Preview Event: Hitungan Hari Jelang Laga Pembuka FIM EWC Musim 2022 di Le Mans

  • 12/04/2022
  •  348 views

Preview Le Mans FIM EWC 2022 preview le mans fim ewc 2022 - Preview Event: Hitungan Hari Jelang Laga Pembuka FIM EWC Musim 2022 di Le Mans

Enam bulan berlalu sejak final FIM Endurance World Championship 2021 yang dramatis (juara 1 dan 2 terpaut hanya 0,070 detik), uji ketahanan rider dan motor akan kembali dimulai di Le Mans pada 14-17 April dalam ajang 24 Heures Motos ke-45.

Laga pembuka EWC musim 2022 ialah satu dari tiga balapan siang dan malam di jadwal tahun ini bersama dengan kembalinya 24H SPA EWC Motos di Spa-Francorchamps, Belgia, dan edisi seratus tahun Bol d’Or di sirkuit Paul Ricard, Prancis.

Diadakan di sirkuit Bugatti sepanjang 4.185 km, 24 Heures Motos pastinya akan menghadirkan balapan penuh aksi dengan total 52 motor yang akan berpartisipasi, termasuk 13 rider yang telah menjadi juara FIM Endurance World Championship sebelumnya.

Poin Penting
Apa? 24 Heures Motos ke-45, FIM Endurance World Championship 2022, Ronde 1
Kapan? 14-17 April 2022
Di mana? Sirkuit Bugatti, Le Mans, Prancis
Panjang lintasan: 4.185 km
Mulai balapan: Sabtu, 16 April pukul 15:00 CET (20:00 WIB)
Lap tercepat sesi kualifikasi EWC: Team SRC Kawasaki France (Randy de Puniet) 1 menit 35,730 detik, 2017
Lap tercepat sesi balapan EWC: Team SRC Kawasaki France (Randy de Puniet) 1 menit 36,408 detik, 2017

Kembali dihelat secara terbuka sejak dua tahun pembatasan COVID-19, euforia 24 Heures Motos semakin terasa karena memenangkan babak ini tentunya akan menjadi prestasi tersendiri bagi tim ditambah dengan diraihnya poin kemenangan yang krusial.

Event tahun lalu yang diadakan pertengahan Juni diakhiri dengan kemenangan tim Yoshimura SERT Motul. Mereka akhirnya mengklaim titel juara dunia FIM Endurance World Championship pada akhir musim.

Kembali masuk di jadwal bulan April, laga Le Mans tahun ini akan menambah tantangan bagi rider, tim dan produsen ban, terutama karena ada faktor cuaca yang tidak menentu, siang hari yang lebih pendek dan peluang suhu yang lebih dingin.

Louis Rossi sebagai rider yang sudah sering membalap di Le Mans menjelaskan: “Cuacanya sangatlah tidak menentu. Di Le Mans, bisa saja cuacanya cerah lalu beberapa saat kemudian berubah menjadi buruk. Anda harus beradaptasi di tiap situasi dan malam hari sangatlah sulit karena Anda harus beradaptasi dengan kondisi dingin. Tapi, itulah seninya balapan 24 jam yang menjadikan balapan ini balapan yang spektakuler.

“Jika cuacanya dingin, akan langsung berpengaruh ke fisik Anda karena tubuh Anda menjadi kaku dan Anda merasa lelah. Anda harus mengatur otak dan tubuh Anda agar fit sepanjang malam. Lalu, saat matahari mulai terbit, Anda memperoleh kembali energi untuk menyelesaikan balapan. Namun, memang babak akhir pada malam hari acap kali menjadi momen yang menantang.

“Bisa dibilang ini adalah balapan sakral, terutama bagi saya karena saya lahir dan tinggal di Le Mans, jadi sirkuit ini sangatlah spesial bagi saya. Saya menyukai atmosfernya dan kembalinya penonton akan menjadi hal yang luar biasa bagi semuanya. Kami tidak sabar balapannya dimulai.”

