Suzuki Endurance Racing Team Berjaya di Bol d’Or

  • 23/09/2019
  •  119 views

SERT Juara Bol d'Or 2019 sert berjaya di bol dor1 - Suzuki Endurance Racing Team Berjaya di Bol d’Or

Suzuki Endurance Racing Team sekali lagi merasakan manisnya kemenangan setelah berhasil menyelesaikan balapan di posisi terdepan yang disusul oleh squad Polandia Wójcik Racing Team dan Team ERC Endurance dengan motor BMW. Moto Ain meraih kemenangan di kelas Superstock di akhir balapan yang penuh aksi.

Suzuki Endurance Racing Team memenangkan Bol d’Or untuk ke-17 kalinya dengan pembalap Vincent Philippe (yang merupakan kemenangan Bol d’Or ke-9 dan terakhir baginya), Etienne Masson dan Gregg Black. Kemenangan ini terasa lebih spesial bagi Suzuki yang terakhir menduduki posisi teratas podium di Bol d’Or 2016 bersama Vincent Philippe, Anthony Delhalle dan Etienne Masson. Suzuki Endurance Racing Team sukses mengawali musim 2019-2020 dengan mantap dan mampu menduduki peringkat teratas di klasemen dengan 59 poin.

Damiel Saulnier, manager baru SERT, dihadiahi penghargaan Anthony Delhalle EWC Spirit Trophy sebagai bentuk apresiasi terhadap gaya juangnya di balapan ini dan sejak kedatangannya di Suzuki Endurance Racing Team pada musim panas lalu.

Suzuki Endurance Racing Team berhasil finish di depan penantang yang tak terduga – Wójcik Racing Team. Tim Polandia yang disokong Yamaha ini sempat memimpin di awal balapan saat hujan turun dengan pembalap Gino Rea, Christoffer Bergman dan Axel Maurin.

Perang saudara antar dua BMW pecah di tahapan akhir balapan, dengan Team ERC Endurance (Mathieu Gines, Julien da Costa dan Louis Rossi) berusaha keras menghalau gempuran BMW Motorrad World Endurance Team (Ilya Mikhalchik, Julian Puffe and Kenny Foray). Pada akhirnya, Team ERC Endurance berhasil mempertahankan kedudukan dan melintasi garis finish dengan selisih 4 detik dari squad BMW debutan di belakangnya.

Dua tim dukungan Yamaha tampil dengan apik di beberapa putaran terakhir. Memulai lomba dari posisi ke-23, Omega Maco Racing Team (Pawel Szkopek, Bjorn Estment dan Karel Hanika) berhasil menyelesaikan balapan di posisi ke-5, di depan VRD Igol Pierret Experiences (Florian Alt, Florian Marino dan Ricardo Brink).

Moto Ain tak tertandingi di Superstock
Moto Ain menjuarai balapan dengan hampir sempurna. Tim Yamaha ini berhasil finish ke-7 dan sukses menjadi juara di kelas Superstock, mengantongi 40 poin dengan ekstra 20 poin pertengahan balapan dan bonus 4 poin karena berhasil melakukan start dari posisi ke-2. Rival terdekat mereka hanya Team 33 Coyote Louit Moto, yang memulai balapan dari posisi terdepan tetapi harus mengakhirinya di posisi buncit karena sebuah insiden.

BMRT 3D Maxxess Nevers (Kawasaki) finish diurutan 10 dan 2 di kelas Superstock dengan rider Anthony Loiseau, Jonathan Hardt dan Julien Pilot. Motors Events dengan mesin Suzuki (James Westmoreland, Johan Nigon dan Florent Tourné) berhasil mengamankan posisi ke-3 di kelas Superstock dari Wójcik Racing Team 2.

Balapan yang akan selalu dikenang
Edisi ke-83 Bol d’Or akan tercatat sebagai salah satu balapan yang sangat tidak biasa. Sama seperti pada tahun 1988 dan 1996, balapan di sirkuit Paul Ricard harus dihentikan pada Sabtu pukul 6 sore dan dilanjutkan pada Minggu pukul 6 pagi karena hujan lebat.

Tiga jam setelah balapan dilanjutkan di trek yang sudah cukup kering, F.C.C. TSR Honda France yang saat itu memimpin lomba harus menyerahkan posisinya karena kerusakan mesin. Loris Baz (YART Yamaha) dan Erwan Nigon (Webike SRC Kawasaki France) tidak sadar bahwa motor Honda di depan mereka mengalami kebocoran oli dan mereka pun harus mengakhiri balapan karena insiden tersebut membuat motor mereka dilalap api.

Kegagalan tim-tim pabrikan ini membuka peluang bagi Suzuki Endurance Racing Team yang mengambil alih pimpinan lomba dan berhasil menciptakan dan menjaga jarak yang cukup jauh dari para pesaingnya. Mereka mendapatkan perlawanan yang cukup kuat dari Wójcik Racing Team asal Polandia.

Fans tidak peduli cuaca buruk
62.000 penggemar tetap setia menonton Bol d’Or 2019 secara langsung walaupun cuacanya kurang bersahabat.

Balapan FIM Endurance World Championship 2019-2020 selanjutnya adalah 8 Hours of Sepang, yang merupakan edisi terbaru, dan akan diselenggarakan di Malaysia pada Sabtu 14 Desember sebagai bagian dari acara motorsport besar yang melibatkan FIM EWC dan FIA WTCR/Oscaro.

Hasil Bol d’Or 2019

Sumber [ FIM EWC ]

Related post

Return Top