Sejarah Lahirnya Honda Monkey 125 Plus Garis Keturunan Monkey dari 50 cc Hingga 125 cc

  • 25/11/2020
  •  1,008 views

Sejarah Honda Monkey sejarah monkey - Sejarah Lahirnya Honda Monkey 125 Plus Garis Keturunan Monkey dari 50 cc Hingga 125 cc

Monkey 125 adalah motor yang sangat populer sejak awal kemunculannya pada 2018. Monkey 125 berevolusi dari 50 cc sama seperti model kenamaan Honda lainnya, Super Cub. Banyak orang yang menggemari Monkey karena motor ini asyik buat dimodifikasi, bentuknya yang unik dan sensasi berkendaranya yang lain daripada yang lain. Bahkan ketika Monkey tumbuh besar ke 125 cc, pesonanya tetaplah sama.

[Baca Juga]
Best Seller! Rekomendasi 7 Sparepart Modifikasi Monkey 125

Sejarah lahirnya Honda Monkey 125

Honda Monkey 125 honda monkey 125 - Sejarah Lahirnya Honda Monkey 125 Plus Garis Keturunan Monkey dari 50 cc Hingga 125 cc

Mesin: Satu silinder dua katup OHC 4-tak berpendingin udara
Kapasitas mesin: 124 cc
Output maksimum: 9,4 ps/7.000 rpm
Torsi maksimum: 1,1 kg-m/5.250 rpm
Tinggi jok: 775 mm
Berat: 105 kg / 107 kg (ABS)
Kapasitas tangki: 5,6 L
Ukuran ban depan & belakang: 120/80-12 & 130/80-12
Harga: Sekitar Rp77 juta

Pesona Honda Monkey yang tak lekang oleh waktu

Dengan body bergaya playful dan perfoma yang tidak main-main, Monkey hadir sebagai motor mungil yang memiliki tempat khusus di hati fansnya di seluruh dunia. Monkey yang pertama kali diluncurkan ialah model Z50M tahun 1967 lalu akhirnya Monkey mampu berevolusi sebagai motor kecil serbaguna yang dilengkapi dengan mesin Super Cub 50 cc.

Lalu, pada 2018 datanglah Monkey 125 yang membawa banyak perubahan pada seri Monkey sejak debutnya. Walau gayanya masih setia dengan model sebelumnya, mesinnya sudah diupgrade ke 125 cc. Selain itu, bodynya juga lebih besar dan diameter velgnya diperbesar hingga 12 inci. Monkey 125 menggunakan rem cakram dan tersedia dalam versi ABS. Motor ini menjadi pilihan rider yang ingin berkendara dengan santai di tengah lalu lintas yang padat. Motornya ringan, kuat dan stabil dengan handling yang ramah, tentunya ini menambah daya tarik Monkey.

Honda Monkey 125 Test Ride honda monkey 125 test ride - Sejarah Lahirnya Honda Monkey 125 Plus Garis Keturunan Monkey dari 50 cc Hingga 125 cc

Handling ringan dan gayanya yang khas tidak berubah sejak generasi pertama Monkey

Sejarah Monkey tergolong cukup panjang. Z50M sebagai Monkey generasi pertama, dirilis 50 tahun silam tepatnya pada tahun 1967. Awal kemunculannya, motor ini sudah mengusung mesin berbasis Super Cub di bodynya yang ramping sekaligus dilengkapi dengan velg berdiameter kecil.

Namun, Z50M yang ditopang oleh velg diameter kecil 5 inci dengan suspensi depan-belakang tipe rigid ini dinilai kurang praktis. Maka dari itu, pada 1969 Z50M berubah menjadi Z50A yang velgnya diperbesar menjadi 8 inci. Kemudian, pada 1974 Z50A berevolusi ke tipe Z50J dengan suspensi depan dan belakang serta sisi berkendaranya dibuat lebih nyaman. Kesempurnaan Z50J menjadikannya sebagai Monkey yang paling lama bertahan sekitar 40 tahun hingga 2017.

