Up di sini

SP Takegawa: 17R Stage E Bore Up Kit 106cc (SCUT Cylinder)

Bore Up Kit SCUT Cylinder SP Takegawa bore up kit scut cylinder sp takegawa - Pedoman dan Rekomendasi Bore Up Kit Terbaik untuk Monkey dan Cub Series

Batas mesin horizontal saat dibore up tanpa machining adalah 88 cc. Jika kamu ingin meningkatkan kapasitas mesin, kamu harus ubah bagian crankcase dan pasang kruk as dengan stroke panjang. Namun, silinder SCUT SP Takegawa mampu mewujudkan keinginan kamu dalam penambahan kapasitas menjadi di atas 100 cc tanpa proses lainnya.

[Webike Shopping]
Beli Monkey 88cc High Revolution Bore Up Kit Shift Up di sini

Bore Up Kit Tipe Mesin Vertikal Seri Ape dan XR

KITACO: Light Bore Up Kit (82cc)

Bore Up Kit Ape 82 cc bore up kit ape 82cc - Pedoman dan Rekomendasi Bore Up Kit Terbaik untuk Monkey dan Cub Series

Ini adalah versi vertikal dari Light Bore Up Kit Kitaco yang sebelumnya kami sebutkan di bagian mesin horizontal. Kamu bisa gunakan kepala silinder bawaan, sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya lebih.

[Webike Shopping]
Beli Light Bore Up Kit (82cc) Kitaco di sini

DAYTONA: Hyper Bore Up Kit (Sesuai dengan Filter Udara Bawaan 80cc)

Bore Up Kit Ape 80 cc bore up kit ape 80cc - Pedoman dan Rekomendasi Bore Up Kit Terbaik untuk Monkey dan Cub Series

Bore up kit Daytona ini direkomendasikan untuk kamu yang ingin merombak dari 50 cc menjadi complete kit. Harganya bisa dibilang murah mengingat kit ini sudah termasuk high camshaft dan karburator PC20! Ditambah lagi kit ini juga bisa digunakan dengan filter udara bawaan.

[Webike Shopping]
Beli Hyper Bore Up Kit Daytona di sini

SHIFT UP: Bore Up Kit 100cc ke 115cc

Bore Up Kit Ape 100 cc - 115 cc  bore up kit 100cc 115cc - Pedoman dan Rekomendasi Bore Up Kit Terbaik untuk Monkey dan Cub Series

Ini adalah bore up kit untuk menaikkan dari 100 cc ke 115 cc dan bisa dipakai dengan kepala silinder bawaan motor. Kit ini bahkan memiliki outlet untuk oil cooler!

[Webike Shopping]
Beli Hyper Bore Up Kit Daytona di sini

YOSHIMURA:Yoshimura Head (115cc) Bore Up Kit

Bore Up Kit Ape 115 cc bore up kit ape 115cc - Pedoman dan Rekomendasi Bore Up Kit Terbaik untuk Monkey dan Cub Series

Produk yang paling terkenal dari Yoshimura tentu saja knalpot mereka, namun Yoshimura ternyata juga mengeluarkan bore up kit. Piston aluminium (forged) kit ini dapat digunakan untuk meningkatkan rasio kompresi ke 11,5:1 untuk mencapai peningkatan output tenaga yang signifikan di seluruh rentang RPM! Selain itu, silindernya juga terbuat dari aluminium sehingga awet dan ringan.

[Webike Shopping]
Beli Head (115cc) Bore Up Kit Yoshimura di sini

Bore Up Kit Cub 110/Cross Cub 110

SP Takegawa: Hyper S-stage Bore Up Kit 125cc (Big Throttle Body Spec)

Bore Up Kit Cub 110 125 cc bore up kit cub 110 125 - Pedoman dan Rekomendasi Bore Up Kit Terbaik untuk Monkey dan Cub Series

Full kit dengan big throttle, high camshaft dan injection controller. Sudah 7 tahun berlalu sejak Cross Cub pertama kali diperkenalkan. Saatnya untuk mengupgrade powernya!

[Webike Shopping]
Beli Hyper S-stage Bore Up Kit 125cc (Big Throttle Body Spec) SP Takegawa di sini

Bore Up Kit Grom

KITACO: NEO Bore Up Kit

Bore Up Kit Grom neo bore up kit grom - Pedoman dan Rekomendasi Bore Up Kit Terbaik untuk Monkey dan Cub Series

Bore up kit ini termasuk kepala silinder dengan klep ukuran besar dan kruk as. Dengan bore up kit ini, kamu bisa membuat Grom kesayanganmu menjadi 181 cc!