Fakta Singkat 24 Heures Motos
*24 Heures Motos 2022 merupakan edisi ke-45 event ini dan kedua kalinya sebagai pembuka musim FIM EWC.
*Setelah dua tahun balapan diadakan tanpa penonton karena COVID-19, tahun ini para fans dapat kembali hadir secara langsung.
*24 Heures Motos pertama berlangsung pada 22-23 April 1978 yang dimenangkan oleh Jean-Claude Chemarin dan Christian Léon dari Honda.
*Menyusul Bol d’Or (balapan 24 jam lainnya di Prancis), relokasi ke Sirkuit Paul Ricard setelah event 1977.
*Tahun 2020 dan 2021, balapan dimulai pukul 14:00 waktu setempat (19:00 WIB). Tahun ini, balapan akan dimulai pukul 15:00 waktu setempat (20:00 WIB).

Memperkenalkan Dunlop Superstock Trophy
Baru di musim 2022, Dunlop Superstock Trophy ialah agenda gabungan dari promotor EWC Discovery Sports Events, Dunlop dan promotor balapan individu EWC. Trofi ini berbasis pada Dunlop sebagai supplier ban satu-satunya untuk kategori Superstock (SST).

Semua tim dialokasikan jumlah ban yang sama untuk tiap balapan dan ada dua pilihan untuk komponen depan dan dua pilihan untuk komponen belakang. Skema penghargaan berupa ban gratis dipersembahkan ke tim berdasarkan hasil balapan mereka. Contohnya, jika tim dialokasikan 20 ban dan menerima 15 ban karena memenangkan balapan, tim cukup membayar untuk lima ban sisanya.

David Chevallier, salah satu rider dari Falcon Racing yang mengincar Dunlop Superstock Trophy, berkata: “Finish podium sepanjang musim memang hal yang indah dan kami boleh bermimpi. Lagipula, berada di tim ini sudah bagaikan mimpi dan kami bisa melakukan hal-hal indah bersama.”

Para kompetitor Dunlop Superstock Trophy akan bersaing di FIM Endurance World Cup yang akan diselenggarakan di 24 Heures Motos, 24H SPA EWC Motos dan Bol d’Or. Dunlop Independent Trophy, terakhir diberikan tahun 2021, tidak lagi diagendakan walau tim yang berkompetisi tanpa sokongan dari pabrikan motor baik di Formula EWC maupun Superstock masih dapat mengejar Independent Trophy mereka masing-masing.

Tim-tim yang bersaing untuk Dunlop Superstock Trophy (diurutkan berdasarkan nomor):
Team 18 Sapeurs Pompiers CMS Motostore, Team 202, BMRT 3D Maxxess Nevers, TRT27 Bazar 2 La Bécane, Team 33 Louit April Moto, JMA Racing – Action Bike, 3ART Best of Bike, RAC 41 ChromeBurner, No Limits Motor Team, National Motos, Players, OG Motorsport by Sarazin, Pitlane Endurance – JP3, Énergie Endurance 91, Team LH Racing, ADSS97, Aviobike, Falcon Racing, Wójcik Racing Team STK

Tim-tim yang bersaing untuk Independent Trophy (diurutkan berdasarkan nomor):
Tati Team Beringer Racing, Team Bolliger Switzerland, Maco Racing, Team 18 Sapeurs Pompiers CMS Motostore, Team 202, BMRT 3D Maxxess Nevers, TRT27 Bazar 2 La Bécane, Team 33 Louit April Moto, JMA Racing – Action Bike, 3ART Best of Bike, RAC 41 ChromeBurner, No Limits Motor Team, National Motos, Players, Motobox Kremer Racing, OG Motorsport by Sarazin, Wójcik Racing Team, Pitlane Endurance – JP3, Team LRP Poland, Énergie Endurance 91, Team LH Racing, Moto Ain, ADSS97, Aviobike, Falcon Racing, Viltaïs Racing Igol, Wójcik Racing Team STK

Apa yang baru di 2022?
Inilah rangkuman beberapa perubahan FIM Endurance World Championship 2022.