Terakhir, Monkey dirancang ulang menjadi Monkey 125 yang lahir pada 2018. Dengan tetap mempertahankan pesona khas Monkey, Monkey 125 terus membawa sejarah Monkey hingga tahun-tahun berikutnya.

Detail Monkey 125 detail monkey 125 - Sejarah Lahirnya Honda Monkey 125 Plus Garis Keturunan Monkey dari 50 cc Hingga 125 cc

Monkey 125 ini bisa dibilang versi dewasanya Monkey 50 karena tiap bagiannya diproduksi ulang lebih besar berdasarkan skala body Monkey 50.

Mesin Monkey 125 mesin monkey 125 - Sejarah Lahirnya Honda Monkey 125 Plus Garis Keturunan Monkey dari 50 cc Hingga 125 cc

Mesin satu silinder 2 katup SOHC berpendingin udara. Pelindung ring platingnya dipasang di bagian crankcase untuk mencegah mesin menyentuh footstep.

Lampu Depan Monkey 125 lampu depan monkey 125 - Sejarah Lahirnya Honda Monkey 125 Plus Garis Keturunan Monkey dari 50 cc Hingga 125 cc

Semua lampunya sudah LED. Lampu depan dan spakbornya dilapisi chrome yang serupa dengan Monkey edisi terbatas.

Speedometer Monkey 125 speedometer monkey 125 - Sejarah Lahirnya Honda Monkey 125 Plus Garis Keturunan Monkey dari 50 cc Hingga 125 cc

Desain panel meternya juga unik. Speedometer digitalnya didisplay di layar LCD dengan grafik informasi bahan bakar di bagian atasnya.

Test ride Monkey 125

Test Ride Honda Monkey 125 test ride honda monkey 125 - Sejarah Lahirnya Honda Monkey 125 Plus Garis Keturunan Monkey dari 50 cc Hingga 125 cc

Mesin Monkey 125 memiliki karakteristik yang sama seperti mesin basis Grom yang meningkatkan putaran dari rpm rendah ke tinggi. Namun, dibandingkan dengan Grom, sepertinya power di rpm tinggi sedikit kurang berasa dan alih-alih power itu didistribusikan ke rentang rpm menengah. Jarak sumbu rodanya lebih pendek 45 mm dari Grom karena rancangan rangka belakang khususnya, namun panjang stroke shock depan dan belakangnya cukup afdol sehingga motor bisa stabil ketika berjalan di atas permukaan yang tidak rata. Selain itu, body Monkey 125 terasa cukup kokoh.

Anda bisa menikmati berkendara bergaya sport dengan memanfaatkan transmisi 4 percepatan dari kopling manualnya. Jarak terendah ke tanah yang tinggi dan ban Monkey 125 yang bertapak block bisa dibuat untuk melibas jalanan off-road. Banyak kegunaan yang bisa Anda dapatkan dari Monkey 125, benar-benar motor impian.

Posisi berkendara Monkey 125

Tinggi jok: 775 mm
Tinggi rider: 163 cm

Posisi Berkendara Monkey 125 posisi berkendara monkey 125 - Sejarah Lahirnya Honda Monkey 125 Plus Garis Keturunan Monkey dari 50 cc Hingga 125 cc

Inilah posisi berkendara Monkey 125. Motornya ternyata tidak terlalu kecil dan masih ada ruang gerak yang luas di lengan dan kaki rider. Bantalan joknya tebal sehingga memberi kesan motor yang tinggi, tapi kaki masih nyaman dipijak.

Posisi Berkendara Monkey 125 Tampak Belakang posisi berkendara monkey 125 tampak belakang - Sejarah Lahirnya Honda Monkey 125 Plus Garis Keturunan Monkey dari 50 cc Hingga 125 cc

[Baca Juga]
Yoshimura Asia Rilis Knalpot Full System Straight Cyclone untuk Honda Monkey 125

Sejarah Honda Monkey

Asal muasal Monkey disebut-sebut adalah sebagai perwujudan para insinyur muda yang ingin membuat motor semungil mungkin di kontes internal yang diadakan Honda pada awal 1960-an. Idenya akhirnya menciptakan model pertama Z100 pada 1961.