[Webike Shopping]
Beli NEO Bore Up Kit Kitaco di sini

Bore Up Kit Monkey 125

SP Takegawa: S-stage Bore Up Kit 181cc (tanpa camshaft)

Bore Up Kit Monkey 125 181 cc bore up kit monkey 125 - Pedoman dan Rekomendasi Bore Up Kit Terbaik untuk Monkey dan Cub Series

Bore up kit ini direkomendasikan untuk langkah berikutnya setelah menginstal high camshaft. Dengan turut memasang FI Controller, Monkey 125 kamu akan menyemburkan karakteristik output dengan torsi yang melimpah.

[Webike Shopping]
Beli S-stage Bore Up Kit 181cc SP Takegawa di sini

SP Takegawa: Super Head 4V+R Bore Up Kit 181cc

Bore Up Kit Monkey 125 181 cc SP Takegawa bore up kit monkey 125 181cc - Pedoman dan Rekomendasi Bore Up Kit Terbaik untuk Monkey dan Cub Series

Ini adalah satu set silinder 181 cc dengan SOHC 4 valve yang menghadirkan efisiensi intake dan exhaust tertinggi di kelasnya. Output motor kamu akan jauh lebih maksimal dengan super head 4V + bore up kit ini!

[Webike Shopping]
Beli Super Head 4V+R Bore Up Kit 181cc SP Takegawa di sini

Bore Up Kit CT125 Hunter Cub

SP Takegawa: S-Stage Alpha Bore Up Kit 181cc

Bore Up Kit CT125 Hunter Cub 181 cc bore up kit ct125 - Pedoman dan Rekomendasi Bore Up Kit Terbaik untuk Monkey dan Cub Series

CT125 Hunter Cub mendapat predikat sebagai Bike of the Year untuk tahun 2020 di Jepang. Bagi kamu yang suka berpetualang, berkendara di medan menantang atau pergi berkemah dengan motor ini, jangan lewatkan kesempatan untuk membuat CT125 Hunter Cub milikmu menjadi lebih bertenaga!

[Webike Shopping]
Beli S-Stage Alpha Bore Up Kit 181cc SP Takegawa di sini

Bore Up Kit Address V125

SP Takegawa: Hyper S Stage Alpha Bore Up Kit 161cc

Bore Up Kit Address V125 bore up kit address v125 - Pedoman dan Rekomendasi Bore Up Kit Terbaik untuk Monkey dan Cub Series

Bore up kit ini sudah dijual sejak beberapa tahun yang lalu, namun masih sangat populer. Lengkapi Address V125 kamu dengan produk ini agar mampu menaklukkan ganasnya pertarungan di jalanan ibu kota.

[Webike Shopping]
Beli Hyper S Stage Alpha Bore Up Kit 161cc SP Takegawa di sini

Bore Up Kit Zephyr 400

POSH Faith: Bore Up Kit

Bore Up Kit Zephyr 400 bore up kit zephyr400 - Pedoman dan Rekomendasi Bore Up Kit Terbaik untuk Monkey dan Cub Series

Artikel ini memang dikhususkan untuk membahas bore up kit untuk motor cc kecil, tapi kami akan menambahkan satu lagi khusus untuk motor 400 cc. Dengan bore up kit ini, kapasitas mesin Zephyr 400 kamu bisa ditingkatkan ke 510 cc.

[Webike Shopping]
Beli Bore Up Kit Posh di sini

Bore Up Kit Lainnya

Beberapa bore up kit ini tersedia di Jepang. Kamu bisa mengisi waktu luang atau liburmu dengan mengotak-atik motor pakai bore up kit ini. Jika kamu masih mencari bore up kit tipe lainnya, silakan klik link berikut ini.

[Webike Indonesia]
Cek Bore Up Kit Monkey Lengkap di sini
[Webike Indonesia]
Cek Bore Up Kit Monkey 125 Lengkap di sini
[Webike Indonesia]
Cek Bore Up Kit Super Cub C50 Lengkap di sini
[Webike Indonesia]
Cek Bore Up Kit Cross Cub 110 Lengkap di sini
[Webike Indonesia]
Cek Bore Up Kit Ape 50 Lengkap di sini
[Webike Indonesia]
Cek Bore Up Kit XR50 Lengkap di sini
[Webike Indonesia]
Cek Bore Up Kit CT125 Hunter Cub Lengkap di sini

Related post

Return Top