Sirkuit Bugatti: ACO pertama kali mengadakan balap motor pada September 1912, jauh sebelum Sirkuit Bugatti diresmikan bulan September 1966 dengan panjang lintasan 4.422 km. Menggunakan bagian dari Circuit de La Sarthe, termasuk trek lurus start/finish-nya yang terkenal, Dunlop Esses dan Ford Chicane, ditambah dengan bagiannya yang berliku, balapan ketahanan pertama untuk motor di Sirkuit Bugatti pertama kali dihelat pada 1969, sementara layout lintasan sepanjang 4.185 km telah digunakan sejak 2008. Selain sebagai tuan rumah EWC, Sirkuit Bugatti juga menyelenggarakan Grand Prix de France MotoGP.

Tim yang ikut: 33
Total ada 33 tim yang telah mendaftar untuk FIM Endurance World Championship 2022 dengan 14 tim di kategori Formula EWC dan 19 lainnya di Superstock.

Apa kata para rider?

Florian Alt, Jerman (Viltaïs Racing Igol, Yamaha YZF-R1)
“Kami memiliki deretan rider baru untuk 2022, yakni Steven Odendaal, Erwan Nigon dan James Westmoreland. Saya senang sekali bisa bersanding dengan mereka sebagai rekan satu tim. Kami semua dapat bekerja sama dengan baik dan kami memiliki pandangan yang sama untuk tim dan setelan motor. Tim kami bekerja keras selama musim dingin untuk membuat motornya lebih nyaman dan fit untuk dipacu selama 24 jam. Kami sangat tenang, sangat fokus dan hasil tes kami sangatlah baik.”

Gregg Black, Prancis (Yoshimura SERT Motul, Suzuki GSXR-1000)
“Hari pertama (tes pramusim) berjalan lancar di kondisi kering di bawah sinar matahari. Kami dapat mencatatkan waktu yang baik. Kami cukup puas dengan setelan dan perkembangan baru motornya. Rasanya balapan nanti akan berlangsung mulus. Saya memiliki kesempatan untuk mencoba ban baru di lap cepat, namun saya mengalami insiden highside di antara tikungan Dunlop dan Chapelle. Jatuhnya tidak lama lalu hujan mulai turun. Pergelangan kaki saya terasa sedikit sakit sehingga saya tidak mengikuti hari kedua agar dapat pulih dan maksimal saat balapan.”

Niccolò Canepa, Italia (YART Yamaha Official Team EWC, Yamaha YZF-R1)
“Target kami pagi ini (saat tes pramusim) hanyalah ingin terbiasa dengan ban dan motor, namun catatan waktu kami ternyata sangat baik. dan saya sangat senang. Kepercayaan diri kami bertambah dan saya tersenyum di balik helm saya ketika saya melihat waktunya. Kami punya sistem pengereman dan kaliper rem Brembo baru. Kami juga mengubah perangkat kelistrikan sehingga waktu kami dapat semakin meningkat.”

David Checa, Spanyol (ERC Endurance-Ducati, Ducati Panigale V4R)
“Tentunya ini adalah kesempatan baik bagi saya membalap bersama dengan Ducati karena bersama merekalah kakak saya [Carlos] memenangkan gelar juara dunianya di Superbike. Saya ingin meraih hal yang sama dan saya berusaha semaksimal mungkin. Lucunya ialah tahun pertama saya dengan Yamaha, saya bisa juara dunia dan tahun pertama saya dengan Kawasaki, saya juga bisa juara dunia. Jadi, saya ingin tahun pertama saya dengan Ducati juga membuahkan juara dunia. Mungkin saya bermimpi, tapi apa salahnya? Tim ini telah banyak belajar dan saya senang bisa menjadi bagian dari proyek ini. Saya akan mengerahkan seluruh pengalaman saya di tiap kesempatan untuk meraih hasil memuaskan. Ini adalah pengalaman baru dengan pabrikan spesial dan saya sudah tidak sabar.”