Walau Z100 dan CZ100 (versi upgrade Z100) tidak dijual di Jepang, motor ini berhasil menarik perhatian melalui kemunculannya di taman bermain Tama Tech yang kemudian mengarahkan pada dirilisnya generasi pertama Monkey Z50M pada 1967. Velgnya dibuat menjadi ukuran 8 inci, suspensi ditempatkan di bagian depan dan belakang, mesinnya ditingkatkan, gayanya diubah dan model edisi terbatas pun dikembangkan, namun konsep dasarnya masih terus dipertahankan bahkan hingga ke Monkey 125 yang menjadi motor seri Monkey paling anyar.

Z100 1961

Honda Z100 1961 honda z100 1961 - Sejarah Lahirnya Honda Monkey 125 Plus Garis Keturunan Monkey dari 50 cc Hingga 125 cc

Nenek moyang motor Monkey berasal dari Z100. Mesinnya berbasis Cub C100 generasi pertama. Menariknya, motor ini dijadikan sebagai wahana di taman bermain Tama Tech, Jepang.

CZ100 1963

Honda CZ100 1963 honda cz100 1963 - Sejarah Lahirnya Honda Monkey 125 Plus Garis Keturunan Monkey dari 50 cc Hingga 125 cc

Berbasis Z100, CZ100 bertransformasi ke bentuk yang lebih jenaka dengan memasangkan tangki besar dan jok bergaya sport.

Z50M 1967

Honda Z50M 1967 honda z50m 1967 - Sejarah Lahirnya Honda Monkey 125 Plus Garis Keturunan Monkey dari 50 cc Hingga 125 cc

Inilah motor yang secara resmi bernama “Monkey”. Tangki dan joknya dirancang secara khusus.

Z50Z 1970

Honda Z50Z 1970 honda z50z 1970 - Sejarah Lahirnya Honda Monkey 125 Plus Garis Keturunan Monkey dari 50 cc Hingga 125 cc

Z50Z adalah versi Z50A yang dirilis tahun 1969 dan telah mengalami peningkatan serta memakai velg 8 inci.

Z50J 1974

Honda Z50J 1974 honda z50j 1974 - Sejarah Lahirnya Honda Monkey 125 Plus Garis Keturunan Monkey dari 50 cc Hingga 125 cc

Untuk pertama kalinya, Monkey memakai shock depan dan belakang untuk lebih menjaga kestabilannya. Tangki bahan bakar model barunya diperbesar hingga kapasitas 4 L yang menambah kepraktisannya.

Z50J-I 1978

Honda Z50J-I 1978 honda z50j i 1978 - Sejarah Lahirnya Honda Monkey 125 Plus Garis Keturunan Monkey dari 50 cc Hingga 125 cc

Tangki diubah ke model teardrop dengan kapasitas 5 L. Joknya juga diganti ke tipe sadel. Gaya seperti ini berlanjut hingga tahun 2007.

Monkey 2009

Honda Monkey 2009 honda monkey 2009 - Sejarah Lahirnya Honda Monkey 125 Plus Garis Keturunan Monkey dari 50 cc Hingga 125 cc

Mesinnya beralih ke spek PGM-FI untuk memenuhi regulasi emisi knalpot. Pada saat yang sama, tangkinya juga diperbarui. Tampilannya seperti Monkey Z50J yang seolah dilahirkan kembali.

Monkey 2017

Honda Monkey 2017 honda monkey 2017 - Sejarah Lahirnya Honda Monkey 125 Plus Garis Keturunan Monkey dari 50 cc Hingga 125 cc

Inilah model terakhir Monkey 50 dengan spesifikasi spesial body berlapis chrome. Dijual terbatas, hanya tersedia 500 unit. Tercatat ada 45.000 order yang membanjiri unit limited edition ini.

[Webike Indonesia]
Cek Sparepart Honda Monkey 50 di sini
[Webike Indonesia]
Cek Sparepart Honda Monkey 125 di sini

Sumber [ Autoby Japan ]

Related post

Return Top