Perubahan Jadwal Keseluruhan FIM EWC 2019-2020

  • 07/04/2020
  •  159 views

Kalender Baru FIM EWC Musim 2019-2020 kalender baru fim ewc 2019 2020 - Perubahan Jadwal Keseluruhan FIM EWC 2019-2020

Eurosport Events sebagai promotor bersama dengan FIM — Federasi Balap Motor Internasional — telah resmi mengubah kalender balapan FIM EWC atas dasar larangan penyelenggaraan acara publik yang diberlakukan oleh pemerintah.

Dalam situasi lockdown saat ini, dengan dilarangnya penyelenggaraan acara publik dan pembatasan ruang gerak masyarakat, 8 Hours of Oschersleben yang semula dijadwalkan pada 6 Juni di Jerman tidak bisa diselenggarakan. Balapan ini telah dibatalkan dan tidak akan dijadwal ulang. Balapan kaliber tinggi yang pertama kali mengisi Endurance World Championship pada 1999 ini telah menjadi balapan yang wajib disaksikan oleh penggemar balapan di Jerman.

Maka, FIM Endurance World Championship akan dilanjutkan di Jepang pada 19 Juli dalam Suzuka 8 Hours untuk kelas Formula EWC. Setelahnya, kelas EWC dan Superstock akan kembali berbagi lintasan di 24 Heures Motos pada 29 dan 30 Agustus 2020.

FIM dan Eurosport Events telah memutuskan untuk mengikutsertakan Bol d’Or 2020 sebagai balapan kelima sekaligus penutup musim ini. Setelah dibuka lewat balapan di Le Castellet pada September 2019, FIM Endurance World Championship 2019-2020 akan mengakhiri musim di sirkuit yang sama.

FIM, Eurosport Events, dan seluruh penyelenggara balapan FIM EWC sangat memahami kesulitan yang dialami oleh para tim yang berkompetisi dan sedang mengerahkan seluruh tenaga untuk memberikan solusi terhadap masalah finansial serta sokongan untuk para pembalap.

Tes prabalapan 24 Heures Motos dan Bol d’Or akan dibatalkan, tetapi sesi latihan bebas pada hari Selasa dan Rabu akan diperpanjang demi memberikan seluruh tim waktu persiapan ekstra.

Eurosport Events akan mengalokasikan dana sebesar €1,500 untuk tiap motor tim non-pabrikan yang telah berpartisipasi di 24 Heures dan Bol d’Or.

Pertanyaan untuk François Ribeiro, Direktur Eurosport Events
– Prioritas apa saja yang Anda jadikan pertimbangan utama dalam mengambil langkah ini?
Saat ini kondisi kesehatan dunia sedang tidak baik, sehingga diberlakukanlah larangan pengadaan acara publik dan pembatasan pergerakan masyarakat. Hal ini adalah penderitaan yang kita semua harus alami. Lockdown memiliki konsekuensi yang besar terhadap dunia olahraga. Balapan tidak bisa diselenggarakan jika keselamatan tim dan rider tidak terjamin, dan krisis kesehatan publik saat ini membuat 8 Hours of Oschersleben tidak mungkin digelar. Oschersleben akan kembali diselenggarakan pada 20-23 Mei 2021. Usai menjadwalkan ulang 24 Heures menjadi pada akhir Agustus, kami mengajukan rencana kepada seluruh pihak yang terlibat untuk mengakhiri musim dengan balapan yang spektakuler di Bol d’Or. Dengan diberlakukannya lockdown yang panjang dan membuncahnya kerinduan para pecinta balapan, saya yakin ACO dan Éditions Larivière sanggup menyelenggarakan dua balapan skala besar di Le Mans dan Le Castellet dalam waktu yang berdekatan. Perubahan jadwal ini membuat Suzuka 8 Hours tidak lagi menjadi balapan penutup kejuaraan. Mobilityland selaku penyelenggara balapan yang legendaris ini paham dengan situasi dan prioritas kami saat ini, yakni melindungi kepentingan FIM EWC dalam situasi yang luar biasa ini. Dengan demikian, musim berikutnya akan dimulai di Sepang dan diakhiri di Bol d’Or.

– Suzuka 8 Hours tidak akan menjadi balapan penutup FIM EWC. Apa dampaknya terhadap kejuaraan?
Bersama dengan penyelenggara Suzuka 8 Hours, kami sedang mempertimbangkan kemungkinan tim dan pembalap non-Jepang untuk berkompetisi di ajang tersebut dalam terjangan gelombang kedua Covid-19. Suzuka 8 Hours tidak akan menjadi balapan penutup sehingga bonus 150% tidak lagi berlaku.

– Akankan siaran TV balapan FIM EWC terkena dampak Covid-19?
Penundaan acara olahraga hingga akhir musim panas tentunya berimbas pada padatnya acara TV. Eurosport Events sebagai promotor akan menyiarkan balapan tidak hanya melalui jaringan Eurosport. Kami akan berusaha sekuat tenaga untuk menyiarkan balapan lewat saluran lainnya.

– Krisis global ini berimbas pada kerugian material, bagaimana Eurosport Events menyokong para tim?
Saat ini kami bekerja sama dengan ACO dan Éditions Larivière untuk membantu mengurangi pengeluaran para tim. Bantuan finansial akan kami berikan kepada tim independen yang berpartisipasi di Bol d’Or, mengingat tim-tim ini adalah pihak yang sangat membutuhkan bantuan saat ini.

Presiden FIM, Jorge Viegas, mengakhiri dengan pernyataan “Saat ini kita sedang menjalani hidup di masa yang sangat luar biasa dan tidak terbayangkan sebelumnya. Hal yang paling penting bagi kita saat ini adalah mempertahankan hasrat untuk kembali ke ajang balap motor dan memulai FIM Endurance World Championship sesegera mungkin. Kami saat ini bekerja bahu membahu dengan Eurosport Events, dan perubahan ini membuat FIM EWC layak ditunggu dan semoga kami dapat memenuhi ekspektasi para penggemar!”

Sumber [ FIM EWC ]

Related post

Return Top