Jérémy Guarnoni, Prancis (BMW Motorrad World Endurance Team, BMW M1000RR)
“Tes selama dua hari ini berlangsung baik karena kami berkesempatan untuk mencoba di trek kering dan basah. Jadi, kami dapat mencoba motor di semua kondisi dan itu adalah hal yang penting di balapan 24 jam. Performa motornya bagus di kondisi basah dan kami mencatatkan waktu yang baik juga di kondisi kering. Kami masih ada PR yang harus dikerjakan, terutama dalam persiapan meraih catatan waktu terbaik di kualifikasi di mana kami masih memiliki banyak potensi. Kami hanya tinggal mempersiapkan sedikit lagi selama minggu balapan dan mencoba melakukan yang terbaik.”

Etienne Masson, Prancis (Webike SRC Kawasaki France, Kawasaki ZX10RR)
“Tujuan utama (tes pramusim) ialah selain merasa nyaman di atas motor, kami juga harus memiliki kerja sama yang baik. Saya percaya seratus persen terhadap Gilles Stafler yang sangat berpengalaman di balapan ketahanan dan saya yakin motor kami akan tampil impresif. Jelas masih ada bagian yang perlu ditingkatkan, namun saya yakin bahwa kami akan siap untuk 24 Heures Motos. Motornya sangat prima dan hal ini sangatlah penting bagi kami para rider karena kami perlu keyakinan terhadap motornya dan bahwa kami dapat berkendara secara aman. Saya nyaman dengan motornya dan saya sangat puas. Saya percaya kami akan bertarung untuk raih kemenangan. Semua rider sangatlah berpengalaman, berkendara dengan sangat baik dan kami cukup konsisten yang merupakan nilai plus untuk performa motornya.”

Gino Rea, Inggris (F.C.C. TSR Honda France, Honda CBR1000RR-R)
“Kami meraih hasil yang positif (selama tes pramusim) di perangkat kelistrikan, sasis dan setelan ban dengan komponen berbeda untuk tiap kondisi dan seluruh anggota tim berkontribusi dalam penggarapannya. Kami sedang mencoba untuk menjaga kecepatan balap kami agar terus konsisten. Langkah kami diharapkan mulus dengan motor ini dan kami sudah tidak sabar untuk memulai balapan.”

Para Pemenang
2021: Yoshimura SERT Motul (Gregg Black, Xavier Siméon, Sylvain Guintoli) 855 lap
2020: F.C.C. TSR Honda France (Josh Hook, Freddy Foray, Mike De Meglio) 816 lap
2019: Team SRC Kawasaki France (Jérémy Guarnoni, David Checa, Erwan Nigon) 839 lap
2018: F.C.C. TSR Honda France (Josh Hook, Freddy Foray, Alan Techer) 843 lap
2017: GMT94 Yamaha (Mike Di Meglio, David Checa, Niccolò Canepa) 860 lap

Jadwal Sementara
Berikut adalah jadwal utama FIM EWC:

Kamis 14 April (waktu setempat):
09:45-11:45: Latihan Bebas
16:00-16:20: Kualifikasi Pertama (Rider Blue)
16:30-16:50: Kualifikasi Pertama (Rider Yellow)
17:00-17:20: Kualifikasi Pertama (Rider Red)
17:30-17:50: Kualifikasi Pertama (Rider Green)
20:30-22:00: Latihan Malam

Jumat 15 April (waktu setempat):
10:20-10:40: Kualifikasi Kedua (Rider Blue)
10:50-11:10: Kualifikasi Kedua (Rider Yellow)
11:20-11:40: Kualifikasi Kedua (Rider Red)
11:50-12:10: Kualifikasi Kedua (Rider Green)
12:45: Konferensi pers digital pasca kualifikasi

Sabtu 16 April:
09:00-09:45: Pemanasan
15:00: 24 Heures Motos ke-45 dimulai

Minggu 17 April:
15:00: 24 Heures Motos ke-45 berakhir
15:05: Podium
15:30: Konferensi pers digital pasca balapan

Live Timing
24 Heures Motos (14-17 April): https://www.its-live.net/#/live/ewc/2022
Tes tertutup (12 April): https://www.its-live.net/#/live/its/2022

Daftar Tim Final
Daftar tim final yang merincikan 33 tim permanen FIM EWC 2022 akan diumumkan segera secara online di fimewc.com.

Sumber [ FIM EWC ]

Related post

Return Top