Rayakan 46 Tahun Petronas, Yamaha Luncurkan Replika YZF-R1 Limited Edition

  • 26/08/2020
  •  1,016 views

Replika Yamaha YZF-R1 Petronas yamaha yzf r1 petronas edition replika 2020 - Rayakan 46 Tahun Petronas, Yamaha Luncurkan Replika YZF-R1 Limited Edition

Tim satelit Yamaha, Petronas SRT Yamaha, memang baru bergabung di MotoGP pada 2019, tetapi sudah mampu menorehkan prestasi 6 pole position, 7 podium, serta gelar Independent Team Championship dan Independent Team Rider. Usai penundaan MotoGP 2020 hingga pertengahan musim, rider jagoan mereka Fabio Quartararo langsung menyabet dua kemenangan pertama di Jerez dan rekan setimnya Franco Morbidelli berdiri di atas podium untuk pertama kalinya di MotoGP Republik Ceko.

Masuknya Petronas ke dalam peta perebutan gelar hanya ditunjang oleh ikatan mereka dengan tim pabrikan Yamaha. Tidak seperti tim satelit lainnya, Petronas tidak membalap menggunakan perlengkapan lama milik bLU cRU. Kedua rider bernomor punggung 20 dan 21 mendapat akses penuh ke data dan teknologi pengembangan terbaru Yamaha. Sekarang, kedua sponsor berkolaborasi dalam perayaan hari jadi Petronas yang ke-46. Yamaha pun menghadirkan YZF-R1 special edition yang berbalut livery khas sang pabrikan Malaysia dengan fitur spek racing.

Body Replika Yamaha YZF-R1 Petronas replika yamaha yzf r1 petronas1 - Rayakan 46 Tahun Petronas, Yamaha Luncurkan Replika YZF-R1 Limited Edition

[Baca Juga]
Intip Spek Yamaha YZF-R1 dan YZF-R1M Terbaru, Powernya Sampai 200 hp!

Biasanya ketika perangkat canggih MotoGP dengan teknologi khusus diturunkan ke prototipe model komersil, pada saat dilepas ke pasaran, teknologi tersebut sudah dianggap usang di arena balap. Tetapi, Petronas R1 tidak seperti itu. Dimulai dari bodywork, Yamaha memberikan winglet khas motor racing yang menghiasi slot di bagian lampu depan yang diberi warna signature black dan teal. Selain itu, cover tangki khas MotoGP dan bagian tail yang super pendek hasil karya para perancang semakin membuat prototipe ini mirip dengan si M1.

Namun, replika R1 yang satu ini tidak hanya sekedar luarnya saja. Tim yang identik dengan warna biru ini juga berkolaborasi dengan jagoan mereka di Eropa, yakni Yamaha Austria Racing Team (YART) yang turut menyumbangkan fairing kit carbon fiber, rearset, quick-action throttle, dan ECU terbaru. Tak ketinggalan Ohlins menyumbangkan shock depan FGRT dan monoshock belakang TTX yang dipasangkan dengan kaliper GP4-RX Brembo dan piringan rem T-Drive. Michelin, selaku supplier ban tunggal di kasta tertinggi MotoGP, juga berkontribusi lewat velg aluminium Marchesini.

Windshield Replika Yamaha YZF-R1 Petronas windshield replika yamaha yzf r1 petronas1 - Rayakan 46 Tahun Petronas, Yamaha Luncurkan Replika YZF-R1 Limited Edition

[Baca Juga]
7 Ide Modifikasi Yamaha YZF-R1: Harga, Spesifikasi, Review, Sparepart, Rekomendasi

“Kami sangat amat senang akan proyek yang dimaksudkan untuk memperingati kesuksesan kami sebagai tim satelit Yamaha pertama yang menorehkan kemenangan dalam kurun waktu 20 tahun terakhir,” kata Razlan Razali, owner Petronas SRT Yamaha. “Saya yakin pemilik yang beruntung akan sangat puas dengan motor yang tidak hanya sangat powerful, tetapi juga merupakan bagian dari kisah sukses kami di MotoGP.”

Sebagai bentuk penghormatan terhadap perayaan 46 tahun berdirinya Petronas, Yamaha akan memproduksi 46 unit replica R1 yang akan dibanderol sebesar €46,000 (Rp795 jutaan). Well, harganya mungkin memang overpriced, tetapi benefit lainnya adalah hadiah helm KYT, apparel dari brand ternama, dan VIP guest pass ke salah satu balapan MotoGP yang Anda inginkan.

Fairing Depan Replika Yamaha YZF-R1 Petronas fairing depan replika yamaha yzf r1 petronas1 - Rayakan 46 Tahun Petronas, Yamaha Luncurkan Replika YZF-R1 Limited Edition

Akankah YZF-R1 Petronas edition membuat Anda membalap layaknya “El Diablo” atau “Franky”? Akankan motor ini membuat Anda memandang tim satelit setara dengan tim pabrikan? Kemungkinan besar, ya. Petronas berpotensi kedatangan Valentino Rossi pada 2021, bakalan sesukses apa ya nantinya?

[Webike Shopping]
Cek sparepart YZF-R1 lainnya di sini
[Baca Juga]
Test Ride Ninja ZX-25R oleh Ryuji Tsuruta dari Trick Star

Sumber [ RideApart ]

Related post

Return Top