Reka Digital Honda 650 ADV, Africa Twin Versi Sedang

  • 28/04/2020
  •  468 views

Render Digital Honda Transalp 650 render digital honda transalp 650 - Reka Digital Honda 650 ADV, Africa Twin Versi Sedang

Rumor yang beredar seputar Honda Africa Twin bukanlah barang baru lagi, salah satunya adalah rumor yang menyebutkan mengenai produksi Africa Twin kapasitas sedang. Banyak media kawakan yang mengabarkan kehadiran model motor tersebut, namun pihak Honda sendiri hingga saat ini masih bungkam seribu bahasa soal proyek ini (jika memang ada).

Namun, itu bukan berarti kita tidak dapat membayangkan berbagai kemungkinan seperti apa sosok Africa Twin versi sedang yang diidam-idamkan ini. Desainer bernama Oberdan Bezzi membuat reka digital Honda ADV berkapasitas 650 cc dan ini membuat kita semua berharap bakalan muncul “baby Africa Twin”.

[Baca Juga]
Pilihan Sparepart Custom ADV 150 Bagi Anda yang Berjiwa Petualang

Satu hal yang semakin jelas seiring beredarnya rumor-rumor ini adalah walaupun model ini dijuluki sebagai “baby Africa Twin”, desain motornya tidaklah persis seperti CRF versi kecil. Kemungkinan, jika memang ada model seperti ini pada motor yang akan diluncurkan Honda selanjutnya, motor ini akan lebih terlihat seperti model perubahan dari NC750X atau kemunculan kembali dari XL series. Beberapa sumber bahkan menyebutkan bahwa “baby Africa Twin” akan menyandang nama Transalp. Nama ini digunakan di Eropa untuk XL400 dan XL700 yang merupakan motor dual sport yang diproduksi dari tahun 1987 hingga 2012.

Bezzi nampaknya setuju dengan teori ini karena walaupun desainnya mengadopsi bentuk body yang jelas-jelas terinspirasi dari CRF, mesinnya sangatlah berbeda. Menariknya, ia membuat rancangan mesin v-twin 650 cc Transalp versinya sendiri ketimbang parallel-twin. Transalp asli menggunakan mesin v-twin 52 derajat 583 cc, jadi tahulah kita ia mendapatkan idenya dari mana.

Fairing yang minimalis, moncong yang datar, windshield yang tinggi, skid plate, dan tail yang lancip ke atas adalah desain yang mengingatkan kita ke Africa Twin, namun desain ini juga nampak berbeda. Dengan reka digital ini, Bezzi ingin menunjukkan bahwa pandangannya mengenai Honda ADV kapasitas sedang memang mewarisi DNA versi flagship-nya, namun dibuat lebih kecil dengan tambahan-tambahan lainnya. “Baby Africa Twin” pastinya menjadi model tersendiri.

Dengan tampilan yang seperti itu, Honda dipastikan akan melenggang mulus ke segmen pasar motor kapasitas sedang yang sangat kompetitif ini. Yah, semoga rumornya benar. Kita tunggu saja!

Sumber [ RideApart ]

[Baca Juga]
Cub House by Honda: Spesialis Modifikasi Monkey125 dan Super Cub C125

Related post

Return Top